Diskusi Fenomena Film Horor di Sanggar Teater Populer

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 18 Maret 2023 - 09:43 WIB

Slamet Rahardjo
Slamet Rahardjo

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Sebagai  upaya ikut merayakan Hari Film Nasional Forum Wartawan Hiburan dengan dukungan Direktorat Perfilman Musik dan Media Baru - Kemendikbud Dikti menggelar diskusi seputar Industri film dengan mengusung tema #Film Horor Naik Kelas, Dari Grade B ke Genre Bergengsi. Diskusi berlangsung di Sanggar Teater Populer, Kebon Pala, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu, 18 Maret 2023 ini.

Dimas Supriyanto dari FORWAN, selaku penanggungjawab diskusi menyatakan, film horor berjasa besar menghadirkan kembali penonton ke bioskop setelah dua tahun terakhir mati suri akibat pandemi global Covid-19. Film horor seperti produk UKM yang tahan krisis, dengan konsumen jutaan namun kurang mendapat ulasan serius dari pengamat film karya karya drama lainnya.

"Kesuksesan film KKN di Desa Penari dan Pengabdi Setan yang penontonnya di atas lima juta membuktikan kalau film horor tidak bisa dianggap remeh dan dipandang sebelah mata di industri film nasional," ujar Dimas Supriyanto wartawan senior, menjelang acara.

Diskusi film menghadirikan narasumber berkompeten, khususnya di genre film horor yakni Joko Anwar sutradara film Pengabdi Setan, Djonny Syafruddin, pengusaha bioskop yang juga ketua Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia ( GPBSI), serta  H Firman Bintang produser yang membuat film bertema film horor dan terbukti laku di pasaran.

Sementara itu Sutrisno Buyil selaku Ketua Forwan menyatakan, sebagai produk industri, kehadiran jutaan penonton bioskop dengan dukungan finansial lewat pembelian tiket bioskopnya jelas berperan dalam kemajuan perfilman nasional, yang tak boleh dinafikkan.

“Kiranya semua pihak merawat gairah penonton selain meningkatkan kualitasnya, “ kata Sutrisno Buyil.

Sementara Joko Anwar yang tengah sibuk syuting film terbarunya, mengaku bangga menjadi bagian diskusi insan film yang digagas FORWAN. Ini berbagi pengalaman kepada peserta diskusi.

"Kultur Indonesia yang sangat dekat dengan mitologi dan mistisisme membuat film horror menjadi asset terbesar industri film Indonesia. Jika diperlakukan dengan baik, film horror bisa jadi ujung tombak ekspor kultur pop kita di dunia.,"  Ujar Joko Anwar yang sukses menggarao film Pengabdi Setan ini

Di tempat yang sama Aktor dan Sutradara Slamet Rahardjo selaku pengelola sanggar Teeater Populer menyampaikan dukungan penyelenggaraan diskusi film di sanggarnya dan memastikan hadir di tengah acara. Juga pejabat dari Kementrian Dikbud Dikti. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Arfindi Batubara (Marketing Director LIXIL Water Technology Indonesia) dan Hasan Alatas (Head of HOIRe by Lifetime Design)

Sabtu, 13 Juli 2024 - 23:33 WIB

American Standard Warnai Instalasi Rumah Dalam Mall Arief Muhammad

Koleksi terbaru American Standard itu tampil di kids bathroom dalam instalasi rumah-dalam-mall The House Within hasil kolaborasi Lifetime Design dengan Arief Muhammad.

Karyawan SBI Pabrik Cilacap saat menyiapkan semen kantong yang siap kirim di emplasemen kereta api Karangtalun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:35 WIB

Dinilai Memiliki Kinerja Menjanjikan, SIG Masuk Daftar Konstituen Indeks PEFINDO i-Grade

Jakarta– Saham PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) ditetapkan sebagai konstituen PEFINDO Investment Grade Index (Indeks PEFINDO i-Grade) periode Juli - Desember 2024 oleh PT Pemeringkat…

Fidi Sjamsoedin, Director Marketing & Innovation Sababay WInery

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:13 WIB

Sababay Winery Luncurkan SANGRIA Dengan Perpaduan Rasa Unik Dari Buah Dan Rempah Indonesia

Pelopor dalam industri wine Indonesia, Sababay Winery meluncurkan Sababay SANGRIA! Kaya akan rempah-rempah dan buah-buahan asli Indonesia, Sababay SANGRIA hadir dengan rasa yang unik.

Progres Pemulihan PDNS 2, 86 Layanan Telah Aktif

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:12 WIB

Menko Hadi Sampaikan Kabar! Progres Pemulihan Pusat Data Nasional Sementara 2, 86 Layanan Telah Aktif

Jakarta-Pemulihan layanan pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 telah bertambah menjadi 86 layanan, yang berasal dari 16 tenant.

PJI Company of The Year Competition

Sabtu, 13 Juli 2024 - 15:17 WIB

PJI, Zurich, Starbucks, dan AIG Bersinergi Bawa Pelajar Indonesia ke Kompetisi Wirausaha Tingkat Global

Untuk merayakan puncak program edukasi kewirausahaan Student Company, Prestasi Junior Indonesia (PJI) dengan dukungan Zurich Indonesia, Z Zurich Foundation, The Starbucks Foundation, Starbucks…