Menkes Budi Resmikan DTO Space, Markas Tim Transformasi Digital Kesehatan

Oleh : Hariyanto | Rabu, 25 Januari 2023 - 10:18 WIB

Peresmian DTO Space Kementerian Kesehatan
Peresmian DTO Space Kementerian Kesehatan

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi G. Sadikin meresmikan DTO Space yang menjadi markas bagi tim percepatan transformasi digital kesehatan, Digital Transformation Office (DTO), di kompleks Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jumat (20/1/2023).

‘DTO Space’ merupakan nama yang dipilih untuk menyebut ruang kerja Tim DTO yang berlokasi di Gedung Prof. Sujudi Kemenkes RI dengan merenovasi dan memanfaatkan fasilitas ruang yang ada di wilayah perkantoran Kementerian Kesehatan di Rasuna Said.

Dalam sambutannya, Menkes Budi memberikan selamat atas tersedianya fasilitas baru, sekaligus apresiasi kepada Tim DTO yang telah menghadirkan berbagai inovasi di masa pandemi melalui pemanfaatan kemajuan teknologi demi mengoptimalisasi pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Ada enam pilar transformasi kesehatan. DTO sendiri memiliki peranan penting dalam mewujudkan pilar keenam, yaitu transformasi teknologi kesehatan. Semoga DTO Space dapat menjadi ruang kerja yang memadai dalam mewujudkan misi tersebut,” kata Menkes Budi.

Menkes Budi berharap hadirnya kantor berkonsep open space ini dapat menciptakan ruang kerja yang nyaman demi percepatan pengembangan inovasi teknologi dan layanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia serta dalam menghadapi tantangan kesehatan global di masa depan.

Menkes menjelaskan, misi transformasi digital kesehatan tersebut telah dimulai hadirnya platform standardisasi dan integrasi data kesehatan individu antar fasyankes dalam bentuk rekam medis elektronik (RME) bernama SATUSEHAT.

Platform SATUSEHAT sendiri akan menjadi bagian dari arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) nasional untuk menghasilkan layanan publik yang terintegrasi di bidang kesehatan sesuai dengan ketentuan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 132 Tahun 2022.

“Bersama Ditjen Yankes, Pusdatin-DTO berperan dalam pelaksanaan teknis pengembangan platform SATUSEHAT. Hal ini selaras dengan visi pemerintah dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan dan layanan berbasis elektronik,” kata Menkes Budi.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB), Abdullah Azwar Anas yang turut hadir dalam acara tersebut juga menyampaikan selamat atas fasilitas baru yang ditempati oleh Tim DTO, serta mengapresiasi atas upaya Tim DTO yang turut mewujudkan arsitektur SPBE nasional.

“Apa yang telah dilakukan Kemenkes RI merupakan bagian dari upaya penguatan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik, dan saya apresiasi sebesar-besarnya atas inisiasi integrasi data kesehatan individu dengan hadirnya platform SATUSEHAT,” kata Menteri PANRB Anas.

Anas mengaku Kementerian PANRB akan mendukung penuh upaya yang telah dilakukan oleh Kemenkes RI. “Tentunya, kolaborasi ini sangat baik. Dengan digitalisasi, tata kelola maupun pelayanan yang diberikan oleh pemerintah dapat lebih efisien dan mudah dijangkau oleh masyarakat,” tutup Anas.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance

Kamis, 18 April 2024 - 17:08 WIB

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance, Solusi Warisan Finansial Keluarga

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank HSBC Indonesia (Bank HSBC) kembali memperkuat kemitraan dan kanal distribusi bancassurance melalui peluncuran produk perlindungan…

Pameran umkm BNI di Singapura

Kamis, 18 April 2024 - 16:59 WIB

BNI Dukung UMKM Tembus Pasar Singapura di Pameran Indonesia in SG

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung UMKM Indonesia untuk go global.