Kampoeng Joglo, Wisata Baru Dekat Jakarta yang Dijamin Seru

Oleh : Ridwan | Kamis, 25 Mei 2023 - 20:05 WIB

Kampoeng Joglo
Kampoeng Joglo

INDUSTRY.co.id - Tanjung Lesung – Apakah kamu dalam waktu dekat ada rencana ingin liburan bareng keluarga di daerah sekitar Jakarta? Cobain wisata baru Kampoeng Joglo Tanjung Lesung aja, tempatnya unik dijamin seru lho!

Kampoeng Joglo sendiri ialah sebuah tempat wisata berupa perkampungan dengan rumah joglo asli di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung-Banten dan resmi dibuka untuk umum pada 18 Mei 2023. 

Desainer Migi Rihasalay dan suaminya Andrew James, pemilik Kampoeng Joglo, meresmikan Kampoeng Joglo yang selama enam tahun mereka bangun sejak tahun 2016. Adapun peresmian dilakukan bersamaan dengan acara 'Mitoni' yakni memperingati usia kehamilan Sang Istri yang sudah tujuh bulan 

"Akhirnya setelah perjuangan panjang selama enam tahun ini, kita bisa menyelesaikan pembangunan Kampoeng Joglo Tanjung Lesung ini. Dimana, dalam kompleks ini ada enam rumah joglo yang memang kita datangkan langsung dari Jawa yang diharapkan akan bisa jadi rumah kreasi bagi seniman di Indonesia kedepannya,“ Migi Rihasalay dalam grand opening pada Kamis (18/5/) lalu, di KEK Tanjung Lesung, Pandeglang- Banten.

Sementara suami Migi, Andrew James yang merupakan warga negara Australia menyatakan kecintaannya pada budaya Indonesia khususnya budaya Jawa memang coba diwujudkan melalui Kampoeng Joglo yang dibuatnya ini.

"Ini adalah warisan budaya Indonesia khususnya Jawa yang memang harus kita lestarikan. Sehingga kedepan kita bisa memotivasi anak bangsa Indonesia agar bisa menjaga warisan budayanya, tahu asal usul budayanya dan memotivasi mereka untuk terus berkarya dan Kampoeng Joglo yang ada di tanah Sunda ini bisa dijadikan tempat berkumpul para seniman untuk mau berkreasi secara aktif kedepannya," terangnya.

Menurut Migi, pembangunan Kampoeng Joglo ini impian Andrew sejak menginjakkan kaki di Indonesia tahun 1981 di Bali. Dan pada tahun 1990 saat tinggal di Pulau Jawa, Andrew semakin cinta dengan adat Jawa, termasuk bangunan joglo yang artistik dan serba kayu.

Kecintaan itu diwujudkannya membangun Kampoeng Joglo di dekat Jakarta, tepatnya kawasan pesisir KEK Tanjung Lesung, salah satu proyek kota mandiri dari PT Jababeka Tbk.

"Masing-masing joglo punya ciri khas sendiri dan sebagian usianya sudah mencapai ratusan tahun," ujar Migi.

Selain itu, tambah Migi, Kampoeng Joglo dilengkapi kamar-kamar dan balai serba guna tersebut  sebagai ajang kreatif para seniman.

Pasangan Andrew James dan Migi Rihasalay berharap kehadiran Kampoeng Joglo bisa bermanfaat bagi masyarakat setempat dan menjadi daya tarik pariwisata di Banten, khususnya KEK Tanjung Lesung.

"Sebagai kampung inspirasi dan bisa juga untuk berbagai acara, seperti pertunjukan seni, vanue wedding dan lain-lain," sambung Migi yang juga hobi melukis botol bekas dan lainnya.

Dalam kompleks Kampoeng Joglo Tanjung Lesung sendiri ada enam buah pendopo rumah Joglo yang bangunannya dibawa langsung dari beberapa daerah di Jawa Tengah dengan usia rata-rata rumah tersebut antara 100-300 tahun. 

Adapun enam rumah joglo yang masing-masing diberi nama tokoh wayang yaitu Gatotkaca, Bima, Srikandi, Dewi Khunti, Arjuna, dan Nakula. 

Sementara Arief Yahya Menteri Pariwisata 2014-2019 yang hadir dalam pembukaan tersebut mengapresiasi pembuatan Kampoeng Joglo Tanjung Lesung. Menurutnya, Kampoeng Joglo ialah “karya” yang luar biasa dan unik.

"Saya cukup mengapresiasi pembuatan Kampoeng Joglo di Tanjung Lesung ini. Karena berani menghadirkan budaya Jawa di tanah Sunda. Ini penting bagi kita karena kita memang terus membangun wajah pariwisata lewat 10 Bali Baru yang salah satunya di Tanjung Lesung ini. Harapannya, Kampoeng Joglo ini akan bisa jadi rumah industri pariwisata dan rumah bagi seniman Indonesia untuk masa depan kemajuan pariwisata khususnya di Tanjung Lesung," ungkap Arief Yahya.

Adapun dalam pembukaan Kampoeng Joglo dihadiri para tamu dari berbagai latar belakang, antara lain, Setyono Djuandi Darmono founder dan chairman PT Jababeka Tbk, Hyanto Wihadhi selaku Direktur PT Jababeka Tbk, Setiawan Mardjuki dari Manajeman Jababeka Hospitality, Alharmidi selaku Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Neneng Nuraeni selaku Kepala Dinas Pariwisata Kab Pandeglang sekaligus mewakili Bupati Pandeglang, Arief Yahya Menteri Pariwisata 2014-2019, Tinton Suprapto legenda motorsport Indonesia, dan Sigit Samsu ketua Indonesia Flying Club.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…