SCTV Berebut Rangking 1-2 TV Nasional

Oleh : Herry Barus | Rabu, 12 April 2023 - 11:24 WIB

Harsiwi Achmad dan Banardi Rachmad
Harsiwi Achmad dan Banardi Rachmad

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Dua stasiun milik EMTEK grup yakni SCTV dan Indosiar selama bulan Ramadan Raihan rating beberapa program unggulannya seperti Para Pencari Tuhan jilid 16 dan sinetron religi remaja, Bidadari Surgamu menempati rating teratas. Sementara Indosiar berkat program Aksi dan sinetron Magic mampu meraih penonton yang signifikan. Sehingga dua stasiun kakak'beradik berebut rangking satu dan dua.

"Alhamdulillah rating share kami, SCTV dan Indosiar selalu satu dan dua secara bergantian, ditambah Mentari TV yang mampu menerobos masuk 5 besar televisi nasional. Membuat kami meraih 50 persen jumlah penonton televisi nasional," ujar Harsiwi Achmad Direktur Program SCM yang kali ini mewakili Indosiar dan diamini Banardi Rachmad Deputy Director Programming SCTV saat menggelar buka bersama awak media Selasa (11/4/2023)

Selain program hiburan yang menjadi andalan Raihan rating, program sepak bola liga 1 juga menjadi favorit pemirsa.

"Sepakbola juga menjadi tontonan favorit pemirsa Indosiar, meski juara liga 1 sudah diraih PSM Makassar tapi untuk menentukan siapa juara 2 dan tiga juga nggak kalah seru. Karena yang memperbut tim tim besar seperti Persija, Persebaya dan Persib yang memiliki fans fanatik," kata Harsiwi.

Sementara Banardi Rachmad mengakui kalau SCTV memang mengandalkan program sinetron sebagai ujung tombak meraih rating. Pihaknya selalu memikirkan bagaimana menghadirkan sinetron yang tidak saja menghibur tapi juga tuntunan.

"Kami ingin menghadirkan sinetron Para Pencari Tuhan menjadi reguler, tapi ternyata untuk membuat cerita yang berkualitas dan penuh isi tidak mudah. Makanya kami hanya akan menghadirkan PPT pas bulan Ramadan," ujar Banardi.

Yang mengejutkan kehadiran TV digital

Mentari TV yang dirilis  secara resmi  pada 6 Januari 2021. Stasiun TV digital ini berada di bawah Surya Citra Media (SCM).

Meski televisi baru, Mentari TV membuahkan capaian jumlah penonton yang signifikan sehingga meraih posisi 5 besar. Kalau pun harus turun, ia berada di posisi 6 besar berdasarkan data yang diungkap akun Instagram @indotvtrends.

Hal tersebut dibenarkan Harsiwi Achmad selaku Direktur Programing SCM atas capaian membanggakan Mentari TV. Dia menyebut, performanya meningkat drastis setelah TV analog disuntik mati dan masyarakat secara total beralih keTV digital.

"Dengan adanya analog switch off, kita promosikan berbarengan menjadikan Mentari TV langsung dikenal. Dengan adanya TV analog dimatikan, ternyata penonton anak luar biasa," ungkap perempuan yang akrab disapa Bu Siwi.

Keunggulan Mentari TV, ia mengambil fokus pada program-program anak. Ia selalu memutar tayangan anak yang sifatmya menghibur dan tidak mengarahkan anak ke hal-hal negatif.

Sejumlah tayangan anak yang ada di Mentari TV yaitu Tayo, Pororo, dan yang lainnya. Di bulan Ramadan ini, ada juga program yang menampilkan tayangan Cipung.

Menurut Harsiwi Achmad, pada beberapa daerah Mentari TV mendominasi bahkan berada di urutan pertama mengalah stasiun televisi yang sudah berumur.

"Di Semarang misalnya, Mentari TV nomor satu malah menggeser kami (Indosiar- SCTV)," tandas Harsiwi Achmad.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…