Safari Literasi Duta Baca Indonesia Di Sumba Timur, Gol A Gong Motivasi Anak-Anak Hobi Membaca

Oleh : Nina Karlita | Kamis, 25 Mei 2023 - 20:12 WIB

Duta Baca Indonesia, Gol A Gong, lakukan safari literasi ke Sumba Timur.
Duta Baca Indonesia, Gol A Gong, lakukan safari literasi ke Sumba Timur.

INDUSTRY.co.id - Sumba Timur, NTT - Dewasa ini, literasi tidak hanya tentang baca-tulis, namun justru terlibat dalam setiap aspek kehidupan manusia. Literasi terkait erat dan kuat hubungannya dengan akal budi dan pemantapan mental. 

Bupati Sumba Timur Khristofel Praing mengatakan pandangan literasi dikaitkan dengan kemantapan baca-tulis dapat dimaklumi karena buku adalah unsur vital literasi sejak dulu. Buku merupakan sumber pengetahuan luar biasa dalam dinamika kehidupan intelektual. 

“Sulit bayangkan literasi berjalan maksimal tanpa melibatkan buku dalam kehidupan manusia. Buku adalah media transmisi informasi efektif dari dulu hingga sekarang,” jelas Khrishtofel Praing ketika membuka Safari Literasi Duta Baca Indonesia di Waingapu, Kamis, (25/5). 

Literasi bukan hanya soal bebas buta aksara tapi bagaimana masyarakat memiliki kecakapan hidup agar mampu bersaing dan bersanding dengan bangsa lain untuk menciptakan kesejahteraan dunia.

Bangsa dengan budaya literasi tinggi ditunjukkan oleh kemampuannya dalam berkolaborasi, berpikir kritis, komunikatif, dan kreatif sehingga mampu memenangi persaingan global, tambah Bupati.

Kolaborasi dan kerja sama menjadi kata kunci untuk menjawab upaya mendorong literasi di masyarakat. Peran aktif pemerintah daerah amat diharapkan mengingat budaya literasi adalah hal yang esensial dan potensial bagi pertumbuhan pembangunan di daerah. 

“Namun, masih banyak daerah belum paham betul peranan perpustakaan dan budaya baca sehingga keberpihakan tentang literasi di daerah belum nampak,” beber Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas Adin Bondar. 

Adin menegaskan, tidak ada satu negara di dunia yang memiliki produktifitas yang kuat dan kesejahteraan tinggi tanpa perilaku gemar membaca yang kuat. Contoh, negara Finlandia yang tidak banyak memiliki sumber daya alam dan resources yang kuat tapi hidupnya sejahtera karena masyarakatnya pembelajar. 

“Mereka punya perilaku kuat untuk membaca. Ada transfer knowledge sehingga orang menjadi produktif, kreatif dan bisa meningkatkan kesejahteraan,” tambah Adin.

Sementara itu, Bunda Literasi Kabupaten Sumba Timur Periode 2023-2024 Merliaty Simanjuntak yang dikukuhkan pada kesempatan yang sama mengatakan budaya masyarakat Sumba Timur adalah bertutur atau bercerita.

Masyarakat Sumba Timur budayanya bercerita atau bertutur. Di Sumba Timur ini tidak ada aksara. Literasi di Sumba Timur ada pada cerita pada motif kain yang ditenun oleh masyarakat. Ini yang perlu dideskripsikan agar masyarakat luar mengerti budaya Sumba Timur,” terangnya.

Melalui perannya sebagai penggerak PPK dan Bunda Literasi, Merliaty juga akan memotivasi masyarakat melalui pendekatan dasawisma atau kelompok terkecil di masyarakat (RT). 

"Kami dorong mereka untuk membuka sudut baca sehingga anak-anak bisa mendapatkan cerita dan pengetahuan disana. Dengan begitu anak-anak akan berkreativitas lewat informasi dari buku dan cerita,” imbuhnya.

Safari Literasi DBI di Sumba Timur turut melibatkan 120 peserta didik tingkat Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak untuk mendengarkan dongeng bersama Pendongeng Sogi Indra Dhuaja.

Sogi mengajak orang tua untuk tidak takut memulai membacakan cerita untuk anak-anak mereka. Karena menurut Sogi membangun ikatan dengan anak bisa dilakukan melalui komunikasi salah satunya melalui bercerita.

“Jangan takut membacakan buku atau bercerita berulang. Bisa ditambahkan pengalaman kita juga untuk menjadi cerita menarik bagi anak. Sehingga bisa memicu daya imajinasi anak akan berkembang,” terangnya.

Duta Baca Indonesia, Heri Hendrayana atau yang akrab disapa Gol A Gong menceritakan kehidupan masa kecilnya yang secara rutin mendengarkan dongeng dari sang Ibu. Gol A Gong merasa mendapatkan manfaat yang baik dalam membentuk karakter.

"Kalau di rumah itu budaya tutur yang diterapkan oleh ibu saya. Tanpa saya sadari dari apa yang disampaikan saya jadi belajar tentang akhlak, karakter," ungkap Gol A Gong.

Tak hanya itu, penulis Balada Si Roy ini juga menyampaikan motivasi kepada anak-anak untuk selalu giat membaca. Dengan menjadikan membaca sebagai hobi maka seseorang akan menambah ilmu pengetahuan.

"Ketika saya membaca buku, saya dapat berimajinasi dan berkembang. Hingga hari ini dengan kebiasaan membaca buku, alhamdulillah saya dapat menulis buku," pungkas Gol A Gong.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…