Marketplace Jadi Pilihan Berbelanja Generasi Millenial Selama Bulan Ramadhan

Oleh : Hariyanto | Minggu, 09 Juli 2017 - 11:11 WIB

CEO blanja.com Aulia E Marinto
CEO blanja.com Aulia E Marinto

INDUSTRY.co.id , Jakarta - Tahun ini, kegiatan belanja online menjadi pilihan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri. Generasi millenial menjadi kalangan terbanyak yang berbelanja online.

Hal tersebut dibuktikan melalui hasil riset dari JakPat kepada 1.000 responden mengenai perilaku belanja online selama bulan Ramadan hingga Idul Fitri 1438 Hijriah yang mengalami kenaikan cukup signifikan.

Sebanyak 65% responden mengaku berbelanja online 1 hingga 2 kali selama Ramadan. Dari angka ini, generasi millenial (18 tahun hingga 35 tahun), khususnya kelas menengah, adalah kalangan terbesar yang menyumbang angka tertinggi dalam berbelanja online.

Seperti yang dilansir we are social, penetrasi internet global kini telah melampaui 50% sama dengan 3,77 Milyar pengguna internet pada tahun 2017. Tingginya pertumbuhan pengguna Internet di Indonesia juga menjadi salah satu penyebab adanya perubahan perilaku berbelanja masyarakat yang kini cenderung lebih memilih situs atau aplikasi belanja online untuk memenuhi kebutuhannya.

Perubahan perilaku ini didukung juga oleh banyaknya sejumlah kemudahan yang ditawarkan oleh marketplace. Selain memiliki harga yang kompetitif, belanja online di platform marketplace juga menawarkan banyak kemudahan dan kepraktisan.

Sebagai satu – satunya e-commerce BUMN, blanja.com juga mengalami dampak positif euphoria Ramadan dan libur Idul Fitri. Kenaikan traffic yang signifikan hingga 98% dari pada bulan sebelumnya dan berbelanja melalui aplikasi (mobile apps) berada di urutan tertinggi.  
 
“Semenjak blanja.com bertransformasi melakukan perubahan besar, termasuk logo & look and feel bulan Maret lalu, kami mulai tancap gas dan lebih agresif lagi tentu saja dengan perhitungan yang matang. Strategi yang kami jalankan memberikan dampak positif terhadap tren transaksi yang meningkat hingga 400%” ujar CEO blanja.com Aulia E Marinto melalui keterangan tertulis kepada INDUSTRY.co.id diterima Minggu (9/7/2017).
 
“Adapun untuk kategori barang yang paling banyak dicari dan dibeli selama Ramadan hingga Lebaran adalah produk gadget, pakaian, dan juga peralatan rumah tangga yang mana produk ini digunakan untuk menunjang perayaan Idul Fitri.” tambah Head of Marketing blanja.com, Faiz Fashridjal.
 
Faiz juga mengaku sudah merencanakan strategi yang tidak kalah menarik untuk tetap mempertahankan performance dan traffic di bulan Juli. Mengusung campaign #JulyJoy “Keseruan Tanpa Batas Untuk Jalani Rutinitas”, blanja.com mengajak masyarakat untuk tetap semangat meski harus kembali menjalani rutinitas lewat beragam diskon produk serta penawaran istimewa dari brand dan partner.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 02 Mei 2024 - 19:40 WIB

Menperin Agus: Industri Manufaktur RI Sehat & Solid, Ekspansif 32 Bulan Berturut-turut

Fase ekspansi yang dicatat oleh industri manufaktur tanah air masih berlanjut sehingga memperpanjang periode selama 32 bulan berturut-turut. Ini berdasarkan laporan S&P Global, yang menunjukkan…

RS Royal Progress Sunter memiliki jajaran dokter spesialis vaskular dan endovaskular handal serta dukungan teknologi medis terkini yang dapat membantu menangani permasalahan varises.

Kamis, 02 Mei 2024 - 19:35 WIB

RS Royal Progress Sunter Hadirkan Metode Penanganan Varises Laser Tanpa Bedah

Memiliki jajaran dokter spesialis vaskular dan endovaskular handal, RS Royal Progress Sunter hadirkan EVLA, metode penanganan varises lewat laser, tanpa bedah dan minim sayatan.

Serah terima program beasiswa anak perusahaan MMSGI, MHU kepada mahasiswa Universitas Kutai Kertanegara Tenggarong.

Kamis, 02 Mei 2024 - 18:50 WIB

Hari Pendidikan Nasional, MMSGI Terus Tunjukkan Komitmennya Ciptakan Pendidikan Inklusif di Indonesia

MMSGI tunjukkan komitmennya pada dunia pendidikan Indonesia lewat serangkaian program CSR untuk pendidikan tinggi maupun pendidikan dasar menuju Indonesia Emas 2045.

Afgansyah Reza

Kamis, 02 Mei 2024 - 18:35 WIB

Ini Rahasia Kulit Kalem Afgan, Somethinc Calm Down Series

Afgansyah Reza yang akrab di panggil Afgan, merupakan seorang penyanyi single yang dikenal luas oleh publik dengan pribadi yang karismatik, calming dan tidak pernah berhenti dalam mengeksplorasi…

Bank BTPN

Kamis, 02 Mei 2024 - 17:18 WIB

Triwulan I-2024, Bank BTPN Catat Peningkatan Penyaluran Kredit Sebesar 24% YoY

PT Bank BTPN Tbk (Bank BTPN) mencetak kinerja positif pada Triwulan I-2024 dengan mencatat peningkatan total penyaluran kredit sebesar 24% year-on-year (yoy) menjadi Rp186,56 triliun pada…