Sinergi AI Generatif dan Teknologi LCNC Hadir di Zoho Creator

Oleh : Nina Karlita | Selasa, 25 Juli 2023 - 22:07 WIB

Gibu Mathew, Vice President and General Manager in Asia-Pacific at Zoho Corp.
Gibu Mathew, Vice President and General Manager in Asia-Pacific at Zoho Corp.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Integrasi AI generatif dan teknologi low-code/no-code (LCNC) untuk meningkatkan aplikasi bisnis di Indonesia menjadi alur bisnis saat ini guna pengembang dengan pendekatan yang cepat dan mudah untuk meluncurkan aplikasi inovatif. 

Karena fitur bisnis telah dibangun ke dalam perangkat lunak, pengembang tidak perlu membuat baris kode yang ekstensif. Mereka hanya perlu menambahkannya ke dasbor untuk mengaktifkan dan menjalankannya. 

Kedua teknologi ini dapat membuat bisnis lebih gesit dan lebih cepat melakukan penetrasi produk ke pasar. Hal ini juga meningkatkan efisiensi operasional dan mendukung karyawan untuk menambah value bagi bisnis. 

Selain itu, kemampuan gabungan teknologi AI dan LCNC ini memperlihatkan potensi besar dalam menjawab tantangan yang dihadapi pengembang saat ini, seperti menambah kemampuan analitik bisnis melalui pengambilan kumpulan data, meniru percakapan manusia di chatbot, dan menciptakan konten pemasaran dan medial sosial yang menarik guna menarik pelanggan baru. 

Gibu Mathew, Vice President and General Manager in Asia-Pacific at Zoho Corp, menjelaskan solusi dari Zoho Indonesia untuk integrasi AI generatif dan teknologi LCNC dikenal sebagai Zoho Creator, platform LCNC yang menggabungkan pengembangan aplikasi dan kemampuan AI guna membantu karyawan memenuhi kebutuhan pelanggan. 

"Solusi Zoho ini dibangun dengan antarmuka drag-and-drop yang mudah digunakan dan berisi fitur bawaan yang bisa dijalankan secara native dari web maupun dari platform selular,” kata Gibu.

“Zoho Creator bahkan menawarkan koleksi template aplikasi yang banyak yang didesain secara khusus agar sesuai dengan berbagai macam operasi, baik itu pendidikan, manajemen karyawan, hingga untuk industri real estat,” tambahnya.

Selain itu, pengenalan dengan teknologi no-code bertenaga AI di Zoho Creator telah menyederhanakan implementasi AI ke aplikasi bisnis dalam beberapa klik. Perusahaan tidak perlu menulis rumus atau kode algoritma dan dengan cepat dapat membuat dan meluncurkan aplikasi bisnis cerdas dengan mudah hanya dengan memasukkan data ke aplikasi perusahaan dan biarkan teknologi AI tersebut mengetahui polanya sendiri. 

Selanjutnya, teknologi LCNC buatan Zoho ini akan memperlengkapi bisnis dengan aplikasi yang dapat mengamati, mempelajari, beradaptasi dan terus berkembang. Cukup dengan menambahkan data histori terkait perilaku konsumen, aplikasi dapat mengantisipasi berbagai tren secara wajar. Semuanya dilakukan tanpa pekerjaan data entri manual, transkripsi, dan pekerjaan klerikal. 

Melalui platform Zoho Creator berbasis LCNC, Zoho menawarkan kepada perusahaan kemampuan dalam menjembatani kesenjangan antara karyawan dan pelanggan. 

Platform Zoho Creator juga dapat memberikan keunggulan kompetitif, tidak hanya bagi perusahaan besar tetapi juga untuk pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) serta start-up. Karena UKM dan start-up memiliki sumber dana dan tenaga ahli yang lebih sedikit, mendigitalkan operasi mereka mungkin tampak seperti urusan yang sangat berat. 

Aplikasi Zoho juga telah ditingkatkan dengan 13 ekstensi dan integrasi AI generatif, yang semuanya didukung oleh ChatGPT. Dengan memanfaatkan kecerdasan pihak ketiga Zia yang dihosting di infrastruktur cloud Zoho serta pengalaman kami di bidang AI selama puluhan tahun, pengguna dapat memanfaatkan pengalaman yang lebih intuitif, efisien, dan disederhanakan. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tol Hutama Karya

Jumat, 17 Mei 2024 - 10:37 WIB

Triwulan 1 2024, Hutama Karya Peroleh Kontrak Baru Senilai Rp4,05 Triliun

Catatkan kinerja positif pada Triwulan I 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) meraih pencapaian kontrak baru yang dibukukan sebesar Rp 4,05 triliun atau lebih tinggi 17,05% dari realisasi…

Kiri ke kanan] 1. Direktur AXA Mandiri, Uke Giri Utama; Direktur AXA Mandiri, 2. Rudi Nugraha atau biasa disapa dengan Pak Joshua; 3. Presiden Direktur AXA Mandiri, Handojo G. Kusuma; 4. Direktur AXA Mandiri, Mr. Aayush Poddar; 5. Direktur Kepatuhan AXA Mandiri,Rudy Kamdani

Jumat, 17 Mei 2024 - 10:19 WIB

AXA Mandiri Kembali Catat Kinerja Positif pada Tahun 2023 Cetak Pertumbuhan Seiring dengan Peningkatan Inklusi Keuangan

PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) hari ini mengumumkan kinerja keuangan tahun 2023 dimana Perusahaan berhasil membukukan laba bersih setelah pajak senilai Rp 1,33 triliun yang…

6.6 Great Mid-Year Sale: Shopee dan JKT48 Bawa Keceriaan dan Inspirasi untuk Perjalanan Tengah Tahun

Jumat, 17 Mei 2024 - 09:50 WIB

6.6 Great Mid-Year Sale: Shopee dan JKT48 Bawa Keceriaan dan Inspirasi untuk Perjalanan Tengah Tahun

Keseruan tengah tahun sudah dimulai, Shopee meluncurkan kampanye Shopee 6.6 Great Mid-Year Sale yang berlangsung sejak 13 Mei hingga 6 Juni 2024 nanti.

CEO NeutraDC, Andreuw Thonilus Albert (tengah) saat menjadi panelist salah satu sesi panel discussion dalam gelaran Indonesia Cloud & Datacenter Convention (ICDC) 2024 di Jakarta, Kamis, 16 Mei 2024. (Foto: Dok. Istimewa)

Jumat, 17 Mei 2024 - 09:29 WIB

Bisnis Data Center NeutraDC Hadir sebagai Penyedia AI Enabler di Indonesia Cloud & Datacenter Convention 2024

Perusahaan Data Center, NeutraDC (PT Telkom Data Ekosistem), semakin menunjukkan perannya sebagai penyedia kecerdasan buatan (AI Enabler). Hal ini ditunjukkan di ajang konvensi terbesar, Indonesia…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Laporan Korps Kenaikan Pangkat 75 Perwira Tinggi TNI

Jumat, 17 Mei 2024 - 06:52 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Laporan Korps Kenaikan Pangkat 75 Perwira Tinggi TNI

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin Acara Laporan Korps kenaikan pangkat 75 Perwira Tinggi (Pati) TNI, bertempat di GOR A. Yani, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (15/05/2024).