Komitmen Dukung Infrastruktur Pendidikan, Kementerian PUPR Raih Penghargaan Anugerah Merdeka Belajar 2023 dari Kemendikbudristek

Oleh : Hariyanto | Selasa, 30 Mei 2023 - 09:46 WIB

Kementerian PUPR Raih Penghargaan Anugerah Merdeka Belajar 2023 dari Kemendikbudristek
Kementerian PUPR Raih Penghargaan Anugerah Merdeka Belajar 2023 dari Kemendikbudristek

INDUSTRY.co.id - Yogyakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menerima penghargaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada ajang Anugerah Merdeka Belajar 2023 Kategori Mitra Kementerian. 

Penghargaan diberikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbudristek Suharti dan diterima oleh Sekjen Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah pada acara puncak Bulan Merdeka Belajar dalam rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023 di Kawasan Candi Prambanan, D.I Yogyakarta, Senin (29/5/2023). 

Penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi atas komitmen Kementerian PUPR dalam mendukung infrastruktur pendidikan sebagai sarana pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Sejak 2019, Kementerian PUPR melalui Direktorat Prasarana Strategis, Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya mendapat amanah untuk melakukan rehabilitasi dan renovasi sekolah, madrasah, dan perguruan tinggi guna mendukung kegiatan belajar dan mengajar. 

Sekjen Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah mengatakan bahwa pencapaian ini merupakan hasil dari kerja keras Kementerian PUPR, khususnya dalam membangun infrastruktur pendidikan. 

"Tentu hasil capaian ini menjadi tambahan kebanggan di tengah-tengah kita dalam menjalankan tugas yang terus menerus. Ini juga merupakan hasil kerja keras kita yang juga dibarengi dengan upaya dan semangat. Selamat atas penghargaannya, semangat terus dalam bekerja," kata Sekjen Zainal Fatah. 

Pada Tahun Anggaran 2022, Kementerian PUPR telah menyelesaikan pekerjaan pembangunan dan rehabilitasi sekolah sebanyak 458 sekolah (SD, SMP dan SMU) dan 83 madrasah (Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah). Pembangunan infrastruktur pendidikan di tingkat SD, SMP, dan SMU dilanjutkan pada TA 2023 dengan menargetkan sebanyak 1.174 sekolah, sehingga total selama 2019-2024 sebanyak 4.636 sekolah. 

Selain rehabilitasi dan renovasi sekolah di tingkat SD, SMP, dan SMU, Kementerian PUPR juga memberikan dukungan sarana pendidikan di tingkat Perguruan Tinggi Negeri, termasuk pembangunan lanjutan Konstruksi Dalam Pengerjaan (KDP). Pada TA 2022 telah diselesaikan pembangunan sarana pendidikan untuk universitas dan politeknik sebanyak 25 unit, dan dilanjutkan TA 2023 sebanyak 9 unit. 

Hadir dalam acara Anugerah Merdeka Belajar 2023, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim. Turut mendampingi Sekjen Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah, Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Essy Asiah, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jateng-DIY Rien Marlia, dan Kepala BPPW D.I Yogyakarta Jonny Zainuri Echsan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BRI Insurance saat menerima penghargaan

Sabtu, 22 Juni 2024 - 21:31 WIB

BRI Insurance Raih Penghargaan Pertumbuhan Premi Sesi 2023 Terbesar

BRI Insurance (BRINS) kembali berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan dengan dianugerahi penghargaan dari MAIPARK Award 2024. Penghargaan yang diraih adalah Penghargaan ketegori Cedant…

Tecno Pova 6

Sabtu, 22 Juni 2024 - 18:36 WIB

Dibekali Baterai 6.000 mAh, Smartphone Tecno Pova 6 Bikin Gaming Always Menyala

Dengan kapasitas baterai 6.000 mAh yang terbesar pada seri Pova, Tecno Pova 6 membawa Super-Endurance Power System untuk memastikan daya tahan lama dengan pengisian ultra cepat untuk pengalaman…

Direktur Sales and Distribution BSI Anton Sukarna (Tengah) bersama dengan Direktur LJ Hooker Indonesia Oka Mahendra Kauripan (paling kiri), Direktur Lamudi Indonesia Mart Polman (dua dari kiri), Co Founder Ringkas Ilya Krastov (tiga dari kiri), Direktur Raywhite Indonesia Turky J. Bugri (tiga dari kanan), Direktur Era Indonesia Aan Andriani Sutrisno (dua dari kanan), dan Direktur Century 21 Indonesia Daniel Handojo.

Sabtu, 22 Juni 2024 - 16:40 WIB

Gandeng 17 Developer, BSI Tawarkan Promo Menarik Margin Setara 2,22%

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menggandeng 17 developer terkemuka di Tanah Air untuk memberikan akses pembiayaan rumah siap huni bagi masyarakat pada gelaran BSI International Expo 2024.…

Kawasan Industri Kendal

Sabtu, 22 Juni 2024 - 16:13 WIB

Sektor Industri Terkait Teknologi Terus Aktif Mencari Lahan Industri

Pertumbuhan industri modern cenderung memerlukan lahan yang lebih luas untuk menampung peralatan produksi dan fasilitas yang canggih.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto

Sabtu, 22 Juni 2024 - 15:58 WIB

Kinerja Moncer, Pengamat: Dico Ganinduto Layak Dipasangkan dengan Siapapun di Pilgub Jateng

Pengamat Politik Herry Mendrofa menilai jika Bupati Kendal Dico Ganinduto layak dipasangkan dengan siapapun untuk maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2024 mendatang.