Menperin Agus Resmikan Pabrik Piaggio Pertama di Indonesia

Oleh : Ridwan | Rabu, 23 November 2022 - 13:30 WIB

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat meresmikan pabrik PT Piaggio Indonesia di Cikarang, Jawa Barat
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat meresmikan pabrik PT Piaggio Indonesia di Cikarang, Jawa Barat

INDUSTRY.co.id - Cikarang - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita secara langsung meresmikan pabrik PT Piaggio Indonesia di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (23/11).

Pabrik ini merupakan pabrik pertama Piaggio Group di Indonesia.

Dalam sambutannya, Menperin Agus mengucapkan selamat dan mengapresiasi PT Piaggio Indonesia atas pendirian fasilitas produksi di Cikarang, Jawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Menperin Agus juga berharap PT Piaggio Indonesia dapat meningkatkan penggunaan komponen lokal, khususnya komponen industri kecil dan menengah (IKM) agar mampu masuk dalam global suply chain Piaggio.

"Penggunaan komponen lokal tersebut termasuk kegiatan untuk mendukung peningkatan program TKDN," kata Menperin Agus.

Pabrik PT Piaggio Indonesia merupakan fasilitas produksi dengan kapasitas produksi awal sebanyak 10 juta unit/tahun. 

Pada kesempatan ini juga, PT Piaggio Indonesia secara langsung melaksanakan initial production untuk jenis Vespa LX.

"Dengan nilai investasi awal sebesar USD 20 juta, PT Piaggio Indonesia akan fokus untuk pengembangan skuter merek Vespa di pabrik pertamanya di Indonesia ini. Mereka (Piaggio Indonesia) juga berkomitmen untuk menambah investasinya di Indonesia," tandasnya.

Rencana peresmian pabrik ini sejalan dengan roadmap PT Piaggio saat seremoni November 2021 silam. Brand asal Italia ini berdiri di atas lahan seluas 55 ribu meter persegi dengan proyeksi mulai ngebul pada kuartal keempat tahun 2022.

Indonesia menjadi negara keempat setelah Piaggio juga memiliki fasilitas produksi di Italia, Vietnam, dan India. Pabrik ini memiliki kapasitas 10.000 unit per tahun untuk melayani pasar domestik.

Seperti diketahui PT Piaggio Indonesia memasarkan beragam model motor mulai skutik hingga motor gede dari merek Aprilia, Vespa, Moto Guzzi, dan Piaggio. Informasi yang diperoleh saat seremoni tahun lalu, Vespa bakal menjadi line up pertama yang diproduksi di Cikarang.

"Pada tahap pertama, merek ikonik kami, Vespa akan menjadi produk fokus dari kegiatan operasional di fasilitas ini. Vespa pertama dari dan untuk Indonesia akan diluncurkan pada akhir tahun 2022," lata Marco Noto La Diega, Managing Director & Country CEO Piaggio Indonesia pada November tahun lalu.

Di Indonesia, merek motor Vespa lekat dengan motor premium. Untuk memilikinya, saat ini harus mengeluarkan dana sekitar Rp 40,5 juta (OTR Jadetabek) untuk varian paling termurah yakni LX-125 I-Get.

Selain LX 125 I-Get, Piaggio sudah dari tahun 2011 bermain di Tanah Air, pabrikan asal Italia ini memiliki produk andalan untuk tembus di pasar nasional. Dua produk andalannya tersebut adalah Vespa Primavera dan Vespa Sprint.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia membutuhkan jutaan tenaga kerja dalam bidang digital. Peluang yang besar ini mengingat tumbuh suburnya ekosistem digital.

Senin, 05 Desember 2022 - 23:26 WIB

Indonesia Butuh 9 Juta SDM Digital, Mendesak Kolaborasi Pendidikan dan Industri

Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia membutuhkan jutaan tenaga kerja dalam bidang digital. Peluang yang besar ini mengingat tumbuh suburnya…

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memprioritaskan kader internal sebagai tokoh yang akan dimajukan sebagai calon presiden (capres).

Senin, 05 Desember 2022 - 22:58 WIB

Pengamat: Munculnya Dinamika Pencapresan di KIB Hal Wajar

Jakarta- Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memprioritaskan kader internal sebagai tokoh yang akan dimajukan sebagai calon presiden (capres). Hal itu diungkap Ketum PAN Zulkifli Hasan, yang mengatakan…

Ilustrasi TV produksi Panasonic terbaru

Senin, 05 Desember 2022 - 20:19 WIB

Panasonic Produksi OLED TV & Smart TV 4K Terbaru

PT Panasonic Gobel Indonesia tak henti menghadirkan inovasi teknologi Televisi. Guna memberikan kepuasan mendapatkan informasi dan hiburan dengan performa dan kualitas produk yang terbaik, Panasonic…

RiaMiranda Tenth Annual Show

Senin, 05 Desember 2022 - 19:21 WIB

Ria Miranda Perkenalkan Tren Koleksi 2023 Lewat RiaMiranda Tenth Annual Show

Brand Moslem fashion RiaMiranda menggelar acara tahunannya yang ke-10, RiaMiranda Tenth Annual Show dipersembahkan oleh BRI serta didukung oleh Somethinc sebagai Official Beauty Partner di Grand…

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf bersama Kasatpol PP Kabupaten Pasuruan

Senin, 05 Desember 2022 - 19:20 WIB

Pasuruan Optimalkan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau

Sepanjang tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Pasuruan terus memaksimalkan pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH-CHT). Tujuannya sudah pasti, mendukung penuh pelaksanaan program-program…