Survei Polling Institute, Erick Jadi Cawapres Paling Banyak Dipilih Masyarakat

Oleh : Wiyanto | Minggu, 10 September 2023 - 19:39 WIB

Menteri BUMN Erick Thohir (ist)
Menteri BUMN Erick Thohir (ist)

INDUSTRY.co.id-Jakarta -- Erick Thohir menjadi pilihan teratas sebagai figur yang tepat menjadi calon wakil presiden (cawapres) dalam survei yang digelar Polling Institute.

Peneliti Polling Institute Kennedy Muslim mengatakan mayoritas responden memilih Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu dalam dua simulasi, baik 19 nama maupun lima nama cawapres.

"Hasil simulasi pilihan 19 nama dan lima nama cawapres 2024, Erick Thohir menjadi cawapres terkuat dengan raihan 15,1 persen dan 24,5 persen," ujar Kennedy saat memaparkan hasil survei bertajuk "Peta Persaingan Capres-Cawapres dan Isu-Isu Terkini" di Jakarta, Minggu (10/9/2023).

Kennedy mengatakan nama Erick juga akan membawa kemenangan pada capresnya. Dalam tiga simulasi, capres yang berpasangan dengan Erick selalu menempati posisi teratas.

Dalam simulasi pertama, pasangan Prabowo-Erick meraih 34,7 persen atau unggul dari pasangan Anies-AHY sebesar 18,5 persen dan Ganjar-Ridwan Kamil dengan 34,2 persen. Simulasi kedua, Ganjar-Erick mendapat 37,2 persen atau unggul dari Anies-Yenny Wahid sebesar 16,0 persen dan Prabowo-Muhaimin dengan 35,1 persen. Kemudian, Prabowo-Erick kembali menjadi teratas dengan 38,5 persen atau unggul dari Anies-AHY dengan 18,8 persen dan Ganjar-Sandiaga dengan 32,5 persen.

"Dalam simulasi dua pasangan, Erick dan pasangan selalu unggul jauh di atas pasangan lain," ucap Kennedy.

Kennedy mencontohkan Prabowo-Erick meraih 46,7 persen, sementara Ganjar-Ridwan Kamil sebesar 39,1 persen. Dalam simulasi berikutnya, Erick yang berpasangan dengan Prabowo meraih 47,1 persen dan unggul atas pasangan Ganjar-Sandiaga dengan 38,0 persen. Pasangan Prabowo-Erick pun kembali unggul dengan 48,0 persen saat berhadapan dengan Ganjar-Gibran sebesar 36,6 persen.

Kennedy menyampaikan Erick pun meraih posisi tertinggi dalam simulasi lima nama cawapres untuk Prabowo Subianto. Erick meraih 28,8 persen suara responden atau terpaut cukup jauh dari empat tokoh lain seperti Gibran Rakabuming dengan 17,3 persen, Muhaimin Iskandar dengan 8,8 persen, Khofifah Indar Parawansa dengan 8,5 persen, dan Airlangga Hartarto dengan 4,2 persen.

"Di antara lima nama dan kemungkinan nama lainnya, Erick Thohir paling banyak dipilih sebagai wakil untuk mendampingi Prabowo. Alasannya paling banyak karena kinerjanya dinilai bagus," kata Kennedy.

Survei Polling Institute berlangsung pada 21-25 Agustus 2023 melalui sambungan telepon dengan pewawancara terlatih. Survei tersebut melibatkan 1.201 responden dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen dan margin of error sekitar 2,9 persen.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pameran UMKM expo(RT) binaan BRI

Sabtu, 09 Desember 2023 - 18:54 WIB

Di UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 Influencer Reza Pahlevi Bagi Tips UMKM Sukses di Medsos

Social media influencer sekaligus content creator Reza Pahlevi berbagi kiat sukses bagi pelaku UMKM yang menjalankan bisnis di media sosial atau medsos dalam acara Ngobrol Pintar BRILIANPRENEUR…

Pengusaha yang diajak untuk ambil bagian peluang halal olahan pangan peternakan di Jepang

Sabtu, 09 Desember 2023 - 18:45 WIB

Kementan Sasar Pasar Halal untuk Pacu Peningkatan Ekspor Produk Peternakan di Jepang

Dalam rangka akselerasi peningkatan ekspor, Kementerian Pertanian menggandeng para pelaku usaha di bidang produk unggas dan pakan ternak untuk menggarap pasar halal di Jepang.

Kemenperin Tingkatkan Kualitas Industri Kreatif Fashion dan Kriya

Sabtu, 09 Desember 2023 - 16:02 WIB

Kemenperin Tingkatkan Kualitas Industri Kreatif Fashion dan Kriya

Pemerintah terus mendorong kualitas Industri Kreatif bidang Fashion dan Kriya, salah satunya dilakukan oleh Kementerian Perindustrian melalui program Creative Business Incubator (CBI) - Bali…

Menhan Prabowo Subianto Beri Santunan Kepada Korban Erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam

Sabtu, 09 Desember 2023 - 14:16 WIB

Menhan Prabowo Subianto Beri Santunan Kepada Korban Erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam, Sumbar

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mengunjungi posko tanggap bencana erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Sabtu (9/12/2023). Erupsi Gunung Marapi terjadi sekitar pukul…

Ketua KPK Tersangka, Hukum di Negeri ini Digunakan untuk Kepentingan Politik?

Sabtu, 09 Desember 2023 - 14:10 WIB

Ketua KPK Tersangka, Hukum di Negeri ini Digunakan untuk Kepentingan Politik?

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nonaktif, Firli Bahuri, bisa saja bebas dari jeratan hukum bila mampu meyakinkan Hakim Tunggal yang mengadili Praperadilan yang dia ajukan.