Jelang Natal Dan Tahun Baru, Pelari Nusantara Distribusikan Royalti Musik

Oleh : Nina Karlita | Jumat, 23 Desember 2022 - 10:26 WIB

disaksikan Ketua Umum Sandec Sahetapi, Rudy Loho diangkat sebagai Ketua Harian LMK Pelari Nusantara.
disaksikan Ketua Umum Sandec Sahetapi, Rudy Loho diangkat sebagai Ketua Harian LMK Pelari Nusantara.

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Jelang Hari Natal dan Tahun Baru 2023,  LMK Pelari Nusantara kembali mendistribusikan Royalty Musik kepada pencipta lagu dan ahli waris yang tergabung di LMK Pelari.

Menurut Sandec Sahetapy selaku Ketua Umum LMK Pelari, royalty yang dibagikan kali ini  sebesar 75% dari total royalty. Sedang sisanya akan dibagikan pada bulan Januari tahun 2023.

“Royalty yang kami distribusikan kali ini sebesar 75%  dan dibagikan kepada 89 anggota, sedang  sisanya yang 25% akan didistribusikan kepada 190 orang pada bulan Januari nanti, karena LMKN selaku pengumpul royalty belum tutup buku,” jelas Sandec di Jakarta pada Kamis (22/12/22).

Dalam pendistribusian royalty kali ini terdapat 3 besar penerima royaty sebagai ‘Hits maker’ yaitu Rudy Loho mendapat 29 juta Rupiah, disusul H.Ukat S mendapat 26,250 juta Rupiah, dan Tito Soemarsono mendapat 25 Juta Rupiah.

Sementara itu untuk kategori ‘Ikon’ penerima royalty 3 besar yaitu Fariz RM sebesar 11 juta Rupiah, disusul Franky Sahilatua 10 juta Rupiah dan Keenan nasution dan Tarida Hutauruk masing-masing sebesar 7,5 juta Rupiah.

Untuk menciptakan transparansi dalam pemungutan dan pendistribusian royalty, Sandec Sahetapy mengaku jika dirinya saat ini sedang berupaya untuk mendigitalisasi sistem royalty, tentunya agar semua jelas dan transparan seperti yang ia dengung-dengungkan selama ini.

“Dari awal saya selalu mengkapanyekan “Revolusi Transparansi Royalty”, saya selalu bilang itu dimana-mana. Maka agar tidak hanya sebatas selogan dan berhenti di mulut saja,  saya sedang menggodok sistem yang memungkinkan transparansi itu terwujud dan nyata, yaitu dengan membuat system digitalisasi melalui sebuah aplikasi yang nantinya para pencipta lagu bisa mengecek kapan saja secara ‘realtime’ lagunya dipakai dimana saja dan  oleh siapa saja. Semuanya  jelas nggak bisa diakal-akali dan nggak ada akal-akalan.” Sambung Sandec yang juga menjabat sebagai Kepala Lisensi Royalti Musik Indonesia LMKN ini.

Dalam kesempatan yang sama, Chandra Darusman yang juga turut hadir dan memberikan sambutannya  dalam acara tersebut mengaku  sangat mengapresiasi apa yang telah dan akan dilakukan oleh LMK Pelari.

“Saya selaku Pengawas di LMKN tugasnya memberikan pengawasan kepada LMKN dan menerima masukan-masukan, termasuk  dari para LMK. Hari ini kita saksikan LMK Pelari sudah menjalankan semuanya. Transparansi distribusi royalty yang dilakukan LMK Pelari ini bisa menjadi percontohan yang  baik dan perlu dicontoh atau bahkan disaingi oleh LMK-LMK yang lain,” kata Chandra.

Sementara itu Yessy Kurniawan selaku Komisioner yang juga hadir dan turut memberikan sambutan juga mengapresiasi kinerja LMK Pelari sekaligus menyoroti kepengurusan LMK Pelari yang sudah bekerja lebih dari setahun tidak terima Gaji.

“Saya mengapresiasi dengan baik distribusi yang dilakukan LMK Pelari yang cepat dan transparan. Tetapi maaf ya, ada yang saya juga harus sampaikan, saya dengar tadi Pengurus LMK Pelari sudah setahun lebih bekerja tidak mendapat gaji. Ini tidak boleh, tidak boleh terjadi, mereka yang bekerja mengurus royalty ini haru dapat gaji bulanan. Bukan masalah jumlahnya, tetapi dapur mereka harus tetep ngebul, mereka kan keluar tenaga dan biaya kesana kemari, jadi harus dibikin manajeman yang bagus kedepannya. Nanti saya akan bicara pribadi dengan Bung Sandec soal ini,” kata Yessy.

Dalam acara tersebut, selain pendistribusian royalty juga dilakukan estafet komando kepemimpinan di tubuh LMK-Pelari. Karena kesibukannya sebagai Ketua Harian bidang Kolekting di LMKN, maka untuk memimpin Pelari dalam melakukan kegiatan sehari-hari Sandec menyerahkan kepemimpinan ini kepada Rudy Loho, yang menjabat sebagai Sekretaris Umum.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.