Samsung Galaxy A33 5G, Handset Terbaik di Kelasnya

Oleh : Abraham Sihombing | Sabtu, 17 Desember 2022 - 08:46 WIB

Promo Penjualan Samsung Galaxy A33 5G. (Foto: PT Samsung Electronics Indonesia)
Promo Penjualan Samsung Galaxy A33 5G. (Foto: PT Samsung Electronics Indonesia)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Samsung Galaxy A33 5G adalah smartphone kelas menengah yang memiliki pengguna terbaik di kelasnya. Di jajaran Samsung Galaxy A13 hingga Samsung Galaxy A73 5G, lini smartphone Galaxy A Series terbaru Samsung mengadopsi bahasa desain yang identik, tampil simpel dengan bingkai dan sudut-sudut yang agak membulat.

 

Tidak sepenuhnya sama persis, Samsung memiliki cara unik untuk membedakan produknya satu dengan yang lain. Lewat perbedaan detail seperti desain layar, modul kamera belakang, build quality, dan penggunaan fitur andalan tertentu.

 

Sekarang mari fokus ke Samsung Galaxy A33 5G yang sukses membuat pemiliknya kesengsem pada sentuhan pertama. Itu karena smartphone ini langsung dibandingkan dengan Samsung Galaxy A23. Samsung Galaxy A33 5G memiliki penampang belakang glossy dan finishing matte pada punggung yang membuatnya terasa lebih premium dalam genggaman tangan.

 

Lewat Samsung Galaxy A33 5G, pengguna akhirnya dapat menikmati kekayaan warna layar Super AMOLED 90 Hz dengan sensor sidik jari tertanam di bawahnya. Juga yang tak kalah penting, kemampuan kamera dari smartphone ini.

 

 

Build Quality Solid

 

Build quality Samsung Galaxy A23 tidak mengecewakan dan terasa mantap ketika dipegang tanpa case. Namun finishing matte pada penampang belakang Samsung Galaxy A33 5G, membuatnya terasa lebih premium ketika disentuh.

 

Samsung Galaxy A33 5G memiliki bingkai plastik tebal yang sedikit melengkung, bagian belakangnya juga terbuat dari plastik, dan ada lapisan pelindung Gorilla Glass 5 di depan. Bodi Samsung Galaxy A33 5G sudah memiliki ketahanan air dan debu dengan sertifikasi IP67 seperti Samsung Galaxy A53 5G dan Samsung Galaxy A73 5G.

 

Layar Samsung Galaxy A33 5G lebih kecil 0,2 inci dibandingkan Samsung Galaxy A23 atau 6,4 inci, imbasnya dimensinya lebih ringkas dan ringan. Lebar panjangnya 159,7x74 mm dengan ketebalan 8,1 mm dan bobot 186 gram.

 

Fokus ke depan, Samsung Galaxy A33 5G masih menggunakan desain layar notch bergaya Infinity-U. Di bawahnya Samsung Galaxy A23 dan Samsung Galaxy A13 mengenakan notch Infinity-V dan model atasnya Samsung Galaxy A53 5G dan Samsung Galaxy A73 5G sudah pakai Infinity-O alias punch hole.

 

Pindah ke belakang, desain modul kameranya seolah menyatu dengan bodi. Total ada lima lingkaran, tiga berukuran sedang, dua agak kecil yang salah satunya untuk LED flash. Ke samping kanan, terdapat tombol power dan volume atas bawah, sedangkan sebelah kirinya polos. Lalu di atas ada SIM tray, mikrofon sekunder, dan speaker kedua di atas notch dengan fungsi ganda sebagai earpiece. Sementara port USB-C, mikrofon utama, dan speaker pertama berada di bawah.

 

Perlu dicatat, Samsung Galaxy A33 5G tidak dilengkapi case maupun adapter charger bawaan dalam paket penjualannya. Hanya ada kabel data dengan ujung USB-C ke USB-C yang kompatibel dengan pengisian cepat 25W. Kalau di rumah tidak punya adapter charger model USB-C, Anda perlu membeli Wall Charger for Super Fast Charging (25W) dari Samsung yang dijual seharga Rp299.000.

 

 

Layar Super AMOLED 90 Hz

 

Samsung Galaxy A33 5G menggunakan panel Super AMOLED. Ukurannya 6,4 inci dengan resolusi FHD+ atau 1080x2400 piksel dalam aspek rasio 20:9 yang menghasilkan kerapatan layar 411 ppi.

 

Kualitas layarnya dapat memanjakan mata saat menikmati hiburan macam nonton video maupun bermain game, yang juga didukung refresh rate hingga 90 Hz dan setup speaker stereo. Di aplikasi DRM Info, tercatat mendukung Widevine L1 untuk streaming film kualitas 1080p dan mendukung HDR10, tetapi Galaxy A33 5G tidak dapat memutar konten HDR di aplikasi YouTube.

 

Tampilan layarnya bisa disesuaikan di pengaturan, secara default menggunakan vivid yang menonjolkan warna colorful dengan white balance yang bisa diatur untuk tampilan yang lebih dingin atau hangat. Bagi yang mengejar warna yang akurat untuk keperluan editing foto, bisa pilih natural. Fitur lain termasuk dark mode yang bisa dijadwal dan eye comfort shield untuk menjaga kesehatan mata terutama di malam hari.

 

 

Fitur Kamera Komplet Dengan OIS

 

Aspek kamera dipersiapkan dengan sangat baik oleh Samsung. Di sisi perangkat keras, Samsung Galaxy A33 5G dibekali konfigurasi quad camera di belakang dengan kamera utama 48 MP. Sensor gambar Sony IMX582 yang digunakan berukuran 1/2.0 inci dengan piksel 0.8 µm, di atasnya lensa wide 26mm dengan aperture f/1.8.

 

Mulai dari Samsung Galaxy A23 hingga Samsung Galaxy A73 5G, Samsung meningkatkan pengalaman kamera dengan menyematkan OIS. Fitur stabilisasi serbaguna yang dapat meningkatkan kualitas foto di cahaya rendah, menstabilkan saat menggunakan zoom dua kali, dan membantu menghasilkan footage yang lebih mulus.

 

Di samping kamera utama 48 MP adalah kamera ultrawide 123 derajat beresolusi 8 MP f/2.2 dengan sensor 1/4.0 inci dan piksel berukuran 1.12 µm. Selanjutnya kamera 5 MP f/2.4 dengan lensa macro dan 2 MP f/2.4 sebagai depth sensor.

 

Kamera selfie-nya beresolusi 13 MP f/2.2 dalam notch berbentuk U. Kamera depan maupun belakang (kamera utama) sanggup merekam video hingga 4K 30 fps dan 1080p hingga 60 fps khusus untuk kamera 48 MP.***

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…