Menperin Agus Resmikan Pabrik Piaggio Pertama di Indonesia

Oleh : Ridwan | Rabu, 23 November 2022 - 13:30 WIB

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat meresmikan pabrik PT Piaggio Indonesia di Cikarang, Jawa Barat
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat meresmikan pabrik PT Piaggio Indonesia di Cikarang, Jawa Barat

INDUSTRY.co.id - Cikarang - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita secara langsung meresmikan pabrik PT Piaggio Indonesia di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (23/11).

Pabrik ini merupakan pabrik pertama Piaggio Group di Indonesia.

Dalam sambutannya, Menperin Agus mengucapkan selamat dan mengapresiasi PT Piaggio Indonesia atas pendirian fasilitas produksi di Cikarang, Jawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Menperin Agus juga berharap PT Piaggio Indonesia dapat meningkatkan penggunaan komponen lokal, khususnya komponen industri kecil dan menengah (IKM) agar mampu masuk dalam global suply chain Piaggio.

"Penggunaan komponen lokal tersebut termasuk kegiatan untuk mendukung peningkatan program TKDN," kata Menperin Agus.

Pabrik PT Piaggio Indonesia merupakan fasilitas produksi dengan kapasitas produksi awal sebanyak 10 juta unit/tahun. 

Pada kesempatan ini juga, PT Piaggio Indonesia secara langsung melaksanakan initial production untuk jenis Vespa LX.

"Dengan nilai investasi awal sebesar USD 20 juta, PT Piaggio Indonesia akan fokus untuk pengembangan skuter merek Vespa di pabrik pertamanya di Indonesia ini. Mereka (Piaggio Indonesia) juga berkomitmen untuk menambah investasinya di Indonesia," tandasnya.

Rencana peresmian pabrik ini sejalan dengan roadmap PT Piaggio saat seremoni November 2021 silam. Brand asal Italia ini berdiri di atas lahan seluas 55 ribu meter persegi dengan proyeksi mulai ngebul pada kuartal keempat tahun 2022.

Indonesia menjadi negara keempat setelah Piaggio juga memiliki fasilitas produksi di Italia, Vietnam, dan India. Pabrik ini memiliki kapasitas 10.000 unit per tahun untuk melayani pasar domestik.

Seperti diketahui PT Piaggio Indonesia memasarkan beragam model motor mulai skutik hingga motor gede dari merek Aprilia, Vespa, Moto Guzzi, dan Piaggio. Informasi yang diperoleh saat seremoni tahun lalu, Vespa bakal menjadi line up pertama yang diproduksi di Cikarang.

"Pada tahap pertama, merek ikonik kami, Vespa akan menjadi produk fokus dari kegiatan operasional di fasilitas ini. Vespa pertama dari dan untuk Indonesia akan diluncurkan pada akhir tahun 2022," lata Marco Noto La Diega, Managing Director & Country CEO Piaggio Indonesia pada November tahun lalu.

Di Indonesia, merek motor Vespa lekat dengan motor premium. Untuk memilikinya, saat ini harus mengeluarkan dana sekitar Rp 40,5 juta (OTR Jadetabek) untuk varian paling termurah yakni LX-125 I-Get.

Selain LX 125 I-Get, Piaggio sudah dari tahun 2011 bermain di Tanah Air, pabrikan asal Italia ini memiliki produk andalan untuk tembus di pasar nasional. Dua produk andalannya tersebut adalah Vespa Primavera dan Vespa Sprint.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…

Pelita Air

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:51 WIB

Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran 2024, Pelita Air Siapkan 273 Ribu Kursi Penerbangan

Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai medium service, menyiapkan 273 ribu kursi penerbangan selama periode angkutan lebaran pada 3 hingga 18 April 2024. Hal ini dilakukan untuk mendukung…

Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:05 WIB

15 Subsektor Ekspansi, IKI Maret 2024 Tembus 53,05

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan Maret 2024 mencapai 53,05, meningkat sebesar 0,49 poin dibandingkan bulan Februari 2024 sebesar 52,56. Kenaikan nilai IKI pada Maret ini dipengaruhi oleh…

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:50 WIB

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Platform hiburan digital terkemuka, TikTok, meluncurkan TikTok Rising Indonesia, program baru untuk menemukan dan mendukung talenta-talenta lokal yang sedang berkembang, membina komunitas musisi…