Kopi Kintamani Bali Diminati Hinga Mancanegara

Oleh : Herry Barus | Minggu, 18 Desember 2016 - 17:07 WIB

Kopi Ilustrasi
Kopi Ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Bali Coffe Festival 2016 (BCF) berlangsung di Denpasar, sebagai upaya meningkatkan kecintaan kopi bagi anak-anak muda yang melibatkan 19 stand dan diramaikan dengan 15 gerai "coffee shop".

"Potensi kopi dalam dunia industri cukup besar, karena Indonesia merupakan salah satu negara produsen dan pemasok kopi ke mancanegara," kata Ketua Panitia BCF Yatna sanjaya di Denpasar, Minggu (18/12).

Ia mengatakan, Bali merupakan salah satu daerah Indonesia penghasil kopi yang cukup diminati pencinta dan konsumen kopi mancanegara.

Kopi Kintamani memiliki cita rasa yang khas seperti cita rasa jeruk untuk pertama kali dipatenkan oleh pemerintah dengan dianugerahi sertifikat Geographical Indication (GI) pada tahun 2008.

Hal membuktikkan kopi Kintamani memiliki kualitas internasional, namun gaungnya lebih dikenal pencinta kopi mancanegara dibandingkan masyarakat asli Bali.

Yatna sanjaya menambahkan, kegiatan tersebut dapat dijadikan ajang pertemuan para petani kopi dan pelaku usaha kopi, sekaligus menjadi momentum meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang menekuni dunia kopi dengan memperoleh perkembangan informasi terbaru dari hulu hingga hilir.

Sementara tren masyarakat semakin meningkat dengan maraknya kedai kopi dibuka khususnya daerah Denpasar dan Badung.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya memberikan penghargaan "Farmer Award 2016" kepada sejumlah petani kopi di daerah ini.(Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Jumat, 24 Mei 2019 - 17:17 WIB

Ririek Ferdiansyah Didapuk Jadi Dirut Telkom

Jakarta - PT Telkom Indonesia mendapuk Ririek Adriansyah sebagai Direktur Utama usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Samsung Galaxy A2 Core

Jumat, 24 Mei 2019 - 16:14 WIB

Samsung Luncurkan Galaxy A2 Core, Smartphone 4G Harga Satu Jutaan

Samsung Galaxy A2 Core dibenamkan Exynos 7870 dan Android Go mengoptimalkan performa dan baterai tahan lebih lama

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Jumat, 24 Mei 2019 - 15:21 WIB

Sediakan Pangan Murah, Launching TTI Center Disambut Gembira Warga Bogor

Bogor - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) terus memperluas jaringan Toko Tani Indonesia (TTI), sebagai pusat perbelanjaan yang menjual berbagai komoditas…

Bank Mandiri Syariah (Foto Ist)

Jumat, 24 Mei 2019 - 15:15 WIB

Mandiri Syariah Perluas Penggunaan Data Dukcapil

Jakarta — PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) memperluas pemanfaatan NIK data kependudukan dan KTP Elektronik Dukcapil.

PLN Hentikan 11 Proyek Pembangkit Listrik Kapasitas 147 MW

Jumat, 24 Mei 2019 - 13:27 WIB

Libur Lebaran, PLN Matikan 20 Pembangkit Listrik

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero akan mematikan 20 pembangkit listrik miliknya menyusul adanya potensi penurunan daya listrik di Hari Raya Lebaran.