Temui Menteri Bahlil, Gubernur Ansar Bahas Rencana Investasi EBT Senilai Rp37 Triliun di Kepri

Oleh : Ridwan | Jumat, 06 Januari 2023 - 13:07 WIB

Energi Baru Terbarukan
Energi Baru Terbarukan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad mengungkapkan bahwa pihaknya menyambut baik rencana investasi besar di sektor Energi Baru Terbarukan (EBT) di daerahnya.

Hal tersebut disampaikan Ansar Ahmad saat seusai melakukan pertemuan dengan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia di Jakarta, Jumat (6/1/2023).

"Hal ini perlu kita konsultasikan, mengingat adanya rencana investasi energi hijau yang cukup besar. Kita menyambut baik rencana investasi ini, karena Kepri merupakan wilayah strategi perbatasan negara yang memiliki daya tarik investasi ekonomi yang tinggi" kata Gubernur Ansar.

Menurutnya, rencana investasi tersebut juga telah ditetapkan sebagai salah satu daerah yang menjadi Program Strategis Nasional (PSN) oleh pemerintah pusat.

Ia menyatakan, perusahaan Gurin Energy Pte.Ltd yang berkantor pusat di Singapura telah melakukan tahap awal mengajukan permohonan investasi EBT yang akan ditangani oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kepri.

"Ini rencana investasi untuk sektor energi melalui rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) skala besar dengan kekuatan 2 Gigawatt. Total investasi sebesar 2,5 miliar dollar atau setara Rp37 triliun dengan kebutuhan lahan 2.000 hektar," papar Ansar.

Sementara itu, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyambut baik usaha Gubernur Ansar dalam melayani dan memfasilitasi para investor dalam menanamkan modal asing (PMA).

"Ini bentuk dari pelayanan kita sebagai pemerintah sehingga para investor memiliki jaminan hukum agar investasinya dapat berjalan baik" ujarnya.

Lebih lanjut, Bahlil menyampaikan usai pelaksanaan Presidensi G20 2022, Presiden RI Joko Widodo telah menyampaikan bahwa Indonesia ke depan akan mulai menggunakan energi baru terbarukan (EBT).

"Konsep energi hijau sudah semestinya dilaksanakan di Indonesia. Untuk itu saya mendukung akan rencana investasi ini dan akan dilakukan pembahasan lebih lanjut termasuk bersama Pemprov Kepri," ucapnya.

Sementara itu Country Director Gurin Energy Pte. Ltd Diko Dewantomo Darwoto ikut menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Gubernur Ansar yang telah memfasilitasi dan melayani pihaknya sebagai salah satu investor

"Kami telah diarahkan serta telah dilakukan pembahasan awal untuk menjamin agar investasi ini bisa berjalan sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan pemerintah," kata Diko.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Airlangga

Minggu, 21 Juli 2024 - 10:26 WIB

Fondasi Kuat, Menko Airlangga Prediksi Ekonomi RI Akan Tumbuh di Atas 5%

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengemukakan fondasi perekonomian nasional terus mengalami penguatan seiring dengan berbagai upaya yang telah dilakukan Pemerintah.…

Rakernas, ALDEI Mengakselerasi Industri Logistik Digital Ekonomi Menuju Indonesia Emas 2045

Minggu, 21 Juli 2024 - 09:33 WIB

Rakernas, ALDEI Mengakselerasi Industri Logistik Digital Ekonomi Menuju Indonesia Emas 2045

Jakarta-Rakernas ALDEI (Asosiasi Logistik Digital Economy Indonesia) tanggal 18 Juli di Paxel HQ, Jakarta yang dibuka dengan dukungan Dewan Pembina ALDEI, sekaligus Wakil Ketua Umum KADIN, Yukki…

Ilustrasi Guru Honorer (Photo by KlikPositif.com)

Minggu, 21 Juli 2024 - 09:03 WIB

Seratus Guru Honorer Dipecat di Jakarta, Komisi X: Istilah ‘Cleansing’ Terlalu Sadis...

Komisi X DPR RI mengkritik kebijakan pemecatan lebih dari seratus guru honorer di DKI Jakarta secara sepihak melalui sistem ‘cleansing’ atau ‘pembersihan’. Wakil Ketua Komisi XI DPR…

Ketua DPR Puan Maharani

Minggu, 21 Juli 2024 - 08:59 WIB

Duh, MinyaKita Naik Harga dan Langka! Puan Maharani Minta Pemerintah Lakukan Ini...

Ketua DPR RI (H.C) Puan Maharani meminta Pemerintah untuk mengetatkan pengawasan terhadap distribusi minyak goreng bersubsidi merk MinyaKita yang harganya resmi mengalami kenaikan per Jumat…

Ilustrasi Pembangunan Smelter Freeport (Photo by CNN Indonesia)

Minggu, 21 Juli 2024 - 08:41 WIB

Mantap, Tuai Apresiasi! Smelter Freeport di Gresik Rampung, Siap Olah Konsentrat hingga 400 Ribu Ton Tahun Ini

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno menilai smelter yang dibangun oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) di Gresik secara tepat waktu dan lancar hingga memasuki masa beroperasi. Oleh karenanya,…