Resso Rising, Upaya Resso Majukan Industri Musik Lokal bersama Musisi Pendatang Baru Berbakat

Oleh : Herry Barus | Jumat, 09 Desember 2022 - 12:00 WIB

Maizura
Maizura

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Resso, platform streaming musik sosial pertama di Indonesia, hari ini meluncurkan "Resso Rising", sebuah program terbaru untuk mendukung musisi Indonesia pendatang baru dari berbagai genre yang siap meramaikan industri musik tanah air dengan lagu unggulan mereka. Program ini terus menambah berbagai inisiatif yang telah dilakukan oleh Resso untuk mendukung industri musik Indonesia, khususnya para musisi lokal berbakat. Acara peluncuran dihadiri oleh lima musisi lokal, yaitu: Bagas Ran, Satine Zaneta, Kemal Dave, Maizura, dan KELJO, artis pendatang baru Resso Rising.

"Resso Rising ingin memperkenalkan, menyoroti, dan mempromosikan para musisi lokal dengan potensi besar untuk menjadi the next big thing melalui talenta dan karya musiknya. Resso menyadari bahwa para musisi lokal yang tengah naik daun juga memiliki peran penting untuk membentuk industri musik Indonesia di masa depan. Semakin mereka dikenal, semakin banyak karya-karya musik yang dapat dihasilkan bagi para penikmat musik di tanah air. Musisi independen, label, dan manajemen artis pun diharapkan terpacu untuk terus menemukan, mengasah dan menampilkan musisi-musisi berbakat dari seluruh daerah di Indonesia.  Selain itu, melalui program ini, para musisi terpilih dapat menjangkau pendengar dan penggemar karya mereka lebih luas lagi melalui aplikasi Resso. " jelas Matthew Tanaya, Artist Promotion Lead, Resso Indonesia. 

Untuk mendukung para musisi pendatang baru terpilih melebarkan sayapnya di industri musik, setiap bulannya, tim kurator musik Resso akan memilih sejumlah lagu, baik dari artis atau musisi independen, label, distributor, serta genre musik yang diusung untuk ditampilkan dalam program Resso Rising. Melalui proses evaluasi internal, Resso akan meninjau apabila para musisi ini memiliki karya musik yang dinilai artistik, dinamis, dan eksploratif. Lagu dari musisi yang terpilih nantinya akan masuk dalam daftar putar (playlist) di aplikasi Resso untuk dapat didengar serta dinikmati oleh para pengguna dan penggemar di mana pun berada.

Dukungan terhadap musisi lokal pendatang baru ini mendapat sambutan hangat, terutama dari para artis terpilih. Bagas Ran, yang mengunggulkan lagu 'Pendengar Terbaik', mengungkapkan, "Tentunya aku sangat senang terpilih menjadi bagian dari Resso Rising, dan berharap semakin banyak pendengar yang tidak hanya mengenal namun juga dapat mengapresiasi lagu-laguku." Pelantun lagu 'Tamu', Satine Zaneta juga mengungkapkan apresiasinya, "Resso Rising merupakan inisiatif yang sangat membantu pendatang baru seperti saya. Semoga ke depannya, semakin banyak musisi lokal baru dan musik-musik baru yang bisa ditampilkan."

Senada dengan Bagas Ran, Kemal Dave, yang lagunya 'Don't Leave Me Now' masuk dalam playlist Resso Rising, menyatakan terima kasihnya kepada Resso, "Ini adalah debut song saya, dan saya sangat bersyukur bisa menjadi bagian dari Resso Rising di mana saya dapat menjangkau dan berinteraksi dengan lebih banyak pendengar." Mendendangkan ulang lagu Nidji yang populer di tahun 2008, 'Laskar Pelangi' dengan sentuhan lirik berbahasa Jepang, Maizura bersama Hiroaki Kato menyampaikan harapannya, "Resso Rising memungkinkan lagu ini untuk bangkit kembali, menyentuh banyak pendengar lama dan baru, yang seperti lirik lagunya, 'tak terikat waktu'."

"Resso Rising merupakan program yang memberikan tempat bagi pendatang baru untuk menunjukkan karyanya. Berada di playlist juga memungkinkan untuk berinteraksi langsung dengan pendengar dan fans melalui fitur komen, untuk mengetahui masukan mereka yang dapat memacu kami untuk menghadirkan karya yang lebih baik lagi," ujar KELJO, yang akan membawakan  lagunya  berjudul 'Jatuh Dan Menari'.

Resso Rising kian mengukuhkan komitmen Resso untuk mendukung perkembangan industri musik Indonesia. Sebelumnya, Resso telah menghadirkan beberapa inisiatif atau program-program yang mencerminkan dukungan tersebut, di antaranya Resso Studio Live, yakni konser musik yang dikemas dengan ringan, intim, dan hangat, dan disiarkan secara live streaming melalui akun sosial media Resso setiap dua bulan sekali; Breakfast with Resso, sesi diskusi strategis bersama para pemangku kepentingan untuk membahas topik-topik terkini yang relevan dengan industri musik Indonesia; serta Resso Coaching Clinic, sesi pelatihan virtual yang menghadirkan musisi dan praktisi musik untuk berbagi wawasan seputar karier bermusik. Selain itu, Resso juga terus berpartisipasi dalam beberapa acara musik di sepanjang tahun 2022.

Ikuti akun @Ressoidn di TikTok, Instagram, Twitter, dan YouTube untuk informasi lebih lanjut mengenai Resso dan program-program menariknya. Resso dapat diunduh secara gratis di Apple App Store dan Google Play Store.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Tinjau Kawasan Waterfront Marina

Jumat, 27 Januari 2023 - 15:15 WIB

Tinjau Kawasan Waterfront Marina dan Puncak Waringin, Menteri Basuki: Manfaatkan dan Pelihara Dengan Baik

Dalam rangka persiapan ASEAN Summit 2023, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno,…

Ilustrasi Perumahan

Jumat, 27 Januari 2023 - 15:04 WIB

Capaian Bantuan PSU Perumahan Tahun 2022 Lebihi Target, Naik 27.825 Unit Pada Tahun 2023

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan dalam mendorong kepemilikan hunian layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) tidak…

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas

Jumat, 27 Januari 2023 - 14:58 WIB

Menteri PANRB: Transformasi Penataan JF Kini Akomodasi Aspirasi Pejabat Fungsional

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mendorong transformasi pengelolaan jabatan fungsional (JF). Regulasi tentang JF telah melibatkan kementerian/lembaga…

Perumahan (PUPR)

Jumat, 27 Januari 2023 - 14:43 WIB

Capaian Bantuan PSU Perumahan Tahun 2022 Lebihi Target, Tahun Ini Naik 27.825 Unit

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan dalam mendorong kepemilikan hunian layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) tidak…

Super Indo luncurkan Indikator Kandungan Gula pada produk minuman.

Jumat, 27 Januari 2023 - 14:20 WIB

Bantu Pelanggan Seimbangkan Gula, Super Indo Luncurkan Indikator Kandungan Gula Pada Produk Minuman

Super Indo tunjukkan komitmennya untuk menjalankan bisnis yang lebih bertanggung jawab dengan Luncurkan Indikator Kandungan Gula pada produk minuman.