Surveyor Indonesia Redam Gizi Buruk di Papua

Oleh : Wiyanto | Jumat, 10 Maret 2023 - 18:28 WIB

Anak-anak di Papua yang menerima ketahanan pangan
Anak-anak di Papua yang menerima ketahanan pangan

INDUSTRY.co.id-Jakarta-PT Surveyor Indonesia bekerjasama dengan Kitong Bisa Foundation menangani masalah gizi buruk di Papua melalui Program Ketahanan Pangan di tiga Kitong Bisa Learning Center (KBLC). 

Kegiatan yang dilaksanakan berupa penguatan proses pembelajaran yang berkaitan dengan ketahanan pangan di Indonesia dan peningkatan gizi melalui pemberian makanan tambahan, memberikan media tanam kepada tiga Pusat Belajar/KBLC, dan alat ukur tumbuh kembang anak.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko, Rosmanidar Zulkifli, mengatakan program tersebut serentak diterapkan di KBLC Timika, KBLC Sorong, dan KBLC Yapen. “Program ketahanan pangan merupakan intervensi terbaik di Papua. Semoga bermanfaat untuk mengatasi gizi buruk,” ujarnya.

Program ini melibatkan 12 tenaga pengajar dan seratusan siswa dari tiga KBLC, pihak eksternal dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia, serta konselor gizi. Anak didik KBLC umumnya berusia 6-14 tahun. Mereka mengikuti serial kegiatan antara lain: praktik penanaman bibit di KBLC, pemberian makanan ke warga belajar dengan konsep Isi Piringku dari Kementerian Kesehatan, edukasi terkait gizi anak, dan praktik timbang untuk anak di KBLC. 

“Diharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman tenaga pengajar di pusat belajar terkait ketahanan pangan dan siswa gizi, tumbuh kembang anak,” ujar Rosmanidar. Staf Khusus Presiden Republik Indonesia Bidang Inovasi, Pendidikan, dan Pembangunan Daerah Terluar, Billy Mambrasar mengapresiasi PT Surveyor Indonesia yang memiliki kepedulian pada sektor ketahanan pangan yang tengah memiliki isu global. 

“Kami mengapresiasi seluruh pihak atas keterlibatan dalam kegiatan ini. PT Surveyor Indonesia telah nyata membangun Indonesia Timur . KBF pun terus menjadi mitra resmi pembangunan Bappenas,” ujarnya. 

Billy melanjutkan, pihaknya juga mengapresiasi PT Surveyor Indonesia yang mendorong kemitraan kota dalam mencapai target SDGs dengan menggandeng KBF sebagai salah satu NGO terkemuka di Indonesia. “Isu ketahanan pangan menjadi isu mendasar dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di sebuah provinsi, dengan salah satu indikator IPM adalah kesehatan. Tanpa ketahanan pangan terutama untuk anak-anak usia sekolah, maka timbul berbagai permasalahan seperti stunting dan gizi buruk yang menghambat proses pendidikan,” katanya. 

Karena itu, pihaknya berterima kasih dengan kepedulian PT Surveyor Indonesia untuk menangani isu ketahanan pangan dan berharap kerjasama terus berlanjut seiring KBF semakin bertumbuh dan memperluas wilayah jangkauan. “Kemitraan KBF dan PT Surveyor Indonesia diharapkan akan terus diperluas guna menciptakan dampak lebih luas dan turut serta membangun negeri. Terima kasih PT Surveyor Indonesia,” tambahnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.