Kideco Jaya Agung Raih Sejumlah Penghargaan di Ajang Good Mining Practice Award 2023

Oleh : Ridwan | Senin, 02 Oktober 2023 - 20:07 WIB

Direktur Legal and Corporate Affairs Kideco Arif Kayanto (tengah) menerima penghargaan GMP Award kategori Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan Mineral dan Batubara
Direktur Legal and Corporate Affairs Kideco Arif Kayanto (tengah) menerima penghargaan GMP Award kategori Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan Mineral dan Batubara

INDUSTRY.co.id - Jakarta — Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyebut bahwa perusahaan tambang harus benar-benar terbuka. 

Menurutnya, perusahaan tambang harus transparan dan dapat mempertanggungjawabkan akuntabilitasnya, serta dapat menjawab berbagai tantangan yang ada. 

"Perusahaan diharapkan mampu menghadapi tantangan dunia saat ini, yaitu tuntutan transparansi dan akuntabilitas, kerusakan lingkungan yang menyebabkan pemanasan global, transisi energi, fluktuasi harga komoditas, dan lainnya," ujar Arifin Tasrif, dalam sambutannya di acara penyerahan penghargaan Good Mining Practice Award 2023, yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, Kementerian ESDM, di Jakarta, Sabtu (29/9 2023), 

Lebih lanjut Menteri ESDM menjelaskan bahwa,  industri pertambangan batubara juga harus dapat berjalan secara efektif, efisien, berkelanjutan dan dapat berkontribusi nyata terhadap kesejahteraan masyarakat. 

Oleh karena itu Kementerian ESDM memberikan penghargaan, yang merupakan wujud apresiasi terhadap perusahaan yang telah menerapkan kaidah pertambangan yang baik, dan juga merupakan tolak ukur hasil pembinaan dan pengawasan yang dilakukan oleh Kementerian ESDM terhadap perusahaan pertambangan. 

Arifin Tasrif menyampaikan bahwa apresiasi tersebut, diharapkan dapat terus memperbaiki iklim investasi dan tata kelola industri pertambangan . 

Acara tersebut telah terselenggara sejak 2020 sebagai apresiasi terhadap kinerja perusahaan tambang. Terdapat 394 badan usaha pertambangan dan pemegang Izin Usaha Jasa Pertambangan (IUJP) yang mengikuti dalam penilaian apresiasi ini.

Pada pagelaran tersebut, PT Kideco Jaya Agung (Kideco), anak perusahaan energi terintegrasi PT Indika Energy Tbk, kembali memperoleh sejumlah penghargaan. 

Kideco memperoleh apresiasi tertinggi peringkat Aditama, untuk kategori Pengelolaan Teknis Pertambangan Batubara dan untuk kategori Aspek Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan Batubara. 

Selain itu Kideco juga menerima peringkat Utama untuk Aspek Usaha Jasa Pertambangan Batubara dan Aspek Konservasi Batubara.

Direktur Utama Kideco, Mohamad Kurnia pada kesempatan yang sama menyampaikan bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus melakukan inovasi dan memperkuat aspek ESG (Environment, Social and Governance). 

“Penghargaan ini menegaskan komitmen Kideco terhadap lingkungan dan masyarakat Indonesia. Sebuah kepercayaan yang diberikan pemerintah kepada Kideco yang akan kami jaga dengan baik. Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dan memperkuat aspek ESG  dalam setiap aspek bisnis operasional perusahaan," ujar Mohamad Kurnia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Marketing Innovation (Ilustrasi)

Minggu, 19 Mei 2024 - 22:10 WIB

Innovation in Marketing Strategies That You Need to do!

In an era that continues to develop rapidly, it is important for us to always follow developments in trends to find effective marketing strategies. An effective marketing strategy must be dynamic…

Industri kesehatan

Minggu, 19 Mei 2024 - 21:35 WIB

Strategic Development of Health-Related Assistance Services in Post-Covid-19 Indonesia using PESTLE Analysis

The Covid-19 pandemic has dramatically reshaped the global healthcare landscape, highlighting both vulnerabilities and opportunities within health-related services. As Indonesia emerges from…

Meriahkan HUT Jakarta, PJ Gubernur Ajak Masyarakat Meriahkan BTN Jakim 2024

Minggu, 19 Mei 2024 - 18:35 WIB

Meriahkan HUT Jakarta, PJ Gubernur Ajak Masyarakat Meriahkan BTN Jakim 2024

Jakarta–Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-497, Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BTN) akan menyelenggarakan…

Wahdah Islamiah dukung Palestina merdeka

Minggu, 19 Mei 2024 - 18:24 WIB

Wahdah Islamiyah Kecam Israel atas Genosida Rakyat Palestina

Ormas Islam Wahdah Islamiyah ikut mengecam penjajahan dan genosida yang dilakukan zionis Israel di Gaza Palestina, yang kini telah memasuki hari ke 225 sejak oktober 2023 yang lalu.

Emak emak aksi palestina

Minggu, 19 Mei 2024 - 15:10 WIB

Emak-Emak Ikut Aksi Bela Palestina di Kedubes Amerika Serikat

Aksi Damai didepan kedubes Amerika Serikat, dan di rumah Dubes Mesir, dari pagi hingga siang hari, diikuti sejumlah Kekuatan Masa dari berbagai Wilayah Jakarta dan sekitarnya. Nampak yang turut…