Berikut Ini Trik Mudah dari Ninja Xpress untuk Bantu Tingkatkan Penjualan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 09 Desember 2022 - 08:00 WIB

Berikut Ini Trik Mudah dari Ninja Xpress untuk Bantu Tingkatkan Penjualan
Berikut Ini Trik Mudah dari Ninja Xpress untuk Bantu Tingkatkan Penjualan

INDUSTRY.co.id - Jakarta-  – Menjelang akhir tahun, Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2022 menjadi saat yang tepat untuk berjualan karena tingginya antusias konsumen untuk berbelanja. Hal ini juga dibuktikan melalui catatan Ninja Xpress pada tahun 2021 lalu dimana ada peningkatan pengiriman pada musim belanja online dibandingkan pada masa normal.

Salah satu e-commerce yang turut memeriahkan Harbolnas yaitu Lazada juga mengungkapkan pentingnya persiapan bagi penjual dalam menghadapi Harbolnas. SVP Seller Operations Lazada Indonesia, Haikal Bekti Anggoro mengatakan, “Animo pelanggan untuk festival belanja online akhir tahun masih sangat besar,  penting untuk para penjual mempersiapkan diri dengan baik," SVP Seller Operations Lazada Indonesia, Haikal Bekti Anggoro.

Dengan mengangkat produk lokal melalui “Produk Lokal Meraja, Indonesia Jaya”, momen ini juga menjadi saat yang tepat bagi UMKM untuk mempromosikan produknya. Tapi, adanya tipe pelanggan dengan segudang pertanyaan tanpa melakukan pembelian, terkadang cukup merepotkan penjual. Untuk itu, Ninja Xpress melalui blog.ninjaxpress.co punya trik untuk UMKM bisa mempengaruhi konsumen agar barangnya di beli pada saat harbolnas 2022.

1.            Ubah kebiasaan menjawab dengan menggali kebutuhan pelanggan

Kalau kamu mendapat berbagai pertanyaan dari pelanggan seperti “Produk apa ini?”, “Berapa harganya?”, “Berapa ongkos kirimnya?” dan sebagainya, maka teknik pertama yang bisa kamu lakukan adalah ubah kebiasaan menjawab menjadi bertanya kembali. Dengan teknik ini, toko online dapat mencari tahu kebutuhan pelanggan dan cara menyelesaikan permasalahan mereka. Misalnya, penjual dapat bertanya siapa yang menggunakan produk, pelanggan langsung atau untuk keluarga bahkan mungkin untuk hadiah.

2.            Tawarkan hadiah pada saat yang tepat

Kamu juga bisa melakukan penjualan  dengan menawarkan freebies atau bonus di saat yang tepat. Banyak vendor online yang ingin melakukan secara cepat dengan menawarkan bonus sejak pelanggan menanyakan tentang produknya. Padahal, jika pelanggan belum menunjukkan kecenderungan untuk membeli produk atau sedang mempertimbangkan untuk membeli, mereka akan menanyakan tentang detail produk. Menawarkan bonus saat ini dapat menghalangi pelanggan untuk melakukan pembelian.

3.            Bagikan pendapat pribadi dalam melakukan diskusi jual beli

Calon pelanggan belum melakukan closingan bisa jadi karena masih tidak percaya diri untuk membeli, tidak percaya dengan produk yang hendak dibeli, tidak percaya dengan tokonya, atau bahkan tidak percaya dengan jasa kirim atau transportasinya. Jika kamu mampu meyakinkan pelanggan, maka closingan akan terjadi. Cara terbaik untuk membangun kepercayaan untuk melakukan closingan adalah memberikan pendapat berdasarkan pengalaman pribadi kepada pelanggan.

 

4.            Menggunakan visual yang menarik

Pasang visual homepage yang menarik agar calon pelanggan langsung tertarik melihat produk di toko online kamu. Kamu juga dapat menggunakan gambar highlight produk untuk menegaskan kembali kepada pelanggan atau gambar testimoni pelanggan yang sudah membeli.

Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress menjelaskan, “Persiapan Harbolnas menjadi saat yang sibuk bagi toko online. Biar tidak kerepotan dengan operasional bisnis dan dapat memaksimalkan penjualan, Ninja Xpress siap bantu UMKM dengan memanfaatkan layanan Ninja Xpress Seller Booster, layanan yang membantu UMKM bisa menjalankan bisnis dengan lebih murah. Salah satunya adalah Creative Hub dimana UMKM bisa mengambil foto dan video profesional untuk berjualan secara gratis tanpa dipungut biaya.”

Ninja Xpress siap membantu pengiriman paket dengan mudah melalui penjemputan langsung ke lokasi dengan terlebih dahulu mendaftar di https://selalusiap.ninjaxpress.id. Berbagai layanan dari regular, same day, hingga COD (Cash on Delivery) dengan perhitungan pasti dan pencairan 2 kali seminggu siap membantu UMKM mengirimkan paket ke seluruh wilayah di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…