Seminar dan Pameran Teknologi Pemeliharaan Struktur Bangunan dan Jembatan Konstruksi Baja

Oleh : Herry Barus | Minggu, 18 Desember 2022 - 13:51 WIB

Seminar dan Pameran Teknologi Pemeliharaan Struktur Bangunan dan Jembatan Konstruksi Baja
Seminar dan Pameran Teknologi Pemeliharaan Struktur Bangunan dan Jembatan Konstruksi Baja

INDUSTRY.co.id -  Jakarta-Menutup tahun 2022, Indonesian Society of Steel Construction (ISSC) atau dikenal dengan Asosiasi Masyarakat Konstruksi Baja, menggelar seminar bertajuk 'Teknologi Pemeliharaan dan Pembangunan Struktur Jembatan Konstruksi Baja' pada Rabu kemarin di Hotel Bidakara, Jakarta, sekaligus ajang pameran teknologi dari para mitra rantai pasok ISSC.

"Acara ini jadi bukti di masa pemulihan ekonomi paska pandemi, bahwa giat masyarakat konstruksi mulai bergairah lagi," ujar Ir. Singgih Wasesa, Sekjen ISSC yang menyiapkan kegiatan ini hanya dalam tempo singkat namun hikmat dan manfaat.

Seminar dibuka secara serempak oleh Direktur Pembangunan Jembatan KemenPUPR, Yudha Handita Pandjiriawan, MT. MBA., didampingi KaBalai Geoteknik, Terowongan dan Struktur KemenPUPR, Fahmi Adiamar, ST. MT., serta Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi KemenPUPR, Ir. Nicodemus Daud M.Si, dan Ir. Trisasongko Widianto, Dipl. HE., Ketua Satgas Bid. Pelaksanaan Jasa Konstruksi IKN.

Seminar dihadiri kalangan instansi pemerintah, akademisi, asosiasi industri dan khalayak umum, menampilkan narasumber kompeten di bidangnya. Sedangkan pameran yang diikuti sekitar 30 perusahaan itu, berakhir hingga menjelang malam.

Menurut Ketua ISSC, Budi Harta Winata mengharapkan, seminar dan pameran ini dapat menciptakan industri konstruksi baja nasional yang memiliki standard dan kompetensi demi mewujudkan peradaban konstruksi nasional yang berbasis teknologi.

"Selain itu bisa meningkatkan daya saing, seraya menjalin hubungan industrial yang harmonis, sebagai mitra pemerintah dan rantai pasok, serta menguatkan material produk baja dalam negeri sebagai pilihan utama pada pekerjaan konstruksi di tanah air," papar Budi yang memprakarsai slogan kerja 'Utamakan Sholat dan Keselamatan Kerja'.

Tentu saja hal itu mendapat reaksi positif khususnya dari UMKM bengkel las yang setiap hari bergelut dengan besi dan api. "Dunia konstruksi sejatinya harus diimbangi dengan  Juru Las yang handal, dan UMKM bengkel las adalah garda terdepan yang bisa menahan arus tenaga kerja asing," tandas Ketua KBLI (Komunitas Bengkel Las Indonesia), Ir. Heru Kusumo Widagdo yang hadir bersama pengurus asosiasi lainnya.

Menyambut tahun 2023, ISSC akan menggelar agenda yang tertunda pandemi, yakni program unggulan 'ISSC Roadshow Goes To Campus' yang rencananya bakal menyambangi 30 kampus, utamanya di Pulau Jawa mulai Banten sampai Jatim. Berupa seminar nasional dan workshop serta expo yang melibatkan Kementrian PUPR.  Demikian informasi dari Nirwan Lesamana, mantan wartawan Gaya hidup.

"Langkah itu ditempuh demi memperkenalkan dunia industri dan konstruksi baja beserta mitra rantai pasoknya, karena dukungan SDM yg unggul dan memiliki kompetensi bidang konstruksi baja amat sangat dibutuhkan," tandas Oming, sapaan akrab Ir. Singgih Wasesa selaku Project Manager Roadshow 2023 nanti.

Senada dengan itu, kiranya pemeliharaan dan pembangunan konstruksi 'jembatan silaturahmi' diantara kita pun harus berkesinambungan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…