Bisnis Lelang dan Efisiensi Picu Pendapatan ASLC Meningkat Sebesar 91,6% di Kuartal-I 2023

Oleh : Hariyanto | Rabu, 03 Mei 2023 - 13:46 WIB

Ilustrasi Showroom Mobil Bekas
Ilustrasi Showroom Mobil Bekas

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC), sebuah perusahaan perdagangan otomotif omnichannel yang terdaftar dan bergerak dalam penjualan ritel mobil bekas (Caroline.ID) dan lelang mobil (JBA), mencatat pertumbuhan pendapatan yang signifikan sebesar 91,6% YoY menjadi Rp 133,4 miliar pada Q1-2023. 

Peningkatan yang signifikan ini didorong oleh penjualan mobil bekas melalui Caroline.id yang terus membuka lebih banyak showroom sepanjang Q1-2023. Hingga April tahun ini, Caroline.id mengoperasikan 12 showroom.

Perusahaan ini mengantisipasi peningkatan bisnis mobil bekasnya pada tahun 2023 berdasarkan beberapa faktor. Pertama, penjualan mobil baru telah kembali ke level pra-pandemi, yang akan memiliki efek trickle-down pada permintaan mobil bekas. Hal ini terutama terjadi karena mobil baru cenderung semakin mahal setiap tahunnya, sehingga mobil bekas dianggap sebagai alternatif yang relatif lebih murah. 

Selain itu, pertumbuhan permintaan kredit kendaraan baru selama 4 kuartal terakhir akan menghasilkan pengambilalihan pasokan kendaraan yang lebih tinggi, sehingga kendaraan yang akan dijual melalui lelang pada tahun 2023 juga akan meningkat. Pada Q1-2023, peningkatan volume lelang JBA menjadi 19.373 unit (+8,81 % QoQ dan +6.16% YoY) sejalan dengan pertumbuhan permintaan kredit kendaraan sejak Q1-2022.

"Kami senang melaporkan bahwa bisnis lelang kami mengalami perbaikan, berkat berbagai langkah efisiensi yang kami terapkan pada tahun 2022, menghasilkan hasil positif tahun ini. Selain itu, bisnis baru kami, Caroline.id, yang beroperasi sebagai bisnis dealer mobil bekas, telah memainkan peran penting dalam mendorong pertumbuhan pendapatan ASLC yang luar biasa pada Q1-2023," ujar Jany Candra, Direktur Utama Autopedia Sukses Lestariyang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (3/5/2023).

Perusahaan mencatat biaya pendapatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, sejalan dengan sifat umum bisnis dealer mobil bekas, di mana Caroline.id harus membeli stok persediaan kendaraan. Caroline.id adalah bisnis baru yang dimulai oleh ASLC pada awal 2022, sedang aktif melakukan ekspansi dan saat ini mengoperasikan 12 showroom. 

Selain itu, Caroline.id juga memiliki customer touch point melalui jaringan ASSA dan JBA sebagai titik pembelian. Pada Q1-2023, Caroline.id berhasil mencatat penjualan mobil sebanyak 610 unit, naik 172,3% YoY, dibandingkan dengan 224 unit pada Q1-2022 ketika bisnis tersebut pertama kali dimulai.

Laba kotor meningkat 7,1% QoQ dan 13,7% YoY menjadi Rp 38,43 miliar, didorong oleh pemulihan lebih lanjut dalam bisnis lelang JBA. Laba kotor JBA naik 17,7% QoQ dan 19,4% YoY menjadi Rp 38,3 miliar berkat pertumbuhan pendapatan dari bisnis lelang sebesar 19,0% QoQ dan 21,0% YoY sejalan dengan pemulihan volume lelang. Penjualan yang lebih tinggi dan OPEX yang relatif stabil menghasilkan keuntungan operasi yang lebih tinggi bagi JBA sebesar 94,5% YoY menjadi Rp 13,51 miliar.

Rasio OPEX-to-sales keseluruhan perusahaan lebih rendah pada Q1-2023 yaitu 31,6% dibandingkan dengan 45,6% pada Q1-2022. Hal ini terjadi karena tindakan efisiensi biaya yang berkelanjutan oleh Autopedia. Secara keseluruhan, ASLC berhasil mencatat pertumbuhan laba bersih sebesar 11% YoY menjadi Rp 2,2 miliar pada Q1-2023, dibandingkan dengan Rp 2 miliar pada Q1-2022. 

Kinerja yang lebih baik didorong oleh bisnis lelang yang mulai menunjukkan peningkatan permintaan, serta efisiensi perusahaan dan peningkatan pendapatan yang signifikan. Pada tingkat saat ini, Perusahaan mempertahankan ekspektasinya bahwa ASLC akan terus mencatat laba bersih di tingkat grup pada akhir tahun ini.

ASLC akan mempertahankan momentum pertumbuhan pada tahun 2023 dengan mengejar strategi ekspansinya untuk meningkatkan kesadaran merek dan mengoptimalkan semua segmen bisnisnya untuk mencapai profitabilitas yang lebih baik. Pada bulan Maret, ASLC meluncurkan toko Flagship terbesarnya untuk Caroline.id di Gading Serpong, membuka showroom baru di Depok, memindahkan showroom-nya di Bekasi-Sultan Agung, dan merenovasi showroom-nya di Bekasi-Tambun. 

Selain itu, dalam upaya untuk meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan, Caroline.id baru-baru ini memperkenalkan program jaminan 7G+ untuk semua pembelian mobil di Caroline.

 

 

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.