Luncurkan Unit Motor Grader Cat 16 GC di Mining EXPO 2023, Trakindo Optimistis Tingkatkan Produktivitas Pelanggan

Oleh : Hariyanto | Rabu, 13 September 2023 - 19:32 WIB

Trakindo Luncurkan unit Motor Grader Cat 16 GC di Mining EXPO 2023
Trakindo Luncurkan unit Motor Grader Cat 16 GC di Mining EXPO 2023

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Peningkatan produktivitas dan efisiensi merupakan hal mutlak yang harus dilakukan pelaku industri pertambangan, agar mampu bertahan dan memiliki daya saing. Memahami hal tersebut, PT Trakindo Utama (Trakindo) sebagai penyedia solusi alat berat Caterpillar di Indonesia, mengajak pelanggan untuk dapat mengenal lebih dekat teknologi Cat MineStar System (MineStar), sekaligus meluncurkan unit Motor Grader Cat 16 GC yang lebih ekonomis dan mudah perawatan di acara Mining Expo 2023, hal ini juga sejalan dengan komitmen perusahaan yakni “Advancing You Forward” untuk senantiasa mendukung peningkatan produktivitas pelanggan khususnya di industri pertambangan. 

Ario Wirawan selaku General Manager Sales Mining Trakindo menjelaskan, penggunaan alat berat yang tepat dan penerapan teknologi terkini pada alat berat diharapkan bisa menjadi solusi yang efektif dalam upaya mencapai hasil produksi yang optimal. Terlebih, optimalisasi kemampuan alat berat merupakan faktor yang sangat penting untuk meningkatkan produktivitas. 

“Pada acara Mining Expo kali ini, Trakindo kembali menampilkan teknologi seperti MineStar serta produk terbaru untuk menjawab kebutuhan pelanggan khususnya di industri pertambangan. Harapannya melalui kegiatan ini, kami bisa hadir lebih dekat kepada pelanggan dan mendukung kemajuan bisnisnya, sekaligus turut berkontribusi untuk meningkatkan industri pertambangan nasional,” jelas Ario di Jakarta, Rabu (13/9/2023). 

Lebih lanjut mengenai MineStar, teknologi ini merupakan solusi komprehensif yang mengintegrasikan produk, proses, dan sumber daya manusia untuk membantu pelaku industri dalam mengelola rantai pekerjaan pertambangan, mulai dari pelacakan material, manajemen armada, identifikasi kesehatan alat berat, hingga sistem peralatan otonom. 

Selain itu, MineStar juga memiliki pembaruan fitur teknologi, di antaranya MineStar Edge sebagai ekosistem operasional berbasis cloud yang memberikan visibilitas ke setiap aspek operasi (mengukur, mengelola, menganalisis), dengan akurasi data hingga 98%, near-real-time information. Hal ini memungkinkan para supervisor untuk mengakses informasi dari komputer atau tablet dari mana saja hanya dengan koneksi internet, baik di pit maupun di kantor yang jauh. 

Supervisor pun dapat melakukan perubahan-perubahan demi menjalankan rencana tambang secara efisien dan memberikan kualitas optimal ke site/plant. Fitur Guardian 2 yang merupakan sistem canggih dan non-intrusif yang mengurangi kemungkinan insiden berbahaya secara efektif dengan memperingatkan operator melalui getaran pada kursi dan suara alarm, serta menganalisis gejala kelelahan, microsleep, atau gangguan lain yang terdeteksi. 

“MineStar merupakan jawaban atas tantangan industri pertambangan untuk mendorong produktivitas pertambangan dengan tetap mengedepankan unsur keselamatan. Pemantauan pekerjaan alat berat dan operasional di site bisa didapatkan secara akurat dan real-time,sehingga pengambilan keputusan pun dapat dilakukan lebih cepat. tepat, dan operasional pun menjadi lebih efektif. Selain itu, pekerjaan operator juga menjadi lebih akurat dan produktif, serta mengurangi risiko insiden keselamatan,” kata Ario.

Rangkaian fitur dari MineStar juga dapat digunakan dalam sebuah kombinasi fitur komprehensif maupun secara terpisah, yakni Fleet untuk melacak serta manajemen armada unit di banyak lokasi secara real-time; Terrain untuk manajemen kerja unit berbasis data sistematis yang efektif dengan tingkat presisi tinggi; Detect untuk meningkatkan kewaspadaan operator terhadap area kerja unit melalui kamera dan sensor yang terpasang pada unit; Health untuk mengidentifikasi potensi masalah dari unit sebelum terjadinya kerusakan; Command memungkinkan unit dioperasikan melalui remote control, hingga full autonomous.

Berbagai manfaat pun dirasakan langsung oleh para pelanggan Trakindo, salah satunya PT Cipta Kridatama (CK). Ilham Medica selaku Technology Solution Manager Cipta Kridatama mengungkapkan bahwa keputusan menggunakan MineStar merupakan wujud transformasi digital CK dalam menghadapi tantangan di pertambangan. 

Setelah menggunakan MineStar, terutama fitur Fleet / Fleet Management System (FMS), CK merasakan berbagai perubahan positif, bahkan telah memberikan banyak pekerjaan dengan hasil yang lebih baik dari sebelumnya. Salah satu contohnya memberikan perubahan rute unit yang lebih cepat hanya dengan sentuhan jari, karena sebelumnya pengawas harus mendatangi setiap unit secara langsung untuk memberikan rute baru kepada operatornya. 

Bersama dengan Trakindo, CK telah melakukan pemasangan teknologi MineStar di site PT Binuang Mitra Bersama Blok Dua (BMB), dan hingga saat ini terdapat lebih dari 162 unit telah terpasang teknologi FMS, dan masih terus bertambah jumlahnya. 

“Sebagai pelaku pertambangan dengan hasil produksi terbesar keempat di Indonesia, tentunya bukan hal mudah untuk mengatur sedemikian banyak unit tersebut dalam satu site. Namun dengan teknologi Minestar, khususnya teknologi FMS menjadikannya seakan lebih mudah. Pergerakan dan pengaturan kerja setiap unit bisa terpantau lebih detail dan tentunya produktivitas pun meningkat,” ungkap Ilham.

Melengkapi komitmen Trakindo dalam meningkatkan produktivitas industri pertambangan, pada acara Mining Expo tahun ini Trakindo juga sekaligus meluncurkan unit alat berat pendukung pekerjaan di pertambangan, yaitu Motor Grader Cat 16 GC yang lebih ekonomis dan mudah dalam perawatan. 

Cat 16 GC merupakan unit yang dibutuhkan oleh pelanggan, simple dalam penggunaan dan memiliki Blade terbesar di kelasnya, yaitu 18ft/ 5,5meter. Unit ini sangat andal untuk menyelesaikan pekerjaan pembangunan serta pemeliharaan jalan angkut dengan cepat dan efektif, sehingga operasional bisa tetap berjalan lancar dan menguntungkan. Bahkan, unit ini dapat memangkas konsumsi bahan bakar hingga 5 persen. 

“Diluncurkannya unit ini sekaligus melengkapi komitmen berkelanjutan Trakindo dalam mendukung peningkatan produktivitas pelanggan di industri pertambangan, karena hadirnya akses jalan yang bagus tentunya akan menghemat biaya pemeliharaan mesin, bahan bakar, hingga ban dari semua kendaraan operasional di pertambangan,” tutur Ario.

Berbagai keunggulan lainnya yang dimiliki Cat 16 GC, yakni EKONOMIS: pelanggan bisa memiliki unit yang kokoh, bertenaga, serta hemat bahan bakar, dengan biaya akuisisi terjangkau; SIMPEL DAN EFEKTIF: memiliki peralatan elektronik dan sensor sesuai kebutuhan, pengoperasian sederhana dengan pola kontrol tuas, serta dilengkapi opsi pengukur kemiringan blade yang sudah digital, sehingga memungkinkan pergerakan blade yang presisi dan konsisten, DAPAT DIANDALKAN DAN TAHAN LAMA: menggunakan mesin Cat C13 yang sudah dikenal akan ketahanannya, serta dibangun dengan komponen yang telah terbukti kualitasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Sabtu, 27 April 2024 - 17:20 WIB

Ini Harapan Pengusaha Kawasan Industri untuk Pemerintahan Prabowo - Gibran

Himpunan Kawasan Industri (HKI) mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia terpilih.

Warung madura

Sabtu, 27 April 2024 - 14:15 WIB

KemenKopUKM Tak Pernah Larang Warung Madura Buka 24 Jam

Menanggapi pemberitaan yang beredar di tengah masyarakat terkait dengan jam operasional warung madura, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) tidak pernah melarang warung madura untuk beroperasi…

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Sabtu, 27 April 2024 - 12:52 WIB

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Bagi kamu, Gen Z , tentu sudah tidak asing lagi dengan Jurusan Bisnis digital. Jurusan ini mempelajari tentang cara merancang bisnis yang dikembangkan menggunakan teknologi digital. Kenapa Kamu…

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Sabtu, 27 April 2024 - 11:43 WIB

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Film Syirik Neraka Pesisir Laut Selan Goes To School mendapat sambutann hangat dari ratusan siswa siswi SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta. Terbukti ratusan siswa setia menunggu keadiran aktor pendukung…

HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 10:29 WIB

Ciptakan Ruang Rekreasi Kolaboratif, HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Dalam upaya meningkatkan fasilitas dan kepuasan penghuni apartemennya, anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) yaitu PT HK Realtindo (HKR) menjalin kerjasama dengan PT All Play Indonesia (All…