Bos Kideco Beberkan Peran Penting Perempuan di Industri Energi

Oleh : Ridwan | Sabtu, 11 Maret 2023 - 19:52 WIB

Pekerja perempuan di industri energi (Ist)
Pekerja perempuan di industri energi (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Perempuan punya peran yang penting di industri energi, termasuk di industri pertambangan. 

Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung (Kideco), Mohammad Kurnia Ariawan menjelaskan bahwa perempuan sebagai bagian dari para pekerja, mampu membangun komunikasi yang baik, multi-tasking, meningkatan kreativitas, serta meningkatkan fokus pada detail pekerjaan.

“Perempuan berperan besar dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Perempuan memiliki potensi dan kemampuan untuk berkontribusi dan turut berkarya dalam pembangunan bangsa Indonesia," kata Mohammad Kurnia Ariawan pada acara International Women’s Day (IWD) 2023, di Jakarta, (8/3). 

Dirinya menambahkan bahwa Kideco telah mencapai proporsi karyawan perempuan sebanyak 15% di tahun 2022. Di Kideco saat ini terdapat 112 orang pekerja perempuan. Sebagian besarnya, yakni sebanyak 84 orang perempuan bekerja di lokasi tambang. Sisanya sebanyak 28 orang bekerja di kantor pusat Kideco di Jakarta. 

Menurut dia, Kideco yang merupakan perusahaan energi terintegrasi PT Indika Energy Tbk, akan terus meningkatkan jumlah pekerja perempuan. Hal itu menurut Mohammad Kurnia Ariawan  sejalan dengan Kideco new objective ESG target untuk tahun 2023 – 2025, pada aspek kesetaraan gender. 

"Dengan semakin banyaknya perempuan yang bekerja di industri tambang, Kideco menyadari dengan adanya karyawan perempuan sebagai bagian dari para pekerja yang ada, mereka mampu membangun komunikasi yang baik, multi-tasking, peningkatan kreativitas, serta meningkatkan fokus pada detail pekerjaan," terangnya.

Tema internasional IWD adalah 'Innovation and technology for gender equality.' Muhammad Kurnia Ariawan mengatakan bahwa merujuk pada tema tersebut, program pemberdayaan perempuan di Kideco difokuskan ke dalam tiga kategori utama yaitu: penguatan perempuan di tempat kerja, penguatan perempuan di loka pasar yang bekerja sama dengan istri karyawan Kideco, serta penguatan perempuan di komunitas yang bekerja sama dengan masyarakat. 

Menurut Kurnia Ariawan, melalui tiga kategori tersebut Kideco menempatkan perempuan sebagai bagian penting dalam proses bisnis perusahaan, serta memberikan kesempatan yang luas untuk menempati posisi strategis sesuai dengan talenta dan kebutuhan yang ada di dalam perusahaan. 

"Karyawan perempuan juga dikembangkan tingkat kompetensinya dan didorong untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan. Kideco meyakini keberagaman adalah aset yang penting dalam memperkuat organisasi," tandas Kurnia Ariawan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Workshop dan Raker Forjukafi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 19:23 WIB

Indonesia Diproyeksi Menjadi Negara Produsen Wakaf di Dunia

Dengan potensinya yang besar, Indonesia diproyeksi menjadi salah satu negara produsen wakaf terbesar di dunia. Untuk mewujudkan hal tersebut pemerintah bahkan telah memasukan keuangan syariah…

Danamon Ajak Nasabah Menavigasi Hidup Optimal dan Raih Kesejahteraan Finansial di IIMS 2024

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:54 WIB

Danamon Ajak Nasabah Menavigasi Hidup Optimal dan Raih Kesejahteraan Finansial di IIMS 2024

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) bersama dengan Fimela, Otoasia.com, dan KIS FM, menghadirkan edukasi tentang pencapaian hidup optimal melalui hobi dan kesejahteraan finansial.…

Big Bad Wolf Books gelar Pekan Grosir di ITC Kuningan Jakarta.

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:50 WIB

Big Bad Wolf Books Gelar Pekan Grosir Perdana di Jakarta

Big Bad Wolf Books (BBW) hadirkan Pekan Grosir BBW di ITC Kuningan Jakarta. Hadirkan koleksi buku-buku berkualitas dari berbagai genre dengan harga grosir yang mencengangkan.

Peserta Raker dan Workshop Forjukafi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:09 WIB

Wakaf Uang Perlu Akselerasi Agar Potensinya yang Sebesar Ro 180 Triliun Terserap

Wakaf uang merupakan salah satu jenis wakaf yang memiliki potensi sangat besar di Indonesia. Potensinya mencapai RP 180 triliun per tahun. Meski begitu sejak dicanangkan sejak 2010, potensi…

Petugas memberikan vaksinasi ke Sapi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 14:46 WIB

Kementan Kendalikan PMK di Pasuruan, Ingatkan Pentingnya Vaksinasi Rutin

Menindaklanjuti adanya pemberitaan terkait kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di Pasuruan, Jawa Timur, Kementerian Pertanian melalui Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen…