AI Rudder Bawa VoiceGPT Ke Indonesia.Pengalaman Berkomunikasi Dengan Bot Layaknya Manusia

Oleh : Nina Karlita | Sabtu, 10 Juni 2023 - 00:23 WIB

AI Rudder resmi kenalkan VoiceGPT di Indonesia.
AI Rudder resmi kenalkan VoiceGPT di Indonesia.

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Teknologi kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) mulai banyak diterapkan di Indonesia. Salah satunya di bidang pelayanan pelanggan atau customer service.

Adalah AI Rudder perusahaan software AI yang baru saja mengumumkan membawa teknologi AI untuk Customer Service tersebut ke Indonesia. 

AI Rudder menghadirkan VoiceGPT yang semakin memperkuat bidang pelayanan pelanggan dengan memberikan pengalaman berkomunikasi dengan bot layaknya dengan manusia.

Meskipun chatbot atau voicebot dapat membantu dalam layanan pelanggan, respons yang diberikan cenderung tidak berbeda jauh dari respons yang diberikan oleh bot pada umumnya. 

"Namun, dengan kehadiran VoiceGPT yang memiliki kemampuan pemrosesan bahasa alami yang kuat, pelanggan dapat mengalami pengalaman baru di mana mereka merasakan respons seperti yang diberikan oleh manusia, seolah-olah mereka sedang berbicara dengan orang sungguhan,” ungkap Teng Ren, CEO & Founder AI Rudder di Hotel Le Meridien Jakarta (8/6/23).

Pada peluncurannya, Bianca Cheng, Vice President; Head of Global Sales & Success AI Rudder juga menjelaskan bahwa VoiceGPT berfokus dalam menciptakan proses percakapn dua arah yang alami.

"VoiceGPT mengedepankan komunikasi dua arah dengan dukungan AI Rudder LLM (Large Language Modul) yang mampu menangani percakapan dupleks yang kompleks untuk membuat AI mengetahui kapan harus berhenti dan mendengarkan dalam percakapan dua arah dengan pelanggan," jelasnya.

Acara peluncuran yang dilaksanakan di Hotel Le Meridien Jakarta ini dihadiri oleh audiens dari sejumlah lembaga perbankan terkemuka di Indonesia. Menjadi salah satu perwakilan dari perbankan, Veronika Susanti selaku EVP of Digital Lending Division Head Bank OCBC juga menyampaikan bahwa hadirnya VoiceGPT telah mampu mendukung pada bidang pelayanan pelanggan.

“Sebagai bank konvensional, OCBC memiliki banyak tantangan pada bidang digital lending, karena sebagian besar pekerjaan masih dilakukan secara manual. Kami menyadari bahwa manusia tidak dapat bekerja 24 jam sehari, dan kehadiran VoiceGPT ini sangat membantu untuk meningkatkan pelayanan kami,” pungkasnya.

Kemampuan memproses bahasa alami yang tajam memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi dengan sistem melalui percakapan verbal menggunakan bahasa alami mereka sendiri. Hal ini memberikan kemudahan akses bagi pelanggan untuk mendapatkan informasi dan melakukan transaksi. 

Dengan keaslian suara dan serupa dengan manusia yang dihasilkan VoiceGPT menciptakan pengalaman yang lebih personal dan menyenangkan bagi pelanggan. Keaslian suara manusia ini juga dapat meningkatkan kepercayaan dan ikatan antara pelanggan dan bisnis. 

Peluncuran VoiceGPT merupakan tonggak penting bagi AI Rudder dalam menghadirkan inovasi di bidang kecerdasan buatan. Dengan kemampuan unggulan dalam pemrosesan bahasa alami dan suara yang realistis, VoiceGPT diharapkan akan membawa perubahan signifikan dalam cara interaksi manusia dengan teknologi di sektor perbankan dan industri lainnya.

“AI Rudder menyambut baik tanggapan positif dari tiap pelaku bisnis, perbankan, dan industri terkait terhadap peluncuran produk terbaru kami. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan dan memperkuat VoiceGPT berdasarkan feedback dari pengguna dan pelanggan mereka,” tutup Teng Ren.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…