Parade Indonesia Sukses Mencuri Perhatian Publik New York

Oleh : Herry Barus | Jumat, 26 Mei 2023 - 11:04 WIB

Parade Indonesia Sukses Mencuri Perhatian Publik New York
Parade Indonesia Sukses Mencuri Perhatian Publik New York

INDUSTRY.co.id - New York- Untuk pertama kalinya, jalan utama kota New York diwarnai oleh aneka kostum tradisional dan modern Indonesia dalam pawai budaya tahunan Asian American and Pacific Islander (AAPI) Cultural and Heritage Parade ke dua di kota New York.

Pada akhir minggu lalu, seratus warga diaspora Indonesia berjalan di jalan 6th Avenue mulai dari 44th street sampai 55th street Manhattan, yang setiap hari dipenuhi oleh warga kota maupun turis yang berkunjung di kota big apple ini. Mereka memakai beragam busana tradisional dari Jawa, Bali, Menado, Makassar hingga busana modern dan kontemporer.

Parade tahunan AAPI ke dua ini diikuti oleh lebih dari 1000 peserta dari Jpang, Korea, India, Tiongkok dan negara asia lainnya. Parade ini ditujukan untuk merayakan Bulan Warisan Asia (Asian Heritage Month) dimana seluruh warga asia di kota New York merayakan kebersamaan dan keberagaman seni dan budaya, serta menjadi bagian dari masyarakat kota dunia yang sangat majemuk dan multikultur.

“Kota New York mempunyai komunitas warga Indonesia yang cukup besar, kami sangat bangga Indonesia menjadi bagian dari event ini. Mereka bekerjasama untuk tampil dalam parade di jantung kota ini”, kata Manuel Castro, Komisaris Kantor Walikota New York Urusan Imigran. Castro bersama dengan Penasehat Khusus Hubungan Asia, Winnie Greco dan Anggota Dewan Kerjasama Asia, Cheryl Ting Zhang sangat kagum dengan parade Indonesia. Mereka bahkan masuk ke tengah barisan hanya untuk berfoto dengan kontingen parade Indonesia. Seperti dalam siaran persnya yang diterima Sabtu (26/05/2023.)

Dukungan Yel-yel “Indonesia” dari ratusan diaspora Indonesia dipinggir jalan semakin menyemangati para peserta parade bertema Indonesian Heritage yang sudah berkumpul dengan beragam baju tradisional sejak tiga jam sebelumnya. Mereka adalah perkumpulan diaspora True Friends New York, Parsadaan Bangsa Batak, mahasiswa, profesional, pengusaha, tokoh masyarakat, warga Amerika sahabat Indonesia hingga para diplomat yang tergabung dalam Sobat KJRI.

Parade semakin meriah dengan penampilan para influencer, model, aktor, musisi dan desainer Indonesia yang berkarir di kota New York, seperti Dexter, Andrea Turk, Jimmy Lim, Samuel Tobing, Amir Raffi Jones dan Deris Nagara. “Rasanya bangga banget bisa ikut parade Indonesia pertama di 6th Avenue, apalagi banyak penonton tepuk tangan dan terkesan melihat baju-baju daerah kita. Pengalaman yang tidak terlupakan”, kata Dexter, musisi muda lulusan Universitas New York yang mempunyai jutaan followers di Tik Tok.

Mata publik semakin terkejut dengan penampilan dua model Indonesia mengenakan busana Tradisional Kontemporer Modern yang terinspirasi oleh budaya Bali dan Kalimantan. “Saya sangat bangga memakai pakaian tradisi kontemporer modern Indonesia dari Bali, dan berjalan di Manhattan. This is history, I love Indonesia”, ujar Oliver Prasetyo, MC dan model Indonesia yang lahir dan berkarir di New York.

Sementara artis dan film maker Cheverly Amalia mengenakan busana yang diinspirasi oleh burung Enggang, salah satu hewan yang dilindungi di Kalimantan. “Walau baju ini berat, tetapi berjalan memakai busana kontemporer mengikuti parade yang panjang sambil menunjukkan budaya Indonesia di mata masyarakat internasional, it’s beyond universe. Bangga bisa membawa nama Indonesia di kota terbesar dunia, New York”, kata Chevy yang memproduseri sejumlah film di LA dan New York.

Sebagai kota fashion, keragaman desain mode, warna dan aksesoris selalu mendapatkan perhatian publik kota New York. Disinilah karya desainer New York keturunan Indonesia, Veska Naratama berhasil mencuri perhatian di antara peserta parade, Reincarnation by Veska, merupakan desain yang diinspirasi oleh pakaian pria Jawa abad 19. “Desain ini memadukan nilai-nilai tradisi ke dalam ruang modern, yang ditafsirkan kembali dalam kacamata mode dan musik rock tahun 80an”, jelas Veska desainer lulusan Fashion Institute of Technology (FIT), yang juga berkarir sebagai desainer di brand terkenal, Willy Chavarria.

Parade dibuka dengan seremoni dimana Walikota New York, Erick Adams turut parade bersama dengan para pejabat kota. “Saya sangat senang sekali. Untuk pertama kali Indonesia bisa hadir. Indonesia bisa tampil di dalam parade yang sangat prestisius, multikultural, dan persis dengan motto kita Bhineka Tunggal Ika, unity diversity. Semua orang bisa tahu kekayaan budaya Indonesia’, ujar Winanto Adi, Konsul Jenderal Republik Indonesia di New York. Seluruh peserta mulai dari ibu-ibu sampai anak-anak tampak terus bersemangat dan bernyanyi lagu-lagu nasional. Peserta dari Batak, tidak henti menari tor-tor, ada juga yang menari hanoman Jawa. Bahkan ada Pak Soeko, peserta berusia diatas 80 tahun berjalan gagah dengan baju adat jawa. Ada juga peserta yang baru mendapatkan kiriman baju tradisional dari Sulawesi Selatan minggu lalu.

Di Akhir parade, seluruh peserta bersama-sama menyanyi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

 “Alhamdulillah semua berjalan lancar, antusias teman-teman diaspora luar biasa, Kita bersatu membawa dan mempromosikan nama Indonesia”, kata Maya Naratama, Produser Indonesian Parade NYC.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Industri Kimia Hulu (Direktur IKHU), Wiwik Pudjiastuti

Jumat, 26 April 2024 - 11:32 WIB

Masih Banyak Sentimen Negatif, Kemenperin Tegaskan Impor PE dan PP Tak Perlu Pertimbangan Teknis

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

SIAM 2024 Maroko

Jumat, 26 April 2024 - 11:20 WIB

Kemenperin Perkenalkan Produk Mesin Pertanian Indonesia Kepada Pelaku Bisnis Maroko di SIAM Menkes 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko menggelar The Indonesia – Morocco Business Forum on Strengthening Industrial Cooperation dalam…

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…

Kerjasama di Hanover Messe

Jumat, 26 April 2024 - 10:14 WIB

Indonesia Jalin 13 Perjanjian Kerja Sama Industri Senilai Lebih dari Rp5 Triliun di Hannover Messe 2024

Keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2024 bertujuan untuk mewujudkan kerja sama industri dan penanaman modal asing. Pada penyelenggaraan ajang pameran industri terkemuka dan berpengaruh…

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

Jumat, 26 April 2024 - 09:59 WIB

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global kembali menghadirkan J&T Connect Run setelah menuai kesuksesan di tahun pertamanya pada 2023 lalu. Masih mengusung tema "Run Together, Share…