Polytama Sabet Penghargaan Indonesia Green & Sustainable Companies 2023 dalam Hal Pelestarian Lingkungan

Oleh : Hariyanto | Jumat, 19 Mei 2023 - 18:56 WIB

Polytama Sabet Penghargaan Indonesia Green & Sustainable Companies 2023 dalam Hal Pelestarian Lingkungan
Polytama Sabet Penghargaan Indonesia Green & Sustainable Companies 2023 dalam Hal Pelestarian Lingkungan

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Polytama membuktikannya dengan secara konsisten menjaga kualitas dan berhasil memperoleh berbagai penghargaan di bidang lingkungan, diantaranya selain apresiasi pada ajang PROPER yang telah diperoleh dalam tiga kali periode, kali ini Polytama juga berhasil meraih penghargaan serupa yaitu Indonesia Green & Sustainable Companies Award (IGSCA) 2023 yang diadakan oleh SWA Media Group. 

Mengangkat tema “Integrating Green & ESG Principles into Business: A Pathway for Sustainable Success”, IGSCA 2023 menjadi ajang penghargaan yang bertujuan mengapresiasi perusahaan dan lembaga pemerintahan di Indonesia yang sudah menerapkan strategi bisnis yang berkelanjutan dalam berbagai aspek, SDM, komunitas dan lingkungan dengan baik.

Berhasil meraih predikat tertinggi atau very good untuk kategori manufacturer Polytama membuktikannya dengan telah menerapkan konsep go green dan berkelanjutan, untuk apresiasi penghargaan ini merupakan perolehan yang kedua kalinya semenjak terakhir telah berhasil diraih pada tahun 2020. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pihak SWA sebagai penyelenggara dan tentu para dewan juri semoga Polytama sebagai produsen polipropilena dapat terus mengimplementasikan berbagai inovasi melalui program-program perusahaan kami dalam aspek lingkungan serta memperkuat sinergi dengan seluruh stakeholder untuk kesejahteraan masyarakat," kata Dwinanto Kurniawan, Direktur Commercial & Support Polytama yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (19/5/2023).

Melalui ajang penghargaan ini, dari segi penilaian tersebut yaitu Perusahaan harus memiliki kesadaran menjalankan perusahaan sesuai pilar-pilar Sustainable Development Goals (SDGs) dan Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam operasionalnya.

Polytama sebagai salah satu penghasil polipropilena (pp) yang terkemuka di Indonesia, telah menerapkan circular economy, hal ini ditunjukkan melalui salah satu program community development Polytama yaitu I-MASARO (Indramayu Manajemen Sampah Zero) sebagai program untuk melakukan pengolahan sampah menjadi barang ekonomis bagi masyarakat. 

Polipropilena merupakan jenis plastik yang aman serta direkomendasikan sebagai kemasan makanan panas yang dapat digunakan pada microwave. Selain itu, merupakan sebuah solusi untuk beradaptasi dengan kondisi saat ini, dimana plastik berperan menggantikan material seperti metal, kertas, kayu dimana plastik lebih mudah didapat dan mudah digunakan ulang. 

Saat ini plastik bergeser menjadi suatu permasalahan dan menjadi isu, namun bagaimana pola pikir negatif terhadap plastik ini dapat diubah bahwa bagaimana isunya bukanlah dari plastik yang menjadi sumber permasalahan namun cara dari setiap individu dapat mengelola sampah secara bijak atau waste management.

Polytama juga mendukung penuh sustainable business. Oleh karena itu, Polytama membangun budaya berkelanjutan dengan menggali semua potensi, berinovasi, serta memastikan kehidupan saat ini dan masa depan untuk semua generasi. 

Perhelatan Indonesia Green & Sustainable Companies Award (IGSCA) 2023 merupakan cermin pengingat bahwa di masa tengah pertumbuhan, perusahaan - perusahaan juga harus dapat terus konsisten berada di jalur penerapan prinsip-prinsip green serta menjadi sebuah apresiasi.  

Penyerahan penghargaan ini diberikan secara langsung oleh Kemal E. Gani selaku Chief Editor SWA Media Group didampingi Bapak Sonny Keraf mantan menteri KLHK periode tahun 1999-2001 kepada Dwinanto Kurniawan selaku Direktur Commercial & Support yang bertempat di Hotel Shangri-la, Jakarta.

“Penghargaan ini merupakan sebuah bukti tentang bagaimana pihak industri dapat menggunakan kekuatan bisnisnya dalam membawa dampak yang baik bagi lingkungan dan masyarakat khususnya di area Polytama beroperasi” tambah Dwinanto. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…