Invest Islands Tingkatkan Kemajuan dan Kesejahteraan di Lombok NTB

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 10 Desember 2022 - 12:42 WIB

Invest Islands Tingkatkan Kemajuan dan Kesejahteraan di Lombok NTB
Invest Islands Tingkatkan Kemajuan dan Kesejahteraan di Lombok NTB

INDUSTRY.co.id - Lombok- Mendekati akhir tahun, Invest Islands, perusahaan real estate terkemuka di Lombok, membuahkan 12 bulan yang produktif setelah meluncurkan proyek paling spektakuler hingga saat ini, Gran Meliá Lombok, sekaligus memberikan harapan dan inspirasi segar kepada masyarakat dan komunitas lokal melalui Invest Islands Foundation.

Organisasi amal ini beraksi di awal tahun, menyusul banjir bandang yang melanda Lombok Desember lalu, yang menghancurkan rumah, merusak jembatan, dan menyebabkan 6.500 orang dievakuasi. Pada bulan Januari, Invest Islands Foundation membantu upaya bantuan dengan mendistribusikan perlengkapan darurat, termasuk makanan, air, selimut, dan perlengkapan sekolah. Organisasi tersebut juga bekerja sama dengan Yayasan Mandala untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada keluarga dan anak-anak yang kurang mampu di Lombok, termasuk dukungan keuangan untuk memungkinkan beasiswa pendidikan bagi 1.300 anak yatim piatu.

Keberlanjutan menjadi agenda utama di bulan Februari, saat “Eco Charette” mengumpulkan 25 anggota tim dan mitra ke Lombok untuk menyusun strategi pengembangan Mandala Eco-Village. Gagasan dan konsep ini berfokus pada bidang-bidang seperti energi, air, limbah, konstruksi, desain, transportasi, dan lainnya, membentuk jalur CSR strategis grup untuk sisa tahun ini. Pembangunan Gaia Villa selesai pada bulan Maret dan telah dipesan penuh setiap hari sejak itu – yang pertama dari serangkaian tonggak pembangunan utama pada tahun 2022.

Pada bulan April, Invest Islands secara resmi meluncurkan proyek terpentingnya: Gran Meliá Lombok. Terjalin di Teluk Torok, menghadap ke Samudra Hindia di pantai selatan Lombok, tujuan wisata yang menakjubkan ini menampilkan kumpulan dupleks dan tempat tinggal di lereng bukit, ditambah clubhouse dengan fasilitas kelas dunia, semuanya dikelola oleh Meliá Hotels International. Sebuah konferensi pers di Jakarta memungkinkan dunia untuk melihat seperti apa retret mewah yang unik ini ketika resmi dibuka pada tahun 2025 nanti.

Menyusul pembukaan awal ini, Invest Islands turut serta dalam Jakarta Property Expo pada bulan Mei untuk memamerkan proyek prestisius ini kepada calon pembeli kelas atas. Ini akan menjadi yang pertama dari rangkaian acara industri regional yang akan dihadiri oleh tim eksekutif dan penjualan perusahaan pada tahun 2022, menghasilkan gebrakan nyata di sekitar Gran Meliá Lombok. Grup ini juga menjadi tuan rumah pertemuan regional dan internasional di Singapura bulan ini. Namun, kegiatan amal tidak berhenti; Invest Islands Foundation bekerja sama dengan Yayasan Gawah Bonga untuk kampanye Peduli (Reboisasi Berbasis Komunitas), yang mendidik penduduk desa tentang dampak deforestasi dan perubahan iklim, dan memberikan saran praktis tentang bagaimana mereka dapat membantu untuk mengembalikannya.

Kemudian pada bulan Juli, Yayasan Mandala memulai inisiatif CSR baru untuk menyediakan pertolongan dan bantuan kepada 300 keluarga setempat di lokasi sekitar Mandala Eco-Village. Bersama Yayasan Islamic Relief Indonesia, dijanjikan hingga Rp 1,2 juta per bulan untuk memenuhi kebutuhan dasar keluarga kurang mampu.

Hal ini diikuti pada bulan Agustus dan September oleh “Program Pencegahan Kelaparan”, yang memberikan dukungan keuangan kepada 300 anak yatim piatu atau terlantar, “Program Aliansi Pemangku Kepentingan untuk Pembangunan Rendah Karbon & Ketahanan Iklim Pro Miskin dan Sensitif Gender”, yang memberikan manfaat kepada 150 orang, dan “Program Operasi Katarak Gratis”, yang didukung oleh Yayasan Fred Hollow dan Rumah Sakit Mata Rumah Sakit Mata NTB dan memberikan perawatan mata kritis kepada 100 orang tunanetra di masyarakat pedesaan. Juga di bulan September, Invest Islands menuju ke Phuket untuk menghadiri PHIST, forum perjalanan dan perhotelan bertanggung jawab terbesar di Asia Tenggara, yang menangani topik keberlanjutan utama di wilayah ini dan mendukung pemulihan hijau pariwisata setelah pandemi global.

Degradasi lahan menjadi agenda utama di bulan Oktober, ketika Invest Islands Foundation bekerja sama dengan Gugah Nurani Indonesia untuk meluncurkan “Pusat Pertanian Regeneratif”, yang bekerja dengan kaum muda untuk mengurangi praktik pertanian yang buruk, membalikkan degradasi tanah, dan menciptakan pendapatan jangka panjang bagi semua penduduk. Invest Islands Foundation juga bekerja sama dengan Yayasan Pertolongan Islam Indonesia dan Ecolab untuk mendirikan “Lombok Eco-Hub”, yang akan menangani masalah pengelolaan sampah.

Invest Islands menuju Singapura pada bulan Oktober untuk menghadiri Hotel Investment Conference Asia Pacific (HICAP) pertamanya dan mempersembahkan Gran Meliá Lombok kepada investor cerdas dari seluruh wilayah. Delegasi diberi pembaruan proyek terbaru, termasuk fakta bahwa 65% pekerjaan telah diselesaikan di vila Kayma dan Inspiral yang menakjubkan, dan jalan utama kini telah diaspal. Serta mengungkapkan detail clubhouse, yang akan menampilkan restoran, bar yang menghadap ke laut, gerai ritel kelas atas, pusat kebugaran, desa spa, ruang kerja bersama, paviliun acara, klub laut, dan kolam aliran bentuk bebas dengan air terjun dan aliran beriak.

November adalah bulan yang penting bagi Lombok, karena putaran Kejuaraan Dunia Superbike FIM di Indonesia menarik 45.000 penonton ke Sirkuit Internasional Mandalika di pulau itu. Ajang beroktan tinggi ini akan kembali digelar pada Maret, sebelum seri utama MotoGP menuju Lombok pada Oktober 2023.

“Tahun 2022 adalah salah satu tahun terpenting dalam sejarah Invest Islands, dan kita dapat melihat kembali 12 bulan terakhir dengan rasa bangga yang luar biasa. Peluncuran resmi Gran Meliá Lombok merupakan tonggak penting, namun yang paling memuaskan kami adalah komitmen kami kepada masyarakat. Invest Islands Foundation terus membangun masa depan yang lebih baik bagi masyarakat setempat, termasuk inisiatif untuk menghasilkan pendapatan, menciptakan lapangan kerja, dan melestarikan lingkungan. Menatap tahun 2023, kami mengundang lebih banyak orang untuk merasakan keajaiban Lombok dan merangkul semangat berwisata yang bertanggung jawab,” kata Kevin Deisser, CEO & salah satu pendiri Invest Islands,  Sabtu (10/12/2022)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Jumat, 26 April 2024 - 14:30 WIB

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Pengembangan energi ramah lingkungan temasuk energy panas bumi tak bisa dipisahkan dari upaya menjaga keberlanjutan di semua aspek bisnis. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi…

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

Jumat, 26 April 2024 - 14:21 WIB

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) semakin meneguhkan posisinya sebagai perusahaan energi hijau kelas dunia terdepan dalam praktik bisnis berkelanjutan. PGE Area Kamojang berhasil…

IFG Life

Jumat, 26 April 2024 - 13:29 WIB

Peduli dengan Gaya Hidup Sehat, IFG Life Hadirkan IFG Life Protection Platinum dan IFG LifeCHANCE

Fokus pada kebutuhan nasabah menjadi kunci bagi PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) dalam menghadirkan produk dan layanan yang komprehensif dan saling melengkapi. Gaya hidup tidak lepas dari aspek…