Platform sourcing terbesar industri TPT di Indonesia, Indo Intertex – Inatex 2023 Akselerator Pertumbuhan Industri TPT

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 29 Maret 2023 - 15:35 WIB

Ki-ka: (1) Ignatius Warsito: DirJen Industri Kimia, Tekstil dan Farmasi. Kementrian Perindustrian. (2), Paul Kingsen: Project Director Peraga Expo. (3). Hengky Iriawan: Presiden Direktur Peraga Expo.
Ki-ka: (1) Ignatius Warsito: DirJen Industri Kimia, Tekstil dan Farmasi. Kementrian Perindustrian. (2), Paul Kingsen: Project Director Peraga Expo. (3). Hengky Iriawan: Presiden Direktur Peraga Expo.

INDUSTRY.co.id, Jakarta – Pameran industri TPT (Tekstil dan Produk Tekstil) terlengkap bertaraf internasional Indo Intertex – Inatex 2023 kembali digelar mulai hari ini Rabu, 29 Maret hingga 31 Maret 2023 di Jakarta International Expo Kemayoran. Lebih dari 500 perusahaan dari 18 negara Asia dan Eropa hadir menampilkan produk dan inovasi terknologi terbaru dari mesin tekstil dan garmen, bahan baku, mesin digital printing, kimia tekstil, aksesoris serta produk tekstil lainnya.

“Sebagai akselerator bisnis untuk industri TPT dan fashion nasional, Indo Intertaex – Inatex 2023 mempertemukan seluruh profesional di industri tekstil dan fashion yang ingin saling berkolaborasi, berbagi ilmu, dan mengembangkan bisnis mereka bersama, serta menyajikan hasil penelitian mereka mengenai perkembangan teknologi dan material termutakhir,” ujar Paul Kingsen, Project Director Peraga Expo selaku penyelenggara pameran.

Indo Intertex dan Inatex memainkan peran penting sebagai platform yang kredibel untuk melakukan transformasi industri tekstil dan garmen lokal dengan memperkenalkan teknologi baru di dunia. Kedua pameran saling terkait yakni Indo Intertex menghadirkan permesinan dan peralatan. Sedangkan Inatex menghadirkan bahan baku serat, benang, kain, pakaian jadi, aksesories/zipper/button/belt dan produk Industri Nonwoven. Beberapa nama besar di industri tekstil yang berpartisipasi di pameran tahun ini antara lain APR, OBOR, INDOHOSE, DALIATEX, dll. Teknologi-teknologi yang diperkenalkan adalah teknologi massive yang mendukung konsep industri ramah lingkungan. 

Peraga Expo telah mengembangkan teknologi platform interaktif online guna mempertemukan para exhibitor dan pengunjung menggunakan aplikasi Texmatch. Melalui aplikasi ini memungkinkan mereka berinteraksi secara langsung, sebelum dan sesudah acara sekaligus membuka peluang baru. Peraga Expo tidak menetapkan target transaksi selama pameran berlangsung mengingat Indo Intertex – Inatex bersifat business to business (B2B). Namun melihat kesuksesan tahun lalu, dengan segala pemberlakuan pembatasan kegiatan sehubungan dengan pandemi, Indo Intertex 2022 mampu mencatat total transaksi sebesar US$ 75 juta yang perhitungannya dilakukan secara tidak resmi. “Dilihat dari tipe mesin di tahun ini, kelihatannya bisa tumbuh 10% jadi sekitar US$ 82,5 juta,” jelas Paul Kingsen.

Berbicara pada saat pembukaan pameran Indo Intertex – Inatex 2023, Jemmy Kartiwa Sastraatmaja, Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia menyambut baik inisiatif pemerintah untuk tegas melarang impor baju bekas. Industri TPT adalah industri padat karya dimana tenaga kerja perlu dibayar rutin sementara penghasilan berdasarkan rata-rata hanya 60%. “Artinya produktivitas tidak mencakup kebutuhan untuk memenuhi biaya operasional. Sehingga saat ini Sektor TPT sangat berharap sekali bantuan pemerintah dalam hal ini untuk mengatasi salah satunya import baju bekas yang makin marak,” jelas Jemmy.

Keberadaan produk thrifting sangat mengganggu perkembangan produk dalam negeri. Biaya yang mereka keluarkan minim dibanding jika harus produksi sendiri seperti pengusaha. Namun mereka bisa menggaet pasar karna biaya rendah dan tentu merugikan pasar negeri sendiri.

Selain pameran, digelar pula berbagai acara seminar mengangkat topik-topik kekinian yang menarik mengenai Trend Reka warna Tekstil, Fashionpreneur Workshop, Strategi Industri TPT Hadapi Krisis Berkepanjangan yang diselenggarakan oleh asosiasi-asosiasi dan mitra pendukung. Indo Interetx – Inatex 2023 didukung penuh oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), dan Asosiasi Produsen Serat dan Benang Filament Indonesia (APSyFI).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Foto kiri-kanan (Markus Rozano Antar Prasetyo - Bung Kepra selaku Ketua Koordinator Pergelaran; Dirjen Bimas Budha Supriyadi; Ketua Umum Panitia Acara Siddhartha The Musical, Sutina Irsan)

Sabtu, 25 Mei 2024 - 02:40 WIB

Keren! Hadir Kembali Setelah 17 Tahun, Siddhartha The Musical Sukses Hipnotis Warga Jakarta

Jakarta- Kerinduan warga Jakarta, khususnya umat Budha akan Siddhartha The Musical akhirnya terobati. Penampilan para seniman panggung Siddharta The Musical sukses menghipnotis warga yang memadati…

[Ki-Ka] M. Ade Kurniawan - CEO of ACSI, Jaja Ahmad Subarja - President Director of ACSI Corp, Yusup

Jumat, 24 Mei 2024 - 21:22 WIB

Kukuhkan Kepemimpinan Teknologi Lingkungan, Cetta Akuisisi EAS.ai

Akuisisi EAS.ai akan memperkuat posisi Cetta sebagai pemimpin dalam industri teknologi lingkungan di Indonesia dengan mengembangkan kemampuan teknologi AI-nya serta membuka peluang pasar baru.

Kegiatan CSR PT Krakatau Sarana Properti

Jumat, 24 Mei 2024 - 16:48 WIB

PT. Krakatau Sarana Properti Gelar Kegiatan CSR Bidang Pendidikan dan Lingkungan di Provinsi Banten

PT. Krakatau Sarana Properti (KSP) baru saja menggelar aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) yang rutin dilaksanakan di wilayah Cilegon maupun juga disekitar daerah Provinsi Banten.…

Apartemen

Jumat, 24 Mei 2024 - 15:42 WIB

Sentimen Positif Dorong Permintaan Apartemen di Jakarta Selama Paruh Kedua Tahun 2024

Colliers memperkirakan permintaan apartemen di Jakarta akan mengalami peningkatan sepanjang sisa semester tahun ini, terutama pada paruh kedua dengan penetapan pemerintahan baru dan kondisi…

PT Charoen Pokphand Indonesia

Jumat, 24 Mei 2024 - 15:18 WIB

Citi Indonesia Rampungkan Kesepakatan Fasilitas Kredit Sindikasi Bergulir untuk Charoen Pokphand

Citibank Indonesia (Citi Indonesia), bertindak sebagai Bank Koordinator Tunggal, telah sukses menyelesaikan kesepakatan fasilitas kredit sindikasi bergulir (syndicated revolving credit facilities)…