Menko Marves Luhut Bicara Soal Tata Kelola Sumber Daya Maritim Indonesia

Oleh : Kormen Barus | Senin, 25 September 2023 - 07:07 WIB

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan

INDUSTRY.co.id, Jakarta– Hari Maritim Nasional ke-59 yang jatuh pada 23 September 2023 harus menjadi momentum semua pihak meningkatkan komitmen menjaga ekosistem laut Indonesia. Namun yang paling penting lagi adalah menjadi upaya bersama memastikan kekayaan maritim tersebut akan tetap dapat dinikmati hingga generasi selanjutnya.

Hal ini ditegaskan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan di Jakarta, Sabtu (23/9/2023).

Hari puncak perayaan HMN ke-59 2023 dipusatkan di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan mengusung tema “Pembangunan Negara Kepulauan berwawasan Nusantara menuju Indonesia Emas 2045."

Indonesia dikatakan Luhut dalam perjalanan panjang sejak kemerdekaannya telah menunjukkan komitmen yang kuat terhadap pengembangan kemaritiman. Pemerintah pun telah berupaya keras untuk terus meningkatkan potensi maritim melalui berbagai program dan kebijakan yang inovatif.

“Tidak hanya itu, pengelolaan sumber daya maritim yang berkelanjutan dan upaya penanggulangan perubahan iklim juga menjadi bagian penting dari agenda kemaritiman. Kita harus terus bekerja sama untuk menjaga ekosistem laut dan memastikan bahwa generasi masa depan juga yang dapat menikmati warisan kemaritiman,” ungkap Menko Luhut.

Perayaan HMN, katanya, harus dimanfaatkan semua pihak menjadi sebuah momentum dengan berkomitmen dalam menjaga, melindungi, dan mengelola sumber daya maritim dengan bijak. Selain itu juga memanfaatkan potensi maritim secara optimal, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, meningkatkan konektivitas antarpulau, dan memberikan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Saya ingin mengajak seluruh elemen masyarakat, pemerintah daerah, sektor swasta, akademisi, serta seluruh lapisan masyarakat untuk terus bersinergi dan bekerja sama dalam mewujudkan visi Indonesia sebagai poros maritim dunia. Mari kita jaga kebersamaan dan semangat gotong royong dalam mewujudkan cita-cita besar bangsa Indonesia. Selamat Hari Maritim Nasional ke-59,” ujar Luhut.

Berbagai kegiatan di Peringatan HMN 2023

Dalam memperingati HMN 2023, Kemenko Marves menggelar kegiatan menjadi dua bagian kegiatan yakni pra dan hari puncak peringatan. Adapun pra-kegiatan dilaksanakan dengan Bulan Literasi Maritim yang diisi berbagai jenis acara berkaitan pada bidang kemaritiman dan diselenggarakan oleh berbagai pihak selama satu bulan penuh dari akhir Agustus hingga akhir September 2023.

Sementara itu, hari puncak HMN direncanakan akan berlangsung pada Sabtu (30/9/2023) dan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo di Kupang, NTT. Puncak Hari Maritim Nasional yang dipusatkan di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VII, Kupang, Nusa Tenggara Timur akan diisi dengan sejumlah acara yang telah dipersiapkan dengan matang, di antaranya; Soft Launching Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS); Seminar Nasional Kemaritiman di Universitas Nusa Cendana (UNDANA); serta kegiatan lainnya. Pada seminar nasional kemaritiman, diantaranya akan dibahas mengenai Langkah dan strategi pembangunan kemaritiman menuju Indonesia Emas 2045 yang menjadi muatan dalam Rancangan RPJPN 2025-2045.

Untuk diketahui, HMN digagas oleh Presiden Indonesia pertama, Ir. Soekarno setelah pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) Maritim I yang berlangsung pada 23 September 1963 yang kemudian ditetapkan melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 249 tahun 1964.

HMN juga sebagai tonggak penting dalam rangka mencapai tujuan pembangunan nasional di bidang kemaritiman, sehingga dapat semakin mempertegas bahwa Indonesia merupakaan negara kepulauan terbesar yang kuat dan unggul.

Perayaan HMN 2023 merupakan momentum strategis dalam menyampaikan pesan dan pemahaman yang utuh kepada publik tentang hakekat Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki peran penting dalam kawasan regional maupun internasional. Seiring dengan tekad Presiden untuk mewujudkan Indonesia Poros Maritim Dunia, maka literasi tentang kemaritiman perlu lebih ditingkatkan kepada segenap bangsa Indonesia. (Biro Komunikasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi/Kominfo Newsroom)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jackson Suwargo memberi sambutan di ajang Jackson Kids Star 2024 yang digelar di Senayan Park Jakarta (20/7/2024)

Sabtu, 20 Juli 2024 - 23:52 WIB

Jackson Kids Star 2024 Lakukan Pencarian Ambassador Cilik di Senayan Park

Jackson Kids Star 2024 adalah ajang tahunan yang digelar untuk mencari brand ambassador Jakcson Kids.

Hakim Mahkamah Konstitusi Arsul Sani, salah satu pendiri Perkumpulan Ahli Dewan Sengketa Konstruksi (PADSK) memberikan sambutan penutup International Conference bertajuk "Synchronizing the application of FIDIC Contracts with specific related project country's regulation to avoid disputes", di Jakarta

Sabtu, 20 Juli 2024 - 22:47 WIB

Hakim MA Berharap Penyelesaian Sengketa Konstruksi Bisa Lebih Baik

Hakim Mahkamah Konstitusi Arsul Sani sebagai salah satu pendiri Perkumpulan Ahli Dewan Sengketa Konstruksi (PADSK) mengingatkan agar PADSK selaku stakeholder APS dapat menyampaikan usulan perbaikan…

Peragaan Busana Muslim dan Audisi Model MUFFEST+ di Stasiun MRT Bundaran HI Jakarta.

Sabtu, 20 Juli 2024 - 22:13 WIB

MUFFEST+ Gelar Peragaan Busana dan Audisi Model di Stasiun MRT Bundaran HI

MUFFEST+ ditargetkan menjadi jendela dunia yang memperlihatkan perkembangan industri fesyen muslim Indonesia yang siap merambah pasar global dari segi kualitas, kuantitas, inovasi bisnis, teknologi,…

Ustadz Bachtiar Nasir bersama jajarannya menyatakan persiapan konvoi Bela Palestina

Sabtu, 20 Juli 2024 - 20:42 WIB

Bela Palestina Segera Digelar dengan Konvoi Kendaraan

Membela Palestina sangat banyak ragamnya. Untuk membuktikan kepedulian Indonesia, para Ustadz mengajak masyarakat membela Palestina. Ajakan berupa Konvoi menggunakan kendaraan.

Feng shui (foto ilustrasi)

Sabtu, 20 Juli 2024 - 17:37 WIB

Tips Memaksimalkan Feng Shui Rumah Agar Bawa Keberuntungan

Home Feng Shui merupakan teknik menganalisa rumah. Terlebih di dalam rumah terdapat aliran energi. Aliran ini bisa memancarkan energi positif maupun negatif. Hal itu tergantung dari arah letak…