Diskusi Fenomena Film Horor di Sanggar Teater Populer

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 18 Maret 2023 - 09:43 WIB

Slamet Rahardjo
Slamet Rahardjo

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Sebagai  upaya ikut merayakan Hari Film Nasional Forum Wartawan Hiburan dengan dukungan Direktorat Perfilman Musik dan Media Baru - Kemendikbud Dikti menggelar diskusi seputar Industri film dengan mengusung tema #Film Horor Naik Kelas, Dari Grade B ke Genre Bergengsi. Diskusi berlangsung di Sanggar Teater Populer, Kebon Pala, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu, 18 Maret 2023 ini.

Dimas Supriyanto dari FORWAN, selaku penanggungjawab diskusi menyatakan, film horor berjasa besar menghadirkan kembali penonton ke bioskop setelah dua tahun terakhir mati suri akibat pandemi global Covid-19. Film horor seperti produk UKM yang tahan krisis, dengan konsumen jutaan namun kurang mendapat ulasan serius dari pengamat film karya karya drama lainnya.

"Kesuksesan film KKN di Desa Penari dan Pengabdi Setan yang penontonnya di atas lima juta membuktikan kalau film horor tidak bisa dianggap remeh dan dipandang sebelah mata di industri film nasional," ujar Dimas Supriyanto wartawan senior, menjelang acara.

Diskusi film menghadirikan narasumber berkompeten, khususnya di genre film horor yakni Joko Anwar sutradara film Pengabdi Setan, Djonny Syafruddin, pengusaha bioskop yang juga ketua Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia ( GPBSI), serta  H Firman Bintang produser yang membuat film bertema film horor dan terbukti laku di pasaran.

Sementara itu Sutrisno Buyil selaku Ketua Forwan menyatakan, sebagai produk industri, kehadiran jutaan penonton bioskop dengan dukungan finansial lewat pembelian tiket bioskopnya jelas berperan dalam kemajuan perfilman nasional, yang tak boleh dinafikkan.

“Kiranya semua pihak merawat gairah penonton selain meningkatkan kualitasnya, “ kata Sutrisno Buyil.

Sementara Joko Anwar yang tengah sibuk syuting film terbarunya, mengaku bangga menjadi bagian diskusi insan film yang digagas FORWAN. Ini berbagi pengalaman kepada peserta diskusi.

"Kultur Indonesia yang sangat dekat dengan mitologi dan mistisisme membuat film horror menjadi asset terbesar industri film Indonesia. Jika diperlakukan dengan baik, film horror bisa jadi ujung tombak ekspor kultur pop kita di dunia.,"  Ujar Joko Anwar yang sukses menggarao film Pengabdi Setan ini

Di tempat yang sama Aktor dan Sutradara Slamet Rahardjo selaku pengelola sanggar Teeater Populer menyampaikan dukungan penyelenggaraan diskusi film di sanggarnya dan memastikan hadir di tengah acara. Juga pejabat dari Kementrian Dikbud Dikti. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Selasa, 16 April 2024 - 13:53 WIB

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Penerapan sistem kerja hybrid di Indonesia semakin bertambah. Survei Logitech mengenai "Hybrid Work Trend & Insights Indonesia 2023" menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan (27%) dalam…

Xiaomi Ramadan Xtra

Selasa, 16 April 2024 - 10:48 WIB

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Hadirkan Potongan Harga Hingga 800 Ribu Rupiah

Ramadan 2024 menjadi istimewa karena suasana telah kembali normal, memungkinkan setiap orang sepenuhnya mengabdikan diri pada ibadah, doa, serta memperkuat ikatan keluarga dan kerabat.

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Selasa, 16 April 2024 - 10:12 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bersama Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan arus…