Piaggio Indonesia Luncurkan Piaggio MP3 300 hpe Sport, Varian Lincah dan Ringan di Keluarga Skuter Roda Tiga

Oleh : Hariyanto | Selasa, 15 November 2022 - 13:34 WIB

Piaggio MP3 300 hpe Sport
Piaggio MP3 300 hpe Sport

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Piaggio Indonesia menghadirkan Piaggio MP3 300 hpe Sport terbaru yang menambah portofolio merek Piaggio di pasaran. Piaggio MP3 300 hpe Sport baru ini adalah kendaraan berdesain compact, sporty dan dinamis dengan tetap mengutamakan kenyamanan dan performa tingkat tinggi ala skuter Gran Turismo. 

Piaggio MP3 300 hpe Sport dirancang menggunakan teknologi roda tiga Piaggio yang eksklusif, di mana sistem suspensi segiempat di tampilan depan berikut roda depan ganda menjadi elemen unik dan khas yang menjadikan pengalaman mengendarai Piaggio MP3 sangat unik. Didukung stabilitas menikung yang lebih dibanding skuter lain, serta kemampuan optimal di kondisi aspal basah atau dalam kondisi pengereman yang buruk.

 “Piaggio MP3 300 hpe Sport terbaru secara konsisten membuktikan komitmen berkelanjutan PT Piaggio Indonesia dalam menghadirkan berbagai kendaraan canggih untuk solusi mobilitas perkotaan yang cerdas. Kami senang dapat memberikan pengalaman berkendara terbaik dengan cara yang paling nyaman, modis dan canggih.” kata Marco Noto La Diega, Managing Director & Country CEO PT Piaggio Indonesia yang dikutip INDUSTRY.co.id, Selasa (15/11/2022).

Piaggio MP3 300 hpe Sport memoliki desain yang modern dan sporty, di mana secara harmonis memadukan bagian depan yang agresif dengan bagian belakang yang ramping dan ringan. Kaca pelindung depan mempertahankan ciri khas keluarga skuter maxi Piaggio MP3: dengan bagian tengahnya didominasi oleh lampu depan ganda yang dilengkapi oleh lampu high efficiency LED daytime running light, yang memodernisasi tampilan depan. 

Karakteristik "dasi" membagi lampu depan dan menghubungkan antara grill dan kaca depan, untuk menjamin perlindungan terbaik. Berkontribusi melangsingkan tampilan depan, serta membuat unik tampilan roda depan ganda, adalah pelindung lumpur (mud guard) berdesain sporty yang dicat selaras dengan bodi, serta velg roda dengan desain lima palang terpisah.

Untuk melengkapi bagian depan yang tampil agresif, terdapat ekor tipis dan meruncing yang secara elegan menampung pegangan nyaman bagi penumpang, kemudian diakhiri oleh susunan lampu belakang yang modern dan mewah, ditandai dengan lampu parkir dan lampu rem LED.

Sama seperti generasi produk sebelumnya, Piaggio MP3 300 hpe Sport terbaru ini terasa nyaman dan sangat fungsional. Jok, dengan tempat duduk bertingkat dua terpisah, dibentuk sedemikian rupa untuk kenyamanan dan keamanan saat bersentuhan dengan permukaan tanah, serta untuk menjamin dukungan posisi duduk yang memadai bagi pengendara, semuanya dirancang demi kenyamanan. 

Posisi duduk penumpang dibuat landai dan santai, berkat footboard lipat yang praktis, yang ketika ditutup, menyatu sempurna dengan fairing. Pedal sistem pengereman gabungan, di papan kaki kanan, telah diposisikan ulang untuk ergonomi berkendara global yang lebih baik.

Kompartemen di bawah jok hadir sangat luas. Joknya memiliki pegas untuk menahannya dalam posisi terbuka. Pengait tas yang praktis dan terpisah dirancang terintegrasi dengan plat belakang pelindung kaki. Di bawah dasbor instrumen terdapat kompartemen sarung tangan praktis dengan laci dan koneksi USB, ideal untuk mengisi ulang daya smartphone dan perangkat lainnya.

Piaggio MP3 hpe mengedepankan evolusi terbaru dari mesin Piaggio 300 cc silinder tunggal, 4 stroke, 4 valve, mesin berpendingin cair dengan injeksi elektronik: hasil dari uji coba tim riset Piaggio Group dan dikenal sebagai 300 hpe (High Performance Engine). 

Unit ini diuntungkan dari penelitian berkelanjutan yang bertujuan meningkatkan performa sekaligus menghemat konsumsi bahan bakar. Tenaga mesin maksimum mencapai 19 kW (25,8 HP) pada 7.750 rpm, dan torsi maksimum mencapai 26,1 Nm pada 6.250 rpm.

Tujuan utama dari proyek ini adalah untuk mengoptimalkan keluaran termodinamika serta untuk mengurangi gesekan dan kebisingan mesin, di mana di saat yang sama meningkatkan performa dan kemampuan berkendara secara umum.

Bagian kepala adalah hasil dari tampilan yang benar-benar baru dan dicirikan oleh komponen internal yang sepenuhnya didesain ulang: geometri dan diameter saluran telah diubah, serta katup masuk dan buang, yang telah ditambahkan diameternya sebesar 3 mm. Penggunaan piston dengan arsitektur yang didesain ulang, terutama pada bentuk bagian atas, menghasilkan ruang bakar yang sangat efisien.

Sistem camshaft tunggal dengan katup overhead memiliki rocker dengan tappet gulung, bukan tappet datar, semuanya untuk memperhalus getaran mesin, memperkuat daya tahan, dan meminimalisir kerugian mekanis. Profil camshaft dirancang untuk mencapai angle over stroke yang lebih kuat, tetapi pada saat yang sama mampu mengurangi kebisingan yang dihasilkan oleh distribusi pembakaran: khususnya, lebih banyak angle over stroke valve time menjamin pengisian ruang bakar yang lebih besar, yang berarti efisiensi yang lebih baik. Akibatnya, beban dan dimensi pegas katup juga meningkat.

Pengenalan injektor multi-jet bertekanan tinggi juga membantu meningkatkan performa pembakaran. Saluran masuk yang luas, dilengkapi dengan saluran dengan panjang yang dioptimalkan, meningkatkan torsi yang dihasilkan pada putaran rendah dan memastikan pengendaraan yang sangat mulus pada kecepatan apa pun. Terakhir, namun tidak kalah pentingnya, busi pengapian iridium memastikan daya tahan yang lebih besar dalam kondisi pengoperasian yang sama.

Banyaknya perubahan pada mesin juga meningkatkan keandalannya yang sudah melegenda, dan bukti nyata dari hal ini adalah fakta bahwa servis rutin dijadwalkan setiap 10.000 km.

Mesinnya dikendalikan oleh Magneti Marelli MIUG4 ECU generasi terbaru yang menampilkan kapasitas penghitungan yang lebih besar, dimana ini berkontribusi meningkatkan efisiensi mesin secara keseluruhan dan juga memungkinkan mesin untuk dihidupkan hampir seketika, setelah hanya dua putaran poros engkol.

Dengan pembaruan pada mesin, Piaggio MP3 300 hpe Sport mengadopsi sistem pengereman anti-locking ABS yang terintegrasi dengan kontrol traksi ASR (Acceleration Slip Regulation). ASR (pertama kali disematkan pada skuter oleh Piaggio) dapat dengan mudah dilepas dan menjamin keamanan dengan menjaga roda belakang agar tidak tergelincir pada permukaan berbahaya, seperti aspal basah.

Sistem ABS tiga saluran, yang dikembangkan bekerja sama dengan perusahaan ban Continental, memaksimalkan fitur keselamatan aktif, mencegah penyumbatan roda saat mengerem dan memberikan kendali penuh pada kendaraan setiap saat. Piaggio MP3 menggunakan sistem pengereman all-disc pada ketiga rodanya, dengan diameter cakram 258 mm di depan dan 240 mm di belakang. Keamanan yang lebih baik dan pengendaraan yang lebih mulus disediakan oleh roda depan berdiameter 13 inci yang besar.

Piaggio MP3 juga menuai sukses berkat teknologi eksklusif Piaggio yang dipatenkan untuk roda depan ganda yang independen dan dapat diatur kemiringannya oleh suspensi penghubung empat batang yang unik, yang dirancang dan dikembangkan oleh Grup terkemuka di Eropa sebelum pabrikan lain di dunia untuk memastikan kenikmatan berkendara maksimal dengan keamanan yang terjamin. 

Mekanisme gulungan terdiri dari empat lengan aluminium menyatu pada empat engsel yang terhubung dengan kuat ke selongsong tengah, serta dua selongsong samping terhubung ke lengan melalui poros dan bantalan bola. Di dalam lengan samping, tabung kemudi kanan dan kiri berputar dalam pengaturan lengan tunggal klasik.

Mekanisme pemblokiran untuk suspensi depan, fitur yang membedakan skuter roda tiga Italia, mengubah keseimbangan Piaggio MP3 300 hpe dari dinamis menjadi statis. Nyalakan kendaraan dan tetap seimbang di tiga roda tanpa perlu penyangga (walau tetap terpasang). Untuk melanjutkan pengendaraan normal, akselerasi atau gunakan tombol tekan khusus.

Piaggio MP3 300 hpe Sport tampil menonjol berkat berbagai detailnya yang memiliki sentuhan akhir hitam matt, seperti "dasi" pada pelindung, garis-garis pada terowongan tengah dan area pegangan penumpang. Tampilan sporty-nya semakin menawan dengan pegas shock absorber depan dan belakang yang dicat merah, warna yang juga tampak pada jahitan jok yang kontras. Rem depan cakram dengan profil gelombang dan papan kaki dengan sisipan aluminium disertakan sebagai standar. Tersedia dua skema warna Blu Oxygen dan Argento Cometa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI kolaborasi dengan Kampus

Selasa, 14 Mei 2024 - 14:40 WIB

Konsisten Dukung SMMPTN-Barat 2024, BNI Gandeng 25 PTN

Dalam rangka terus mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dengan memfasilitasi kemudahan dalam transaksi…

MSIG Life

Selasa, 14 Mei 2024 - 14:37 WIB

MSIG Life Bayarkan Klaim Kesehatan dan Meninggal Dunia Rp164 Miliar Selama Kuartal Pertama 2024

PT MSIG Life Insurance Indonesia Tbk (MSIG Life) sebelumnya bernama Sinarmas MSIG Life,  membayarkan klaim meninggal dunia dan kesehatan sebesar Rp164 miliar selama kuartal pertama di 2024.…

Jajaran Direksi PT Axa Insurance Indonesia, Kika: Niken Saraswati, Chief Retail Officer. Edwin Sugianto, Direktur. Laurent Bourson, Presiden Direktur. Deddi Hamonangan, Direktur Kepatuhan. Lina Vongsa-Ath, Chief Of Strategy, Partnership, & Emerging Customer

Selasa, 14 Mei 2024 - 14:30 WIB

Keren! AXA Insurance Raih ISO 27001 untuk Peningkatan Keamanan Informasi

Jakarta– PT AXA Insurance Indonesia (AXA Insurance) berhasil meraih sertifikasi ISO 27001, standar internasional untuk manajemen keamanan informasi, melengkapi sertifikasi ISO 9001:2015, Quality…

Suryanesia raih penghargaan The Most Active Company in Solar Rooftop Innovations

Selasa, 14 Mei 2024 - 14:25 WIB

Suryanesia Dinobatkan Sebagai The Most Active Company in Solar Rooftop Innovations

Berkat kolaborasi bersama Gaia Bumi Raya City, sebagai salah satu pusat perbelanjaan terhijau di Indonesia, Suryanesia, sebuah perusahaan yang menyediakan energi bersih bagi pelaku usaha, berhasil…

Keselamatan Prioritas Bersama, Gahawisri Labuan Bajo Gelar Pelatihan Rescue Laut

Selasa, 14 Mei 2024 - 12:19 WIB

Keselamatan Prioritas Bersama, Gahawisri Labuan Bajo Gelar Pelatihan Rescue Laut

Layanan wisata internasional yang berada di kawasan Labuan Bajo ditingkatkan. Selain menambah layanan fasilitas umum dan kesehatan bagi masyarakat juga wisatawan, layanan dari sisi pelatihan…