Menperin Berharap Kerjasama di Sektor Industri Baja Bisa Berjalan dan Tak Terlalu Lama

Oleh : Ridwan | Senin, 10 Juli 2017 - 14:49 WIB

Menperin Airlangga Hartarto di pabrik baja Posco (dok-kemenperin)
Menperin Airlangga Hartarto di pabrik baja Posco (dok-kemenperin)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengungkapkan, kunjungan kerjanya pabrik baja Posco, Korea Selatan, mengenai program 10 juta ton baja yang berkaitan dengan pengembangan roadmap industri baja nasional.

"Kita bahas bagaimana yang 10 juta ton bisa direalisasikan lebih cepat," ungkap Airlangga Hartarto seusai acara Halal Bihalal seluruh karyawan kementerian Perindustrian di Ruang Garuda kemenperin, Jakarta (10/7/2017).

Seperti diketahui, PT Krakatau Steel dan Posco telah berkomitmen untuk mendukung pembangunan klaster 10 juta ton baja di kawasan Cilegon, Banten. "Dengan beroperasinya pabrik tersebut, diharapkan industri baja hilir bisa semakin tumbuh," katanya.

Selain itu, dalam kunjungannya ke Korea Selatan, Menperin juga membahas pendalaman struktur otomotif dengan PT Nippon steel untuk kontroling meel. Seperti diketahui, PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dan Nippon Steel & Sumitomo Metal Corporation telah menggagas perusahaan joint venture yaitu PT Krakatau Nippon Steel Sumikin (KNSS) sejak lima tahun lalu.

"Pabrik KNSS akan memproduksi baja lembaran untuk industri otomotif dengan kapasitas mencapai 500.000 ton per tahun. Ditargetkan awal September sudah mulai beroperasi," terangnya.

Lebih lanjut, Airlangga berharap kerjasama ini supaya bisa berjalan, tidak perlu terlalu lama. Karena kalau dari sisi jilir sudah ada JFE dan Nippon Steel. "kalau kita punya 10 juta ton baja per tahun, pasarnya bukan hanya di Indonesia saja, tetapi juga di ASEAN," tutupnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelaran Wisuda ke-30 UNSADA

Sabtu, 28 November 2020 - 17:17 WIB

Masa Pandemi, UNSADA Gelar Wisuda ke-30 Secara Virtual

Pada Tahun Akademik 2020/2021 ini UNSADA berhasil meluluskan sebanyak 814 wisudawan yang terdiri dari 15 orang master dari 1 program studi jenjang pendidikan S2, 770 orang sarjana dari 12 program…

Bhayangkara FC

Sabtu, 28 November 2020 - 17:00 WIB

Bhayangkara FC akan Berhome Base di Solo

Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo menyambut positif rencana klub Liga 1, Bhayangkara FC berhome base di Solo. Walikota yang akrab disapa Rudy menyebut pihaknya sangat senang bila Bhayangkara FC…

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyaksikan sapi milik peternak

Sabtu, 28 November 2020 - 15:04 WIB

Mentan Syahrul Pantau Aktivitas Jual Beli Pasar Ternak Tallunglipu

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meninjau Pasar Hewan Ternak di Kelurahan Tallunglipu, Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu (28/11). Di sana, Mentan memantau…

Pelabunan Patimban Jawa Barat (Foto Ist)

Sabtu, 28 November 2020 - 15:00 WIB

Sinergi Pelabuhan Patimban dan Tanjung Priok Tingkatkan Efisiensi Biaya Logistik

Kehadiran Pelabuhan Patimban yang disinergikan dengan Pelabuhan Tanjung Priok diharapkan dapat mengefisiensikan waktu dan biaya logistik. Khususnya untuk menekan biaya logistik nasional dan…

Wisuda nasional unit pendidikan di lingkungan Kemenperin

Sabtu, 28 November 2020 - 14:50 WIB

Gelar Wisuda Nasional Secara Virtual, Kemenperin Kembali Telurkan Ribuan SDM Industri Kompeten

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) melaksanakan wisuda nasional untuk seluruh unit pendidikan di lingkungan Kementerian Perindustrian (Kemenperin).