Hippindo Akan Beri Diskon Belanja Berskala Nasional di Hari Kemerdekaan Indonesia

Oleh : Hariyanto | Selasa, 18 Juli 2017 - 08:46 WIB

Pemukulan Gong oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita pada Pembukaan HBDI (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Pemukulan Gong oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita pada Pembukaan HBDI (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Pelaku industri ritel yang bergabung dalam Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) akan memberi diskon berskala nasional pada Hari Belanja Diskon Indonesia (HBD Indonesia) yang digelar bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-72. Acara ini rencananya akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada 15 Agustus 2017 mendatang.

HBD Indonesia akan diadakan di pusat-pusat perbelanjaan di berbagai kota di Indonesia, dari mulai mal modern, ruko hingga bandara pada 17-20 Agustus 2017. Selain itu, diselenggarakan festival belanja akbar bertajuk Happy Birthday Indonesia Festival yang dimeriahkan oleh beragam hiburan dan acara pada 15-27 Agustus 2017 di Gambir Expo, JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Ketua Umum HIPPINDO, Budihardjo lduansjah mengatakan, HBD Indonesia akan menciptakan tren belanja baru di bulan Agustus. Jika sebelumnya pada bulan tersebut tren belanja konsumen diperkirakan mengalami penurunan, khususnya setelah Hari Raya ldul Fitri dan pada saat periode back to school berakhir, kini tidak lagi demikian.

"Selain itu, Agustus juga merupakan bulan bagi para wisatawan mancanegara datang ke Indonesia untuk liburan musim panas," kata Budihardjo di auditorium Gedung Kementerian Perdagangan, Senin (17/7/2017) sore kemarin.

Ketua Panitia HBD Indonesia, Fetty Kwartati mengatakan, HBD Indonesia ditargetkan akan menjadi festival belanja, kuliner, musik, hiburan ritel, terbesar di Indonesia yang diikuti oleh lebih dari 200 perusahaan yang mengelola 500 merek lokal dan internasional. Selain para peritel ternama, HBD Indonesia juga melibatkan partisipasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sebagai wujud dukungan kami terhadap UKM.

"Festival belanja terbesar ini tidak hanya ditujukan untuk masyarakat Indonesia, melainkan juga diharapkan dapat menarik wisatawan mancanegara, dan masuk dalam agenda tahunan pariwisata Indonesia," ujarnya.

Penyelenggaraan HBD Indonesia mendapatkan dukungan positif dari sejumlah Kementerian, antara lain Kementerian Pariwisata, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan UKM, asosiasi terkait, serta pemerintah daerah DKI Jakarta. Selain itu, HBDI juga didukung oleh Bank Mandiri.

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita menganggap HBD Indonesia merupakan hadiah bagi masyarakat di hari raya kemerdekaan di mana pengusaha mengurangi keuntungannya untuk memberikan diskon besar.

"Karena ini pertama kalinya serentak di Indonesia. Karena biasanya di satu malam di satu tempat saja di Jakarta. Ini yang kami berikan apresiasi, karena Indonesia bukan hanya Jakarta," ungkapnya.

"Rekan kita dari daerah itu bisa juga menikmati belanja dengan potongan yang saya harap sama untuk membeli barang yang sama. Satu harga, biar ada rasa keadilan dan mereka merasakan bahwa kami bagian dari RI," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

103 Warga Korban Banjir dan Tanah Longsor dari Tiga Desa Terisolir Berhasil di Evakuasi

Rabu, 08 Mei 2024 - 04:18 WIB

103 Warga Korban Banjir dan Tanah Longsor dari Tiga Desa Terisolir Berhasil di Evakuasi

Sebanyak 103 orang yang terdiri lansia, anak-anak dan warga yang sakit berhasil di evakuasi dari tiga Desa terisolir seperti Desa Rante Balla, Desa Pajang dan Desa Tibusan Kecamatan Latimojong,…

Panglima TNI Hadiri Undangan Pelayaran Wisata Kehormatan (Barge Tour) Komandan USINDOPACOM.

Rabu, 08 Mei 2024 - 04:13 WIB

Panglima TNI Hadiri Undangan Pelayaran Wisata Kehormatan (Barge Tour) Komandan USINDOPACOM.

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto berkesempatan memenuhi undangan pelayaran wisata kehormatan (Barge Tour) yang diselenggarakan oleh Komandan USINDOPACOM Admiral Samuel J Paparo,

Stasiun Bakamla Bali Berikan Pembinaan Rapala (foto Humas Bakamla RI)

Rabu, 08 Mei 2024 - 04:07 WIB

Stasiun Bakamla Bali Berikan Pembinaan Rapala

epala Zona Bakamla Tengah Laksma Bakamla Octavianus Budi Susanto, S.H., M.Si., M.Tr.Opsla., secara resmi membuka kegiatan Pembinaan 30 orang Relawan Penjaga Laut Nusantara (Rapala) Bakamla RI…

dr. Beatrix Isabella Tjahyana Dipl.AAAM, Founder & CEO BeArt Korean Skin Clinic menjelaskan perkembangan teknologi laser untuk perawatan kecantikan di Indonesia.

Selasa, 07 Mei 2024 - 23:43 WIB

Perawatan Kecantikan Dengan Laser, BeArt Korean Skin Clinic Hadirkan Metode Terbaru Dari Amerika

Salah satu jenis perawatan dengan metode laser yang menjadi populer dan diterapkan klinik BeArt yaitu dengan menggunakan mesin face lifting dari Amerika.

Pelatihan Membaca Nyaring di hadapan pustakawan, guru sekolah dan orang tua di Sumatera Utara

Selasa, 07 Mei 2024 - 22:58 WIB

Pentingnya Teknik Membaca Nyaring Pada Anak Sejak Dini

Anak yang sering dibacakan nyaring dan diajak berbicara oleh ibu bapaknya secara tidak langsung membantu stimulasi kemampuan kognitifnya berkembang lewat suara.