Balikpapan Akan Jadi Tuan Rumah Penyelenggaraan IQE, Catat Tanggalnya!

Oleh : Hariyanto | Jumat, 29 September 2023 - 17:31 WIB

Indonesia Quality Expo
Indonesia Quality Expo

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Balikpapan akan menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan Indonesia Quality Expo (IQE) ke-11 pada tanggal 9 - 12 November 2023 mendatang. Event nasional yang diselenggarakan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) ini, mengambil lokasi di Gedung Dome Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Jalan Ruhui Rahayu I. Kelurahan Sepinggan, Balikpapan Selatan, Kalimantan Timur.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerjasama dan Layanan Informasi BSN Zul Amri mengatakan, event IQE akan menjadi momentum penting bagi Kota Balikpapan dan Provinsi Kalimantan Timur karena penyelenggaraan IQE yang khusus menampilkan produk dan informasi tentang standardisasi dan penilaian kesesuaian ini, setiap tahun diselenggarakan dengan berpindah pindah lokasi dan kota. IQE tahun ini mengambil lokasi acara di Kota Balikpapan.

"IQE diselenggarakan dalam suasana memperingati Hari Standar Dunia dan Bulan Mutu Nasional. Alhamdullilah, IQE 2023 didukung oleh Bapak Isran Noor, Gubernur periode 2018-2023 dan dalam dukungannya, beliau mengajak seluruh pemangku kepentingan di Kalimantan Timur untuk turut ambil bagian dalam kegiatan IQE," ungkap Zul di Jakarta, Jumat (29/09/2023)

Penyelenggaraan IQE di Balikpapan, lanjut Zul, menjadi strategis lantaran lokasi Balikpapan yang berdekatan dengan pembangunan Ibukota Negara Nusantara (IKN) dan Samarinda – ibu kota provinsi Kalimantan Timur, dimana dalam pembangunannya banyak berkaitan dengan isu Standar Nasional Indonesia (SNI), misalnya penggunaan bahan material bangunan, termasuk baja untuk infrastruktur, dan juga konsep SMART CITY sehingga momentum IQE diharapkan juga bisa meningkatkan penerapan SNI di wilayah tersebut.

"Momentum pembangunan IKN menjadi hal yang strategis untuk dilakukannya upaya-upaya yang mendorong diterapkannya Standar Nasional Indonesia/SNI sebagaimana yang diharapkan oleh Pemerintah Pusat bahwa IKN akan menjadi role model pembangunan dan penataan kota di wilayah/di daerah lainnya di Indonesia. Penerapan SNI diharapkan dapat mendukung terwujudnya harapan pemerintah pusat tersebut,” tutur Zul. 

Berbagai produk unggulan ber-Standar Nasional Indonesia (SNI) akan dipamerkan. Dengan demikian, IQE diharapkan dapat menjadi wadah mempertemukan pemangku kepentingan standardisasi di seluruh Indonesia untuk bertukar informasi, membuat kesepakatan, menampilkan produk unggulan dan/atau UMK pendukung, serta memanfaatkan peluang dan potensi yang ada.

Rangkaian kegiatan IQE akan dimeriahkan dengan berbagai acara pendukung diantaranya, Talkshow/Sosialisasi terkait Standardisasi bekerja sama dengan Dinas terkait wilayah Provinsi Kaltim, Demo Produk SNI, Lomba-lomba Edukasi SNI, Hiburan Musik, serta Kuis/Grandprize Produk ber-SNI. 

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan ,Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Timur, Heni Purwaningsih menyatakan dukungannya terhadap IQE dan mengajak seluruh stakeholder mulai dari instansi, pelaku usaha, maupun masyarakat kota Balikpapan untuk berkunjung ke IQE ke-11 Tahun 2023. 

"Kami selalu mendorong pelaku usaha untuk menerapkan standardisasi agar perlindungan konsumen dan daya saing produk mereka semakin meningkat. Melalui IQE, kami tunjukkan komitmen kami dan para pelaku usaha terutama UKM bahwa kami siap menembus pasar global dan bersaing dengan produk impor dengan menerapkan standar," ujar Heni.

Sebagai Panitia Pelaksana yang dipercaya BSN sejak tahun 2013, PT. Fery Agung Corindotama (Feraco) juga menyatakan kesiapannya dan akan menyajikan berbagai acara menarik dalam IQE.

“Berbagai kegiatan menarik IQE Tahun 2023 akan kami sajikan. Tidak hanya kegiatan di dalam BSCC Dome, tetapi rangkaian IQE, juga akan dimeriahkan dengan kegiatan outdoor seperti Gebyar UMKM Ber-SNI/Berstandar Internasional Berorientasi Ekspor, Festival Kuliner Nusantara, Kompetisi Band Tingkat Pelajar dan Mahasiswa, Live Music, Lomba Menggambar Tingkat Sekolah Dasar, Test Drive Mobil Mainan Drift, Kendaraan Bermotor, dan Kendaraan Listrik, serta Senam Sehat,” pungkas Direktur Utama PT Feraco, M. Ruslim.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Talk Show Nobar Film Tegar (kanan kiri), Edy Karyanto SVP Human Capital Development PT Pertamina (Persero), Binziad Kadafi - Ketua Bidang SDM Komisi Yudisial RI, Marthella Sirait - Ketua Konekin, Erlangga Gaffar - Deputy Director PT Kideco Jaya Agung

Senin, 17 Juni 2024 - 06:31 WIB

Kideco Mantapkan Komitmen Perjuangkan Hak Penyandang Disabilitas

Wakil Direktur Legal & Corporate Affairs Kideco, Erlangga Gaffar menambahkan bahwa pihaknya berkomitmen untuk menaikkan level inklusivitas di lingkungan perusahaan. Hal itu tidak hanya dilakukan…

Press conference Indonesian Television Awards 2024 di Summarecon Mall Serpong, 14 Juni 2024.

Minggu, 16 Juni 2024 - 17:48 WIB

Kembali Digelar RCTI, Ini Daftar Lengkap Nominasi Indonesian Television Awards (ITA) 2024

Malam Puncak ITA 2024 akan disiarkan langsung di RCTI dan GTV pada 10 Juli 2024 mulai pukul 21.00. Keesokan harinya, 11 Juli 2024 akan digelar Concert Celebration ITA 2024 mulai pukul 21.30.

Le Minerale serahkan hewan kurban

Minggu, 16 Juni 2024 - 17:11 WIB

Peringati Hari Raya Idul Adha, Le Minerale Serahkan Sapi Limosin ke Mesjid Istiqlal

PT Tirta Fresindo Jaya, produsen air minum dalam kemasan bermerek Le Minerale, menyalurkan hewan kurban untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1445 H ke panitia di Masjid Istiqlal, Jakarta,…

Cintaquran dan snackvideo

Minggu, 16 Juni 2024 - 15:40 WIB

SnackVideo dan Cinta Quran Berkolaborasi Meriahkan Idul Adha dengan Kompetisi Konten Kreatif

Dalam rangka memeriahkan Hari Raya Idul Adha, SnackVideo, platform media sosial berbasis video pendek, berkolaborasi dengan salah satu lembaga Independent terkenal Cinta Quran Foundation membantu…

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo

Minggu, 16 Juni 2024 - 14:31 WIB

Demi Ketertiban Umum, Jangan Biarkan Pisau Hukum Tumpul

MASYARAKAT hanya bisa prihatin dan mengeluh ketika melihat dan merasakan semakin tumpulnya pisau penegakan hukum yang nyata-nyata berakibat pada menurunnya derajat ketertiban umum. Rasa keadilan…