Digelar Agustus, Muslim Edufest 2023 Hadirkan Ratusan Lembaga Pendidikan Islam Dunia

Oleh : Herry Barus | Jumat, 26 Mei 2023 - 15:06 WIB

Muslim Edufest 2023 Hadirkan Ratusan Lembaga Pendidikan Islam Dunia
Muslim Edufest 2023 Hadirkan Ratusan Lembaga Pendidikan Islam Dunia

INDUSTRY.co.id - Jakarta-  Animo masyarakat muslim terhadap pendidikan Islam di Indonesia terus bergairah. Hal itu terlihat dari banyaknya jumlah lembaga pendidikan Islam dan jumlah peserta didik yang ada di tanah air.

Berdasarkan data pada 2020, pendidikan Islam di Indonesia memiliki 350.059 lembaga dengan jumlah peserta didik sebanyak 29.335.506 orang. Capaian tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara yang memiliki lembaga pendidikan Islam terbanyak di dunia.

Tak bisa dipungkiri, krisis moralitas pada anak dan remaja seperti kasus kekerasan yang dilakukan oleh seorang anak kepada teman sebaya dan pergaulan bebas yang berdampak pada hal-hal tak diinginkan masih sering terjadi belakangan ini. Maraknya perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai ketimuran menjadikan pendidikan Islam sebagai solusi karena menekankan pada pendidikan berdasarkan akhlakul karimah Nabi Muhammad SAW.

Meski potensi lembaga pendidikan Indonesia menunjukkan tren positif, sayangnya pengetahuan masyarakat terhadap pendidikan Islam yang berkualitas masih kurang. Bahkan tak sedikit di antara orang tua yang tidak mengetahui dan bingung dalam menentukan pilihan lembaga pendidikan Islam yang berkualitas. Minimnya wadah informasi lembaga pendidikan Islam yang kredibel, menjadi salah satu penyebabnya.

Menjawab kegelisahan tersebut, PT Satu Tujuan Event (Satue Events) berkolaborasi dengan Lima Events  dan Bina Masyarakat Madani Indonesia (BMMI) menyelenggarakan Muslim Edufest 2023, yang rencananya menjadi konjungsi dalam satu rangkaian dari Indonesia Muslim Lifestyle Festival (Muslim Lifefest), sebuah pameran terbesar industri gaya hidup syariah dan halal di Indonesia --mencakup semua sektor industri gaya hidup syariah dan halal, yang diperhitungkan saat ini. Tahun ini menandai pelaksanaan  Muslim Lifefest yang ketiga setelah sebelumnya terselenggara pada 2019 dan 2022. Dan, untuk pertama kalinya Muslim Edufest dihadirkan bersamaan.

Selain sebagai sarana informasi lembaga pendidikan Islam yang komprehensif,  Muslim Edufest juga diselenggarakan sebagai bentuk dukungan penyelenggara terhadap cita-cita pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai pusat pendidikan Islam di dunia. Hal ini seperti disampaikan Presiden Joko Widodo saat datang dalam peresmian pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia

pada 2018. Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo optimis Indonesia yang berpenduduk muslim terbesar di dunia dapat menjadi rujukan peradaban Islam dunia di masa mendatang.

 “Muslim Edufest siap mendukung pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai pusat pendidikan Islam di dunia. Dengan berkolaborasi bersama  BMMI, kami berharap Muslim Edufest dapat memberikan ruang bagi masyarakat untuk mengenal pendidikan Islam secara holistik.” jelas Direktur PT Satue Tujuan Event, Bambang Setiawan.

Muslim Edufest 2023 akan digelar selama 3 hari pada 25-27 Agustus 2023 (8-10 Shafar 1445 H) di ICE BSD City, Tangerang. Sebanyak 176 exhihibitor dari berbagai sektor, mulai dari lembaga pendidikan nasional dan internasional, buku, perlengkapan sekolah, lembaga keuangan islam, lembaga pemerintahan, konsultan pendidikan bahkan hingga travel siap memeriahkan gelaran ini. Diharapkan setidaknya, lebih dari 30 ribu pengunjung yang terdiri orang tua dan calon siswa, pimpinan sekolah dan yayasan pendidikan, pemerhati pendidikan, guru & pengajar hingga konsultan pendidikan bisa saling bersilaturahmi.

Direktur Pengembangan Lembaga Pendidikan, Bina Masyarakat Madani Indonesia (BMMMI), Ust. Andi Gunawan mengatakan, dihadirkan Muslim Edufest pada Agustus ini merupakan waktu yang tepat bagi para orang tua untuk mencari referensi sekolah Islam, pesantren dan perguruan tinggi Islam, karena untuk sekolah-sekolah tertentu sudah banyak membuka pendaftaranya pada awal September, dan menutup pendaftarannya pada bulan Desember. Orang tua punya kesempatan yang besar untuk memilih menentukan lembaga pendidikan yang sesuai untuk anaknya,” paparnya.

Sebagai pameran pendidikan Islam terbesar di Indonesia, Muslim Edufest 2023 menampilkan ratusan sekolah berbasis Islam dari tingkat SD, SMP, SMA, boarding school, pondok pesantren, sekolah tahfidz hingga perguruan tinggi. Bagi anak yang memiliki kebutuhan khusus dalam proses belajar mengajar tak perlu khawatir karena informasi seputar homeschooling yang mengusung pendidikan Islam juga tersedia di sini.

Sejumlah lembaga pendidikan yang terkonfirmasi sebagai peserta pameran diantaranya, Bintang Pelajar, Insan Cendekia Madani, Al Wildan, Al Andalus, Mahad Aisyah, Al Hunafa, Future Gate, Al Ma’tuq, Aisyah Tahfidz BS, Hidayatullah Depok dan Nurul Fikri.

Tidak hanya berasal dari dalam negeri,  sejumlah lembaga pendidikan mancanegara seperti Malaysia, Yordania, Madinah dan sejumlah negara Timur Tengah juga berpartisipasi di pameran ini. Mereka memanfaatkan peluang Muslim Edufest sebagai sarana efektif untuk memperluas pasar dan berjejaring dengan sejumlah lembaga pendidikan di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Airlangga

Minggu, 21 Juli 2024 - 10:26 WIB

Fondasi Kuat, Menko Airlangga Prediksi Ekonomi RI Akan Tumbuh di Atas 5%

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengemukakan fondasi perekonomian nasional terus mengalami penguatan seiring dengan berbagai upaya yang telah dilakukan Pemerintah.…

Rakernas, ALDEI Mengakselerasi Industri Logistik Digital Ekonomi Menuju Indonesia Emas 2045

Minggu, 21 Juli 2024 - 09:33 WIB

Rakernas, ALDEI Mengakselerasi Industri Logistik Digital Ekonomi Menuju Indonesia Emas 2045

Jakarta-Rakernas ALDEI (Asosiasi Logistik Digital Economy Indonesia) tanggal 18 Juli di Paxel HQ, Jakarta yang dibuka dengan dukungan Dewan Pembina ALDEI, sekaligus Wakil Ketua Umum KADIN, Yukki…

Ketua DPR Puan Maharani

Minggu, 21 Juli 2024 - 08:59 WIB

Duh, MinyaKita Naik Harga dan Langka! Puan Maharani Minta Pemerintah Lakukan Ini...

Ketua DPR RI (H.C) Puan Maharani meminta Pemerintah untuk mengetatkan pengawasan terhadap distribusi minyak goreng bersubsidi merk MinyaKita yang harganya resmi mengalami kenaikan per Jumat…

Ilustrasi Pembangunan Smelter Freeport (Photo by CNN Indonesia)

Minggu, 21 Juli 2024 - 08:41 WIB

Mantap, Tuai Apresiasi! Smelter Freeport di Gresik Rampung, Siap Olah Konsentrat hingga 400 Ribu Ton Tahun Ini

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno menilai smelter yang dibangun oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) di Gresik secara tepat waktu dan lancar hingga memasuki masa beroperasi. Oleh karenanya,…

Industri furnitur

Minggu, 21 Juli 2024 - 08:28 WIB

Gandeng Perusahaan Industri, Menperin Agus Terus Tingkatkan Kualitas SDM Penopang Industri Furnitur

Secara keseluruhan, kinerja industri pengolahan tercatat menunjukkan level ekspansi, yang tecermin dari capaian Prompt Manufacturing Index-Bank Indonesia (PMI-BI) sebesar 51,97 persen pada triwulan…