Dukung Kebijakan ST Wajib Pakaian Jadi, APSyFI Minta Bea Cukai Berbenah

Oleh : Ridwan | Jumat, 27 Oktober 2023 - 18:05 WIB

Impor pakaian ilegal
Impor pakaian ilegal

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Asoasiasi Produsen Serat dan Benang Filament Indonesia (APSyFI) mengapresiasi langkah pemerintah terhadap permasalahan banjirnya barang impor di sektor Tekstil dan Produk Tekstil (TPT). 

Ketua Umum APSyFI, Rredma Gita Wirawasta menyatakan bahwa perintah Presiden Joko Widodo sudah ditindaklanjuti oleh Kemenko Perekonomian khususnya Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perdagangan. 

Namun Redma belum melihat ada upaya pebaikan yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan dalam hal ini Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dalam menertibkan praktik impor Borongan dan underinvoicing.

APSyFI sangat mendukung upaya yang tengah dilakukan Kementerian Perindustrian yang sedang menggodok kebijakan Standar Teknis (ST) Wajib untuk Pakaian Jadi. 

“Dalam 1 tahun terakhir beberapa negara seperti India, Turkiy dan negara berpenduduk besar lainnya menerapkan banyak hambatan baik hambatan tarif maupun non tarif untuk melindungi pasar dalam negerinya, jadi yang dilakukan Kemenperin dalam rangka substitusi impor sudah sangat tepat," jelas Redma melalui keterangan tertulisnya (27/10).

APSyFI juga mendukung rencana pemerintah untuk memindahkan pengawasan post border menjadi border yang memang sudah diperjuangkan asosasi lebih dari 5 tahun, karena menjadi salah satu sumber masuknya barang impor ilegal.

“Pada prinsipnya, pemeriksaan barang setelah keluar pelabuhan itu lebih sulit, tapi pengawasan di border juga tidak kalah sulit karena memerlukan integritas personel Bea Cukai serta sistim dan alat-alat yang memadai” katanya.

Catatan khusus diberi APSyFI pada penegakan hukum terhadap para pemain importir illegal baik pengusaha, pedagang, logistik termasuk oknum petugas bea cukainya. Karena aturan yang ketat termasuk ST Wajib pakaian jadi yang akan dikeluarkan Kemenperin akan selalu dapat diakali jika para pemainnya masih bercokol disana.

Redma pun menyarankan agar Direktur Janderal Bea Cukai segara bersih-bersih, membuang yang kotor dan membina yang masih bisa dibina.

“Ini sudah jadi rahasia umum, praktik impor illegal bukan hanya di sektor tekstil saja, hampir disemua sektor ini terjadi," ungkap Redma. 

“Jadi lebih baik berbenah, bukan menyangkal data yang sudah jelas,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Danamon Sasar Peningkatan Bisnis Konsumer Melalui Partisipasi di IIMS 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 14:36 WIB

Danamon Sasar Peningkatan Bisnis Konsumer Melalui Partisipasi di IIMS 2024

Tahun ini merupakan tahun ketiga PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) dan MUFG Bank Ltd. (MUFG) kembali menjadi official bank partner, dan PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (“Adira…

ALFI Siap laksanakan Amanah Wapres RI Kaji Skema Integrasi Logistik Nasional

Rabu, 21 Februari 2024 - 14:29 WIB

ALFI Siap laksanakan Amanah Wapres RI Kaji Skema Integrasi Logistik Nasional

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin meminta Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) periode 2023-2028 untuk mengkaji skema logistik nasional demi memastikan terwujudnya sistem yang terintegrasi…

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO)

Rabu, 21 Februari 2024 - 14:22 WIB

Ekspansi Digital SILO untuk Layani Pasien

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) di sektor layanan kesehatan, berkomitmen melanjutkan investasi pada saluran digital yang mumpuni untuk…

Presiden Jokowi hadiri Pertemuan Industri Jasa Keuangan 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:32 WIB

Hadiri Pertemuan IJK 2024, Presiden Jokowi Sampaikan Optimistisme Ekonomi Indonesia di Tahun 2024

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menghadiri Pertemuan Industri Jasa Keuangan 2024 di Ballroom The St. Regis, Jakarta, Selasa (20/2/2024). Pada…

Peluncuran Satelit Merah Putih 2 dari Cape Canaveral, Florida

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:04 WIB

Satelit Merah Putih 2 Sukses Diluncurkan dari Cape Canaveral Florida

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama anak usahanya, Telkomsat sukses meluncurkan Satelit Merah Putih 2 langsung dari Cape Canaveral, Florida pada Selasa (20/2) pukul 15.11 waktu…