MIND ID Makin Terdepan dalam Implementasi Transformasi Teknologi Sektor Pertambangan

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 07 Oktober 2023 - 13:49 WIB

BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mining Industry Indonesia
BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mining Industry Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta – BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mining Industry Indonesia terus bertransformasi dalam mengimplementasikan kemajuan teknologi di sektor pertambangan. MIND ID sebagai BUMN Holding industri pertambangan terus melakukan inovasi teknologi guna menghadapi persaingan global di berbagai sektor khususnya di lini industri pertambangan.

Transformasi implementasi teknologi itu seiring kepemimpinan Erick Thohir yang dinilai telah membawa BUMN (Badan Usaha Milik Negara) selama empat tahun terakhir semakin memiliki taji di kancah internasional. Salah satunya, membawa BUMN berani meluaskan layanan ke kawasan ASEAN dan Indo-Pasifik.

Langkah konkret Erick Thohir membawa sejumlah perusahaan BUMN termasuk MIND ID dari berbagai sektor untuk diperkenalkan melalui ASEAN dan Indo-Pacific Forum (AIPF) 2023. “Tercatat sudah empat tahun BUMN di bawah kepeminpinan Pak Erick Thohir terus menunjukkan perbaikan dan kemajuan,” kata Sekretaris Perusahaan BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, Heri Yusuf.

Adapun di antara upaya mengimplementasikan transformasi teknologi di sektor pertambangan, MIND ID melalui anak perusahaannya, PT Timah Tbk., tengah membangun smelter Top Sumberge Lance (TSL) Ausmelt Furnace di Kawasan Unit Metalurgi Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

Pembangunan smelter TSL Ausmelt Furnace tersebut merupakan wujud keseriusan BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID dalam memaksimalkan hilirisasi industri tambang timah. Beroperasinya smelter TSL Ausmelt Furnace dapat mendorong percepatan hilirisasi dalam negeri untuk konteks ketersediaan mineral timah sebagai komoditas pertambangan.

TSL Ausmelt Furnace milik anggota Grup MIND ID, PT Timah Tbk., merupakan salah satu bentuk transformasi dan inovasi teknologi pengolahan timah kladar rendah. Sebelumnya, PT Timah Tbk., tidak menggunakan Reverberatory Furnace sebagai teknologi pengolahan.

Investasi yang digelontorkan PT Timah Tbk., untuk proyek TSL Ausmelt Furnace ini mencapai Rp1,2 triliun yang berasal dari dana anggaran capital expenditure (capex) perusahaan. Kehadiran TSL Ausmelt Furnace menjawab tantangan yang dihadapi industri pertambangan timah kini, di mana ketersediaan bijih timah dengan kadar tinggi atau di atas 70 persen Sn sudah sangat terbatas.

Sementara teknologi dalam TSL Ausmelt Furnace sendiri mampu mengolah konsentrat bijih timah dengan kadar mulai dari 40 Sn, dengan kapasitas produksi 40.000 ton crude tin per tahun ata 35.000 metrik ton ingot per tahun. Sistem kerja TSL Ausmelt Furnace sendiri mengandalkan proses otomasi dengan sistme kontrol sehingga mampu mengurangi dampak risiko kecelakaan kerja dan juga efektifitas kerja dengan teknologi pengolahan timah lebih modern.

 

“Penggunaan teknologi TSL Ausmelt Furnace di smelter milik PT Timah Tbk., merupakan yang pertama di Asia dan menjadi yang terbesar ke-5 di dunia. Ini merupakan keseriusan MIND ID untuk terus memaksimalkan eksplorasi sumber daya tambang di Tanah Air khususnya mineral timah,” ujar Heri Yusuf.

Selain pembangunan smelter TSL Ausmelt Furnace PT Timah, MIND ID melalui anak perusahaannya PT Freeport Indonesia (PTFI) sukses menerapkan teknologi 5G Smart Mining berkat kerja sama dengan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel).

Peluncuran teknologi tersebut diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) di Tembagapura, Papua, pada 1 September 2022 lalu. Presiden Jokowi menekankan pentingnya peran inovasi teknologi dalam menghadapi persaingan global di berbagai sektor yang sudah semakin terdigitalisasi.

Penggunaan teknologi 5G Smart Mining tersebut menjadi yang pertama di kawasan Asia Tenggara. Adanya upaya intervensi teknologi seperti melalui penerapan kecerdasan buatan (artificial intelligence), internet of things (IoT), hingga big data diharapkan bisa mendukung kegiatan operasional tambang lebih efisien, modern, sekaligus aman dan berkelanjutan.

Heri Yusuf mengatakan melalui penerapan teknologi 5G smart mining, aktivitas tambang bawah tanah dapat dapat dimonitor dengan kamera yang terhubung lewat kecerdasan buatan. Hal ini, kata dia, bisa meminimalisir risiko kecelakaan kerja.

“Kehadiran inovasi teknologi 5G di area penambangan PTFI bisa menguatkan posisi strategis MIND ID sebagai pemimpin dalam industri tambang Indonesia. MIND ID terus memberikan nilai lebih untuk Indonesia,” ujar Heri.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CEO Dubai Chambers, Yang Mulia Mohammad Ali Rashed Lootah (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 17:02 WIB

Datangkan 17 Investor, Dubai International Chambers Targetkan Nilai Dagang Capai USD 10 Miliar

Dubai International Chambers, salah satu dari tiga kamar dagang yang beroperasi di bawah payung Dubai Chambers kembali menggelar pertemuan bisnis bilateral antara perusahaan-perusahaan dari…

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:52 WIB

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Gunnebo, sebagai penyedia produk, layanan, dan perangkat lunak keamanan global terkemuka dengan sejarah yang kaya selama lebih dari 260 tahun, memiliki salah satu pabrik brankas di Indonesia.…

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:43 WIB

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Prestige Motorcars menghadirkan New Tesla Model 3 Highland di Showroom barunya yang kini terletak di Distrik Otomotif – PIK 2, Blok DH-11 A5. Kehadiran mobil ini menandai sebuah tonggak penting…

Brand skincare Kharities Beauty milik Rey Utami berhasil masuk dalam skincare kualitas terbaik versi Indonesia Quality Observer.

Senin, 06 Mei 2024 - 15:48 WIB

Ini 5 Skincare Kualitas Terbaik Berdasarkan Hasil Riset Indonesia Quality Observer

Berdasarkan hasil penelitian dan riset Indonesia Quality Observer terhadap produk-produk skincare yang beredar di Indonesia dengan mengacu pada kualitas produk, didapat 5 brand skincare terbaik.

Juru Bicara Kemenperin, Febri Hendri Antoni Arif (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 15:39 WIB

Kemenperin Bongkar Kasus SPK 'Bodong' Senilai Rp80 Miliar di Direktorat IKFH

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berhasil membongkar kasus Surat Perintah Kerja (SPK) fiktif di Direktorat Industri Kimia Hilir dan Farmasi (Direktorat IKFH) Tahun Anggaran 2023.