Ketua Umum IMI Lantik 23 Ketua IMI Provinsi

Oleh : Herry Barus | Minggu, 19 Februari 2023 - 06:00 WIB

Ketua Umum IMI Lantik 23 Ketua IMI Provinsi
Ketua Umum IMI Lantik 23 Ketua IMI Provinsi

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengesahkan hasil Rapat Koordinasi Teknis IMI 2022 menjadi Program Kerja IMI Tahun 2023. Pengesahan dilakukan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IMI Tahun 2022.

"Secara garis besar, Program Kerja IMI Tahun 2023 terbagi dalam bidang keorganisasian, olahraga mobil dan motor, serta mobilitas. Untuk keorganisasian, IMI menargetkan pembentukan IMI Provinsi di empat provinsi baru Papua, yaitu Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Papua Barat Daya, bisa terbentuk pada Juni 2023. Begitupun dengan pembentukan IMI Kabupaten/Kota se-Indonesia, yang diharapkan dapat selesai seluruhnya pada Juni 2023," ujar Bamsoet dalam Rakernas IMI Tahun 2022, di Jakarta, Sabtu (18/2/23).

Turut hadir para pengurus pleno IMI Pusat antara lain Sekretaris Jenderal Ahmad Sahroni, Bendahara Umum Iwan Budi Buana, Ketua Badan Pengawas Jeffrey JP, serta para Wakil Ketua Umum antara lain M. Riyanto, Sadikin Aksa, Ananda Mikola, Junaidi Elvis, dan Tengku Irvan Bahran. Hadir pula 34 Ketua IMI Provinsi se-Indonesia.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, pada tahun 2023 IMI akan memfasilitasi 8 putaran kejuaraan internasional balap mobil dan motor. Untuk kejuaraan internasional balap mobil terdiri dari FIA Formula E 2023 sebanyak dua putaran pada 3 dan 4 Juni 2023 di Jakarta International ePrix Circuit (JIEC) Ancol, Jakarta. Kemudian Asia Pacific Rally Championship (APRC) 2023 sebanyak dua putaran pada 22-23 September 2023 serta 24-26 November 2023 di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.

"Untuk kejuaraan internasional balap motor antara lain, World Superbike (WSBK) pada 3-5 Maret 2023 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, NTB. Kejuaraan Dunia Motocross (MXGP) sebanyak dua putaran pada 25 Juni 2023 di Samota Rocket Motor Circuit, Sumbawa, NTB serta 2 Juli 2023 di Lombok, NTB. Puncaknya MotoGP 2023 pada 13-15 Oktober 2023 di Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok, NTB," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila dan Wakil Ketua Umum FKPPI/Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menerangkan, untuk kejuaraan nasional balap mobil akan diselenggarakan sebanyak 51 putaran. Terdiri dari balap mobil 7 putaran, drag race 8 putaran, karting 6 putaran, speed rally 4 putaran, sprint rally 6 putaran, speed offroad 5 putaran, slalom 5 putaran, time rally 5 putaran, dan drifting 5 putaran.

Sedangkan olahraga sepeda motor nasional diselenggarakan sebanyak 53 putaran. Terdiri dari motoprix 17 putaran, drag bike 12 putaran, motocross 1 putaran, grasstrack 22 putaran, dan Enduro rally 1 putaran. Selain itu ada juga kejuaraan setingkat nasional yakni Indonesia Motoprix Championship (IMC) - Oneprix sebanyak 5 putaran.

"Di bidang mobilitas, setelah Jambore Nasional 2022 sukses diselenggarakan di Bali dibawah koordinasi IMI Bali dengan dihadiri ribuan para pecinta otomotif dari berbagai klub/komunitas otomotif se-Indonesia. Pada tahun 2023 ini IMI akan kembali menyelenggarakan Jambore Nasional yang akan diselenggarakan di Jawa Timur, dibawah koordinasi IMI Jawa Timur. Selain untuk merekatkan ikatan soliditas para pecinta otomotif, juga untuk memberikan multiplier effect economy yang besar bagi perekonomian Jawa Timur. Ditargetkan ribuan pecinta otomotif dari berbagai klub otomotif se-Indonesia akan kembali hadir dalam Jambore Nasional IMI 2023," pungkas Bamsoet. (*)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…

Pelita Air

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:51 WIB

Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran 2024, Pelita Air Siapkan 273 Ribu Kursi Penerbangan

Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai medium service, menyiapkan 273 ribu kursi penerbangan selama periode angkutan lebaran pada 3 hingga 18 April 2024. Hal ini dilakukan untuk mendukung…