Kampoeng Joglo, Wisata Baru Dekat Jakarta yang Dijamin Seru

Oleh : Ridwan | Kamis, 25 Mei 2023 - 20:05 WIB

Kampoeng Joglo
Kampoeng Joglo

INDUSTRY.co.id - Tanjung Lesung – Apakah kamu dalam waktu dekat ada rencana ingin liburan bareng keluarga di daerah sekitar Jakarta? Cobain wisata baru Kampoeng Joglo Tanjung Lesung aja, tempatnya unik dijamin seru lho!

Kampoeng Joglo sendiri ialah sebuah tempat wisata berupa perkampungan dengan rumah joglo asli di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung-Banten dan resmi dibuka untuk umum pada 18 Mei 2023. 

Desainer Migi Rihasalay dan suaminya Andrew James, pemilik Kampoeng Joglo, meresmikan Kampoeng Joglo yang selama enam tahun mereka bangun sejak tahun 2016. Adapun peresmian dilakukan bersamaan dengan acara 'Mitoni' yakni memperingati usia kehamilan Sang Istri yang sudah tujuh bulan 

"Akhirnya setelah perjuangan panjang selama enam tahun ini, kita bisa menyelesaikan pembangunan Kampoeng Joglo Tanjung Lesung ini. Dimana, dalam kompleks ini ada enam rumah joglo yang memang kita datangkan langsung dari Jawa yang diharapkan akan bisa jadi rumah kreasi bagi seniman di Indonesia kedepannya,“ Migi Rihasalay dalam grand opening pada Kamis (18/5/) lalu, di KEK Tanjung Lesung, Pandeglang- Banten.

Sementara suami Migi, Andrew James yang merupakan warga negara Australia menyatakan kecintaannya pada budaya Indonesia khususnya budaya Jawa memang coba diwujudkan melalui Kampoeng Joglo yang dibuatnya ini.

"Ini adalah warisan budaya Indonesia khususnya Jawa yang memang harus kita lestarikan. Sehingga kedepan kita bisa memotivasi anak bangsa Indonesia agar bisa menjaga warisan budayanya, tahu asal usul budayanya dan memotivasi mereka untuk terus berkarya dan Kampoeng Joglo yang ada di tanah Sunda ini bisa dijadikan tempat berkumpul para seniman untuk mau berkreasi secara aktif kedepannya," terangnya.

Menurut Migi, pembangunan Kampoeng Joglo ini impian Andrew sejak menginjakkan kaki di Indonesia tahun 1981 di Bali. Dan pada tahun 1990 saat tinggal di Pulau Jawa, Andrew semakin cinta dengan adat Jawa, termasuk bangunan joglo yang artistik dan serba kayu.

Kecintaan itu diwujudkannya membangun Kampoeng Joglo di dekat Jakarta, tepatnya kawasan pesisir KEK Tanjung Lesung, salah satu proyek kota mandiri dari PT Jababeka Tbk.

"Masing-masing joglo punya ciri khas sendiri dan sebagian usianya sudah mencapai ratusan tahun," ujar Migi.

Selain itu, tambah Migi, Kampoeng Joglo dilengkapi kamar-kamar dan balai serba guna tersebut  sebagai ajang kreatif para seniman.

Pasangan Andrew James dan Migi Rihasalay berharap kehadiran Kampoeng Joglo bisa bermanfaat bagi masyarakat setempat dan menjadi daya tarik pariwisata di Banten, khususnya KEK Tanjung Lesung.

"Sebagai kampung inspirasi dan bisa juga untuk berbagai acara, seperti pertunjukan seni, vanue wedding dan lain-lain," sambung Migi yang juga hobi melukis botol bekas dan lainnya.

Dalam kompleks Kampoeng Joglo Tanjung Lesung sendiri ada enam buah pendopo rumah Joglo yang bangunannya dibawa langsung dari beberapa daerah di Jawa Tengah dengan usia rata-rata rumah tersebut antara 100-300 tahun. 

Adapun enam rumah joglo yang masing-masing diberi nama tokoh wayang yaitu Gatotkaca, Bima, Srikandi, Dewi Khunti, Arjuna, dan Nakula. 

Sementara Arief Yahya Menteri Pariwisata 2014-2019 yang hadir dalam pembukaan tersebut mengapresiasi pembuatan Kampoeng Joglo Tanjung Lesung. Menurutnya, Kampoeng Joglo ialah “karya” yang luar biasa dan unik.

"Saya cukup mengapresiasi pembuatan Kampoeng Joglo di Tanjung Lesung ini. Karena berani menghadirkan budaya Jawa di tanah Sunda. Ini penting bagi kita karena kita memang terus membangun wajah pariwisata lewat 10 Bali Baru yang salah satunya di Tanjung Lesung ini. Harapannya, Kampoeng Joglo ini akan bisa jadi rumah industri pariwisata dan rumah bagi seniman Indonesia untuk masa depan kemajuan pariwisata khususnya di Tanjung Lesung," ungkap Arief Yahya.

Adapun dalam pembukaan Kampoeng Joglo dihadiri para tamu dari berbagai latar belakang, antara lain, Setyono Djuandi Darmono founder dan chairman PT Jababeka Tbk, Hyanto Wihadhi selaku Direktur PT Jababeka Tbk, Setiawan Mardjuki dari Manajeman Jababeka Hospitality, Alharmidi selaku Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Neneng Nuraeni selaku Kepala Dinas Pariwisata Kab Pandeglang sekaligus mewakili Bupati Pandeglang, Arief Yahya Menteri Pariwisata 2014-2019, Tinton Suprapto legenda motorsport Indonesia, dan Sigit Samsu ketua Indonesia Flying Club.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prof Satyanegara diangkat sebagai MWA dan dihadiri SD Darmono pendiri Jababeka di President University

Jumat, 01 Maret 2024 - 19:47 WIB

Fakultas Kedokteran, President University, Angkat Prof. Satyanegara sebagai Ketua Wali Amanat

President University secara resmi mengangkat Prof. Dr. dr. Satyanegara, Sp.BS (K) sebagai Chairman of the Board of Trustees atau Ketua Wali Amanat Fakultas Kedokteran. Prosesi pengangkatan dilakukan…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan 10 Ruas Inpres Jalan Daerah di Kalimantan Timur Senilai Rp561 Miliar.

Jumat, 01 Maret 2024 - 19:25 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan 10 Ruas Inpres Jalan Daerah di Kalimantan Timur Senilai Rp561 Miliar.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan perbaikan 10 ruas jalan dan 1 jembatan di Kalimantan Timur yang dilaksanakan…

Presiden Jokowi Lakukan Topping-Off Hunian ASN-Hankam di IKN

Jumat, 01 Maret 2024 - 19:18 WIB

Presiden Jokowi Lakukan Topping-Off Hunian ASN-Hankam di IKN

Menter Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan Topping Off Hunian ASN dan Hankam di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan…

Diskusi Mengenai Obesitas dan Pemahaman Ilmiahnya pada Hari Obesitas Sedunia

Jumat, 01 Maret 2024 - 18:09 WIB

Cegah miskonsepsi, Novo Nordisk Indonesia Dorong Diskusi Mengenai Obesitas dan Pemahaman Ilmiahnya pada Hari Obesitas Sedunia

Obesitas dan obesitas sentral merupakan salah satu masalah kesehatan yang mengkhawatirkan di Indonesia. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskedas) 2018, prevalensi obesitas di kalangan…

Presiden Jokowi (ist)

Jumat, 01 Maret 2024 - 17:30 WIB

Dahsyat! IKN Magnet Baru Investasi, Jokowi: Yang Antre Banyak...

Ibu Kota Negara (IKN) tengah menjadi incaran para investor. Bak gadis cantik, investor rela antre untuk menanamkan modalnya di IKN. “Yang antre ini banyak, hanya mengatur di mana lahan yang…