Lifree Gelar Riset Bersama Untuk Hindari Risiko Luka Dekubitus Pada Lansia

Oleh : Nina Karlita | Kamis, 25 Mei 2023 - 12:28 WIB

Lifree tunjukkan hasil riset kurangi resiko luka dekubitus.
Lifree tunjukkan hasil riset kurangi resiko luka dekubitus.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Brand popok dewasa PT Uni-Charm Indonesia, Lifree menggelar konferensi pers bersama Clinical Research Supporting Unit - Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (CRSU-FKUI) serta Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes), dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). 

Konferensi Pers tersebut digelar untuk mengumumkan hasil riset yang telah dilakukan bersama (CRSU-FKUI), dimana produk popok dewasa Lifree terbukti dapat membantu memperbaiki kondisi kulit agar terhindar dari risiko luka dekubitus pada lansia. 

Sebagai brand No.1 yang menjadi market leader dalam kategori popok dewasa di Indonesia, Lifree bertekad terus berkontribusi untuk menekan nol kasus luka dekubitus melalui produk yang aman, berkualitas, dan sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Melihat dari latar belakang tersebut, kurangnya excretion care yang tepat untuk orang tua adalah salah satu penyebab tingginya angka luka dekubitus. 

Jumlah kejadian luka dekubitus di Indonesia cukup tinggi yaitu sekitar 33 persen. Sehingga perlu dilakukan penanganan dengan excretion care yang sesuai agar tidak semakin memburuk. 

Dari rasio tersebut, 40% diantaranya dinyatakan bahwa kasus terkena luka dekubitus terjadi saat berada di rumah” ungkap Ismiyati, Ketua Tim Kerja Sertifikasi dan Pengawasan Sarana Produksi, Kementerian Kesehatan. 

Lansia yang terkena dekubitus memerlukan perawatan yang khusus dibanding dengan lansia yang tidak memiliki masalah kulit, misalnya membersihkan area kulit yang terkena dekubitus dengan air hangat, memberikan minyak salep secara rutin, menggunakan bantal agar area kulit yang terkena dekubitus tidak menerima tekanan, merubah posisi tubuh lansia secara rutin dan lain sebagainya.

Di samping itu, edukasi perawatan terhadap lansia yang terkena luka dekubitus sangat penting untuk edukasi lanjut tidak hanya kepada para perawat di fasilitas kesehatan, tetapi juga kepada keluarga yang hidup dan tinggal bersama dengan lansia. 

Melihat kasus tersebut, Lifree bekerjasama dengan CRSU-FKUI melakukan riset untuk menuju nol kejadian luka dekubitus. 

Dari hasil riset tersebut diketahui bahwa rata-rata skor ruam iritasi kulit mengalami perbaikan setelah penggunaan 15 hari, untuk pengguna popok tipe perekat berkurang 24%, dan pengguna 2 Pieces Care berkurang 42%. 

“Kami juga telah memastikan tentang manfaat yang dirasakan terhadap kulit kepada 2 orang pengguna popok tipe perekat, dan 6 orang pengguna 2 Pieces Care. Oleh karena itu, kami juga berkesimpulan bahwa 2 Pieces Care yang memiliki dampak lebih besar terhadap perbaikan kondisi kulit, merupakan salah satu metode yang efektif untuk mencegah risiko terjadinya luka dekubitus”, ungkap Prof. dr. Kusmarinah Bramono.

Metode 2 Pieces Care merupakan metode excretion care yang menggabungkan penggunaan popok dewasa (tipe perekat maupun tipe celana) dengan pad penyerap. Metode ini mulai diterapkan oleh Lifree di Indonesia pada tahun 2021. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dato Sri Mohammed Shaheen raih APEA 2024.

Jumat, 21 Juni 2024 - 00:28 WIB

Sukses Kembangkan Riyaz Group, Dato Sri Mohammed Shaheen Raih APEA 2024

Dato Sri Mohammed Shaheen pun mengungkap rahasia suksesnya mengembangkan Riyaz Group hingga mendapatkan penghargaan APEA 2024.

Komitmen BPDPKS terhadap peremajaan sawit rakyat

Kamis, 20 Juni 2024 - 23:00 WIB

BPDPKS, Aspekpir dan PalmCo Dorong Percepatan PSR di Sumut dan Aceh

Ratusan petani kelapa sawit dari Provinsi Sumatra Utara dan Aceh mengikuti Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) Pola Kemitraan yang diselenggarakan di Medan,…

Modena dukung Ubud Food Festival 2024

Kamis, 20 Juni 2024 - 22:57 WIB

Modena Dukung Ubud Food Festival 2024, Lelang Kompor Freestanding

Didukung Modena, Ubud Food Festival 2024 bertujuan untuk merayakan keanekaragaman kuliner dan budaya Indonesia, serta menggalang dana guna mendukung program-program komunitas lokal.

Direktur Investasi PT ASABRI (Persero) Jeffry Haryadi P. Manullang didampingi Sekretaris Perusahaan, Okki Jatnika dan Kepala Kantor Cabang Utama Jakarta, Aris Karyawan bersama dengan Mitra Bayar Bank Mandiri Taspen yang diwakili oleh Distribution Head, Pande Putu Rambiawan menyerahkan manfaat Program Tabungan Hari Tua (THT) dan Jaminan Pensiun kepada Komjen Pol (Purn) Prof. Dr. Gatot Eddy Pramono, Msi

Kamis, 20 Juni 2024 - 22:46 WIB

Komjen Pol (Purn) Gatot Eddy Pramono Terima Pensiunan dari ASABRI

ASABRI Serahkan Manfaat Tabungan Hari Tua (THT) dan Jaminan Pensiun Pertama Kepada Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Komjen Pol (Purn) Gatot Eddy Pramono 

Wuling Alvez

Kamis, 20 Juni 2024 - 20:33 WIB

Harga Mulai Rp214 Juta, Wuling Alvez Paling Unggul di Segmen SUV Kompak

Wuling Motors turut meramaikan segmen sport utility vehicle (SUV) kompak dengan memasarkan Alvez. Memiliki segudang fitur dan spesifikasi, Alvez dinilai sebagai SUV kompak paling sepadan.