Surya Grand Cisoka, Komplek Pergudangan yang Tawarkan Investasi 'Engga' Bakal Rugi

Oleh : Ridwan | Kamis, 12 Januari 2023 - 06:45 WIB

Surya Grand Cisoka
Surya Grand Cisoka

INDUSTRY.co.id - Tangerang - Permintaan ruang pergudangan dalam 2 (dua) tahun terakhir semakin meningkat tajam, seiring dengan berkembangnya bisnis e-commerce di Tanah Air.

Banyak perusahaan raksasa di sektor e-commerce dan jasa pengiriman lebih memilih konsep pergudangan modern saat ini.

Fenomena inilah yang memompa PT Surya Semesta Perkasa Group untuk terus menghadirkan produk-produk baru di komplek pergudangan Surya Grand Cisoka (SGC) di Kabupaten Tangerang, Banten.

Dikelola dengan estate management, Surya Grand Cisoka memiliki pihan unit sangat variatif mulai dari yang berukuran kecil yaitu 7 x 30 meter dengan harga Rp1,2 miliar, ujuran 9x30 meter (2 lantai) Rp 1,4 miliaran, 11x40 meter (2 lantai) Rp2,2 miliaran, dan 14x30 meter (2 lantai) Rp 2,2 miliaran.

"Tipe 7 x 30 meter memang banyak diminati perusahaan logistik, dan saat ini pun sudah sold out. Kita sedang pasarkan yang ukuran 14 x 30 meter saat ini. Menariknya ruas jalan semua pergudangan ini besarnya 20 meter," kata Rita Megawati selaku Kordinator Pemasaran Pergudangan SGC saat berbincang dengan awak media di Tangerang (11/1).

Rita yang merupakan Expert Property Consultant dan juga Principal LJ Hooker Gading Serpong mengatakan, Kabupaten Tangerang memiliki lahan potensial yang banyak dimanfaatkan untuk pergudangan, seiring tumbuhnya permintaan gudang untuk produk non industri seperti farmasi, makanan, consumer goods hingga menjadi ruang logistik.

Menurutnya, kawasan Kabupaten Tangerang beberapa areanya merupakan kawasan industri, dan Surya Semesta Perkasa Group sudah berpengalaman mengembangkan komplek pergudangan melihat potensi tersebut. 

“Dua proyek yang sudah dikembangkan adalah Surya Kadu di kawasan Jatake dan Surya Balaraja di Balaraja dan keduanya sudah sold out,” jelas Rita.

Lebih lanjut, Rita Megawati mengungkapkan bahwa sejak dikembangkan tahun 2019, hingga kini sudah terjual lebih dari 100 unit. Meski demikian, ia mengakui bahwa pandemi Covid-19 membuat pemasaran tertahan. 

Namun, jelas Rita, pada semester II-2021 mulai bergerak lagi dan permintaannya meningkat. "Konsumen atau investor tak lagi menahan diri dan harus membelanjakan uangnya agar berputar, hingga kini permintaan terus meningkat, tiap bulan bisa 4 unit terjual,” jelasnya.

“Mereka melihat opportunity, dan saya edukasi bahwa komplek pergudangan di SGC ini memiliki kelebihan banyak, salah satunya adalah yield, beda dengan ruko. Saya contohkan seperti di Serpong ruko dengan harga Rp5 miliar disewakan perbulan hanya Rp100 juta, sedangan di SGC unit gudang dengan harga Rp1,2 miliar harga sewanya bisa Rp90 juta pertahun," papar Rita.

Menurut Rita, edukasi ini untuk memberikan keputusan cepat pada konsumen yang rata-rata adalah pengambil keputusan. Konsumen gudang adalah owner langsung dan properti pergudangan ini bukan bicara selera, beda dengan properti lainnya.

“Selain melihat yield, konsumen pergudangan sangat konsen pada urusan konsep produk. Makanya ruas jalan di SGC sangat lebar 20 meter, ada hydran, bebas banjir, bebas pungli dan cara bayar yang kita tawarkan mudah, cash keras, bertahap dan kita juga bisa berikan diskon khusus, contohnya akhir tahun lalu ada yang beli 5 unit, kita kasih harga khusus,” jelas Rita Megawati.

Dan saat ini SGC telah bekerja sama dengan Bank Mandiri dan juga Bank Jasa Jakarta untuk kredit pemilikan gudang (KPG). Sehingga konsumen yang baru merintis usahanya bisa melakukan pembelian dengan cara kredit di perbankan. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…