Pegadaian Kanwil VIII Jakarta 1 Siap Gelontorkan KUR ke UMKM Rp300 Miliar

Oleh : Wiyanto | Selasa, 30 Mei 2023 - 12:02 WIB

Media gathering Pegadaian Kanwil VIII Jakarta 1 dihadiri Kepala Kanwil hingga deputi
Media gathering Pegadaian Kanwil VIII Jakarta 1 dihadiri Kepala Kanwil hingga deputi

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dibantu pembiayaan oleh pemerintah melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Akses KUR tersebar salah satunya lewat Pegadaian.

Pegadaian Kanwil VIII Jakarta 1 punya target penyaluran KUR hingga akhir 2023 sebanyak Rp300 miliar. Hingga kini sudah mencapai 15 persen atau sekitar Rp56 miliar.

"Kita KUR syariah tanpa jaminan, tapi diberikan kepada yang benar-benar yang punya usaha," kata Kepala Kanwil VIII Jakarta 1 PT Pegadaian, Alim Sutiono, di Jakarta, Selasa (30/5/2023).

Dia menjelaskan strategi memasarkan KUR ke masyarakat dengan turun ke masyarakat langsung. Tim turun ke Kelurahan bahkan sampai RT/RW untuk mengejar UMKM yang membutuhkan pembiayaan KUR.

"Sosialisasi lewat media, kemudian sampai ke RT dengan mengerahkan 55 cabang yang berada di wilayah kami, Jakarta, Bekasi, Karawang," jelas dia.

Untuk target KUR yang Rp300 miliar, ia optimis dengan strategi itu dapat tercapai. Dalam sehari, sambung dia pencairan KUR bisa sebesar Rp2 miliar per hari.

"Insyaallah akan tercapai akhir tahun, Bulan November lah bisa tercapai target tersebut," katanya.

Lalu, KUR yang diberikan, lanjut dia sudah diberikan kepada 22 ribu UMKM dari target 40 ribu yang akan diberikan KUR.

"Pegadaian itu saat memberikan kredit punya tiga hal yang melekat yaitu Pendamping, pembiayaan dan pemasaran. Jadi UMKM kita bina sampai bisa memasarkan produknya, hingga bisa naik kelas," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Arfindi Batubara (Marketing Director LIXIL Water Technology Indonesia) dan Hasan Alatas (Head of HOIRe by Lifetime Design)

Sabtu, 13 Juli 2024 - 23:33 WIB

American Standard Warnai Instalasi Rumah Dalam Mall Arief Muhammad

Koleksi terbaru American Standard itu tampil di kids bathroom dalam instalasi rumah-dalam-mall The House Within hasil kolaborasi Lifetime Design dengan Arief Muhammad.

Karyawan SBI Pabrik Cilacap saat menyiapkan semen kantong yang siap kirim di emplasemen kereta api Karangtalun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:35 WIB

Dinilai Memiliki Kinerja Menjanjikan, SIG Masuk Daftar Konstituen Indeks PEFINDO i-Grade

Jakarta– Saham PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) ditetapkan sebagai konstituen PEFINDO Investment Grade Index (Indeks PEFINDO i-Grade) periode Juli - Desember 2024 oleh PT Pemeringkat…

Fidi Sjamsoedin, Director Marketing & Innovation Sababay WInery

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:13 WIB

Sababay Winery Luncurkan SANGRIA Dengan Perpaduan Rasa Unik Dari Buah Dan Rempah Indonesia

Pelopor dalam industri wine Indonesia, Sababay Winery meluncurkan Sababay SANGRIA! Kaya akan rempah-rempah dan buah-buahan asli Indonesia, Sababay SANGRIA hadir dengan rasa yang unik.

Progres Pemulihan PDNS 2, 86 Layanan Telah Aktif

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:12 WIB

Menko Hadi Sampaikan Kabar! Progres Pemulihan Pusat Data Nasional Sementara 2, 86 Layanan Telah Aktif

Jakarta-Pemulihan layanan pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 telah bertambah menjadi 86 layanan, yang berasal dari 16 tenant.

PJI Company of The Year Competition

Sabtu, 13 Juli 2024 - 15:17 WIB

PJI, Zurich, Starbucks, dan AIG Bersinergi Bawa Pelajar Indonesia ke Kompetisi Wirausaha Tingkat Global

Untuk merayakan puncak program edukasi kewirausahaan Student Company, Prestasi Junior Indonesia (PJI) dengan dukungan Zurich Indonesia, Z Zurich Foundation, The Starbucks Foundation, Starbucks…