Menkes Budi Resmikan DTO Space, Markas Tim Transformasi Digital Kesehatan

Oleh : Hariyanto | Rabu, 25 Januari 2023 - 10:18 WIB

Peresmian DTO Space Kementerian Kesehatan
Peresmian DTO Space Kementerian Kesehatan

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi G. Sadikin meresmikan DTO Space yang menjadi markas bagi tim percepatan transformasi digital kesehatan, Digital Transformation Office (DTO), di kompleks Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jumat (20/1/2023).

‘DTO Space’ merupakan nama yang dipilih untuk menyebut ruang kerja Tim DTO yang berlokasi di Gedung Prof. Sujudi Kemenkes RI dengan merenovasi dan memanfaatkan fasilitas ruang yang ada di wilayah perkantoran Kementerian Kesehatan di Rasuna Said.

Dalam sambutannya, Menkes Budi memberikan selamat atas tersedianya fasilitas baru, sekaligus apresiasi kepada Tim DTO yang telah menghadirkan berbagai inovasi di masa pandemi melalui pemanfaatan kemajuan teknologi demi mengoptimalisasi pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Ada enam pilar transformasi kesehatan. DTO sendiri memiliki peranan penting dalam mewujudkan pilar keenam, yaitu transformasi teknologi kesehatan. Semoga DTO Space dapat menjadi ruang kerja yang memadai dalam mewujudkan misi tersebut,” kata Menkes Budi.

Menkes Budi berharap hadirnya kantor berkonsep open space ini dapat menciptakan ruang kerja yang nyaman demi percepatan pengembangan inovasi teknologi dan layanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia serta dalam menghadapi tantangan kesehatan global di masa depan.

Menkes menjelaskan, misi transformasi digital kesehatan tersebut telah dimulai hadirnya platform standardisasi dan integrasi data kesehatan individu antar fasyankes dalam bentuk rekam medis elektronik (RME) bernama SATUSEHAT.

Platform SATUSEHAT sendiri akan menjadi bagian dari arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) nasional untuk menghasilkan layanan publik yang terintegrasi di bidang kesehatan sesuai dengan ketentuan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 132 Tahun 2022.

“Bersama Ditjen Yankes, Pusdatin-DTO berperan dalam pelaksanaan teknis pengembangan platform SATUSEHAT. Hal ini selaras dengan visi pemerintah dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan dan layanan berbasis elektronik,” kata Menkes Budi.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB), Abdullah Azwar Anas yang turut hadir dalam acara tersebut juga menyampaikan selamat atas fasilitas baru yang ditempati oleh Tim DTO, serta mengapresiasi atas upaya Tim DTO yang turut mewujudkan arsitektur SPBE nasional.

“Apa yang telah dilakukan Kemenkes RI merupakan bagian dari upaya penguatan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik, dan saya apresiasi sebesar-besarnya atas inisiasi integrasi data kesehatan individu dengan hadirnya platform SATUSEHAT,” kata Menteri PANRB Anas.

Anas mengaku Kementerian PANRB akan mendukung penuh upaya yang telah dilakukan oleh Kemenkes RI. “Tentunya, kolaborasi ini sangat baik. Dengan digitalisasi, tata kelola maupun pelayanan yang diberikan oleh pemerintah dapat lebih efisien dan mudah dijangkau oleh masyarakat,” tutup Anas.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Velline Ayu

Jumat, 27 Januari 2023 - 12:10 WIB

Velline Ayu Minta Maaf Kepada Pasangan Rizky Billar & Resty Kejora

Kasus edit mengedit video sehingga tidak utuh dan menimbulkan tafsir berbeda kembali muncul. Kali ini menimpa pedangdut yang juga peramal kartu Tarot Velline Ayu.

Indomilk Hadirkan Workshop Signature Beverage di Malang

Jumat, 27 Januari 2023 - 12:03 WIB

Indomilk Hadirkan Workshop Signature Beverage di Malang

Indomilk–bagian dari PT Indofood CBP Tbk–berupaya memaksimalkan dan menerapkan prinsip ekonomi kreatif dan sirkular melalui Workshop Signature Beverage--bagian dari rangkaian kegiatan Indomilk…

Didik Junaidi Rachbini

Jumat, 27 Januari 2023 - 10:53 WIB

Stadium General LK-1 HMI Universitas Paramadina Jakarta

Peran Intelektual Muda/Mahasiswa Sebagai Episentrum Gerakan dalam Mencerdaskan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja (Foto Ist)

Jumat, 27 Januari 2023 - 10:39 WIB

BCA Tutup Tahun 2022 Dengan Pertumbuhan Total Kredit Sebesar 11,7% YoY

Capaian ini mendukung dana giro dan tabungan (CASA) naik 10,6% YoY di Desember 2022. Di sisi profitabilitas, laba bersih BCA dan entitas anak mencapai Rp40,7 triliun di tahun 2022, atau tumbuh…

Turnamen Mobile Legend PINTU dan RRQ

Jumat, 27 Januari 2023 - 10:04 WIB

PINTU Gandeng Team Esports RRQ Gelar Turnamen Mobile Legend Berhadiah Aset Crypto

Rex Regum Qeon atau lebih dikenal dengan RRQ klub esports asal Indonesia menggandeng PT Pintu Kemana Saja dengan brand PINTU selaku sponsor menggelar turnamen bertajuk PINTU BATTLEGROUND; MLBB…