Film Jendela Seribu Sungai, Kisah Persahabatan 3 Anak Meraih Mimpi

Oleh : Herry Barus | Selasa, 18 Juli 2023 - 13:10 WIB

Artis pendukung film Jendela Seribu Sungai
Artis pendukung film Jendela Seribu Sungai

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Film anak memang tak lepas dari persahabatan, tinggal bagaimana si penulis dan sutradara menjahitnya menjadi film yang menarik dan menghibur.

Jendela Seribu Sungai, Sebuah film yang disadur dari cerita asli di novel dengan judul yang sama. Dengan menyuguhkan drama yang banyak menjual kearifan lokal kota Banjarmasin dan sekitarnya.

Untuk menarik penonton, film ini juga menghadirkan sederet bintang beken seperti ; Mathias Muchus, Olla Ramlan, Agla Artalidia, Ibrahim ‘Baim’ Imran serta Aryo Wahab dan Ian Kasela yang tampil di penutup film.

Tak kalah menjadi perhatian penonton, selain bintang beken tersebut di atas, ada nama lain yang tak kalah menjadi perhatian dan menghidupkan Jendela Seribu Sungai. Mereka adalah para bintang kecil berbakat seperti ; Bima Sena, Sheryl Drisanna, Halisa Naura dan M Dicky Syafii.

Empat tokoh muda yang duduk di bangku Sekolah Dasar itu, memang bukan para aktor profesional, tapi penampilan mereka cukup menyita perhatian. Pendatang baru, Sheryl Drisanna cukup bagus memainkan perannya sebagai Bunga, gadis kecil penderita Cerebral Palsy.

Awak media yang menyaksikan film ini, menikmati akting Sheryl Drisanna yang berupaya keras memainkan peran yang tidak mudah dimainkan aktris pendatang sebayanya. .

“Jujur saja ini film pertamaku yang cukup sulit memainkan peran seorang gadis kecil penderita Cerebral Palsy. Dan aku harus melakukan riset dan observasi untuk bisa total dengan karakter bunga, “ ungkapnya kepada awak media di Plaza Senayan, usai Nobar Senin malam ( 17/7/2023)

Sherly menambahkan, sebelum syuting ia banyak melakukan observasi. “Jadi aku tuh cari tahu dahulu seperti apa sih anak Cerebral Palsy, dan seperti apa itu penyakitnya? Dan ini sebuah film yang sangat berbeda dengan film pertamaku sebelumnya. Tapi ini lah pertama kali aku main film dengan tantangan yang besar. Butuh totalitas untuk menguasai karakter Bunga, “ lanjutnya.

Ketulusan dan Cita – Cita

Bunga hanyalah sepenggal kisah dibalik cerita ringan Jendela Seribu Bunga yang syarat pesan dan patriotik. Bunga juga yang berupaya legowo menghidupkan aroma drama film ini lewat karakter kuatnya sebagai penderita Cerebral Palsy.

Bunga juga yang memberi contoh bahwa ia tidak sedang sakit dengan Cerebral Palsy-nya tapi ia sedang mengurai impiannya menjadi penari.

Disisi lain, Jendela Seribu Sungai merekam banyak kearifan lokal serta sinematik yang sangat menarik dengan grading color-nya. Bidikan sinematografi sungai-sungai yang mengalir membelah kota Banjarmasin cukup indah di sajikan menjadi hiburan mata.

Belum lagi ketika film ini juga memperlihatkan keelokan warisan budaya dan belantaranya. Ada juga upaya menambah keragaman visual film ini dengan membidik sekuat tenaga alam Loksado.

Bintang cantik Agla Artalidia yang berperan sebagai Ibu Guru Sheila, juga menyita perhatian awak media Paras cantik Agla tetap terbidik kamera dengan ‘pas’ layaknya seorang ibu guru berhijab yang tetap santun berbicara.

Ibu Guru Sheila yang selalu mengedepankan para muridnya kelak menjadi manusia berbudi pekerti dan patuh terhadap ajaran agama.

Jendela Seribu Sungai adalah para insan yeng memiliki ketulusan mengurai cita-citanya. Mereka tidak ingin pamrih atas perjuangannya.

Jendela Seribu Sungai mengajak kita untuk sadar bahwa negeri ini memang indah dari Sabang sampai Merauke. Agar menjadi destinasi wisata unggulan

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sarni Mulyani, alumni D1 Batch 4 menjelaskan inovasinya

Kamis, 13 Juni 2024 - 10:47 WIB

Kampus Vokasi Kemenperin Berhasil Ciptakan Inovasi Penunjang Industri Alat Berat

Industri alat berat berperan penting dalam menunjang aktivitas di berbagai sektor, antara lain konstruksi, pertambangan, dan kehutanan. Seiring dengan kebutuhan produk alat berat yang meningkat,…

Komisaris dan Direksi Danamon Kembali Terima Penghargaan “Infobank 500 Most Outstanding Women 2024”

Kamis, 13 Juni 2024 - 10:39 WIB

Komisaris dan Direksi Danamon Kembali Terima Penghargaan “Infobank 500 Most Outstanding Women 2024”

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) dengan bangga mengumumkan bahwa dua dari anggota Komisaris dan Direksi Danamon menerima penghargaan Infobank 500 Most Outstanding Women 2024. Penghargaan…

Kompetisi Asta Kriya Nusantara 2024

Kamis, 13 Juni 2024 - 10:20 WIB

Upaya Kemenperin Temukan Perajin Anyaman Inovatif Lewat Kompetisi Asta Kriya Nusantara

Industri kerajinan Nusantara menyimpan potensi besar sebagai sumber penghidupan masyarakat di berbagai daerah, sehingga turutberperan dalam menggerakkan perekonomian negara. Untuk itu, Kementerian…

Investasi Cerdas di Musim Panas: AC Smart Neuva Pro, Hemat dengan Garansi 10 Tahun

Kamis, 13 Juni 2024 - 10:14 WIB

Investasi Cerdas di Musim Panas: AC Smart Neuva Pro, Hemat dengan Garansi 10 Tahun

Dengan masuknya musim panas, masyarakat Indonesia mulai bersiap-siap untuk menghadapi suhu yang meningkat. Penggunaan AC (air conditioner) menjadi pilihan utama untuk memastikan kenyamanan di…

Kementerian PUPR Rampungkan Perbaikan Sistem Jaringan Air Baku Pasigala di Palu Sulawesi Tengah

Kamis, 13 Juni 2024 - 09:45 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Perbaikan Sistem Jaringan Air Baku Pasigala di Palu Sulawesi Tengah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan rekonstruksi dan peningkatan Sistem Jaringan Air Baku Pasigala (Palu, Sigi dan Donggala) untuk mengembalikan fungsi…