Meriahnya Festival Tanjung Lesung 2022 Bikin Ratusan Wisatawan Terpesona

Oleh : Ridwan | Selasa, 01 November 2022 - 19:45 WIB

Festival Tanjung Lesung 2022
Festival Tanjung Lesung 2022

INDUSTRY.co.id - Pandeglang – Sekitar 20 penari berbaju tradisional melakukan tarian kolosal Sambut Lesung di Lallasa Beach Club, Tanjung Lesung, Banten, Sabtu (29/10). Mereka menari dengan koreografi yang atraktif dan kompak hingga berhasil memukau sekitar 500 pengunjung yang memadati area panggung Festival Tanjung Lesung 2022.

Para pengunjung banyak yang tak kuasa menahan badan dan kepala mereka berjoget, bahkan ada yang bersorak ria. Di mana, amat menggambarkan tema Festival Tanjung Lesung 2022, yaitu Sambut Lesung. Pengunjung begitu menyambut meriah atas tarian kolosal Sambut Lesung ini. 

Meriah selama dua hari

Sebenarnya kemeriahan Festival Tanjung Lesung 2022 tak hanya malam pembukaan saja, tapi selama penyelenggaran dua hari penuh mulai 29 - 30 Oktober 2022. Ya, hal itu karena rangkaian acara seru yang telah disiapkan oleh Pemprov Banten maupun Pemkab Kabupaten.

Pada hari pertama, pagi hari pengunjung diajak senam zumba massal yang berhasil diikuti oleh 200-an ibu-ibu. Setelah itu, digelar acara melukis anak sekolah untuk pengunjung yang datang bersama anak-anak, lalu menjajal aneka kopi di festival kopi, dan mencicipi aneka makanan di show case kuliner khas serta UMKM & Ekraf. 

Lalu, sorenya, pengunjung diajak menikmati kegiatan grafiti dan berbagai band yang melantunkan lagu-lagu hits saat ini. 

Tiba pada malam hari, pengunjung disambut tarian kolosal Sambut Lesung yang dihadiri oleh wisatawan, masyarakat setempat, media, jajaran pejabat Pemprov Banten dan Pemkab Banten.

Bagaimana keseruan hari kedua? Tentu, tidak kalah seru. Pengunjung mulai dari orang tua sampai anak-anak diajak mengikuti berbagai acara olahraga yang diselenggarakan, yaitu race on the beach, dirty track, dan mountain bike. 

Lepas jeda istirahat siang, acara dilanjut pentas berbagai penampilan band beraliran reggae, games, doorprize dan pembagian hadiah dari perlombaan pagi harinya. 

Tak selesai di sana, para pengunjung juga banyak yang ikut mengeksplor Tanjung Lesung bersama klub otomotif off road Kanan Kiri Kota Serang yang mengadakan jambore di Tanjung Lesung, atau melihat serunya kompetisi motocross bertajuk Tanjung Lesung Super Endurocross Championship dan Live Music Concert 2022 di Pantai Ladda Beach. Atau singkat kata, para pengunjung Festival Tanjung Lesung 2022 dimanjakan waktu akhir pekan mereka dengan berbagai acara seru.

Kesan pengunjung Festival Tanjung Lesung

Ya, setidaknya hal itu yang dirasakan oleh Dila Meilani (23), wisatawan asal Panimbang-Pandeglang. Ia bercerita datang ke Tanjung Lesung, salah satu unit usaha PT Jababeka Tbk pada hari Sabtu (29/20) sejak jam delapan pagi dan Dila mengaku liburan akhir pekan di Festival Tanjung Lesung amat berkesan baginya, terutama saat ia diajak mengeksplor pantai Tanjung Lesung naik mobil off road. Karena selain melihat keindahan alam Tanjung Lesung lebih dekat, ia bisa memacu adrenaline-nya dengan naik mobil offroad.

“Kesan yang saya dapat (di Festival Tanjung Lesung) itu seru banget. Saya bisa menikmati pemandangan sekeliling pantai tanjung lesung, dan momen yang paling saya suka ialah ketika mobil saya mencoba menembus air,” kata Dila, antusias. 

Sementara pejabat pemerintah provinsi Banten maupun Kabupaten Pandeglang dalam sambutannya terdapat benang merah, bahwa mereka berharap Festival Tanjung Lesung 2022 bisa menjadi sebuah momen dari awal kebangkitan pariwisata di Pandeglang. Sehingga, pariwisata di Pandeglang bisa didatangi banyak wisatawan dengan durasi tinggal yang cukup panjang.

Poernomo Siswoprasetijo selaku Direktur Utama Tanjung Lesung, selaku pengelola dan pengembang KEK Tanjung Lesung mengatakan bahwa dirinya yakin hadirnya Festival Tanjung Lesung 2022 pasti ikut berkontribusi pada pemulihan atau kebangkitan industri pariwisata Pandeglang.

“Juga, saya mendukung sekaligus mendorong untuk dikembangkannya kegiatan-kegiatan festival untuk bisa mempromosikan daerah. Sehingga potensi-potensi kreatif, seni budaya, dan alamnya yang indah bisa dikenal kepada calon-calon wisatawan,” kata Poernomo.

Tak lupa, Poernomo mengapresiasi Pemprov Banten dan Pemkab Pandeglang serta semua pihak yang terlibat. Sehingga dalam dua hari penyelenggaraan Festival Tanjung Lesung 2022 berjalan sukses dan ramai. 

Adapun sekitar 700-an wisatawan mendatangi Festival Tanjung Lesung 2022 yang menjadi sinyal positif bagi industri pariwisata pandeglang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Marketing Innovation (Ilustrasi)

Minggu, 19 Mei 2024 - 22:10 WIB

Innovation in Marketing Strategies That You Need to do!

In an era that continues to develop rapidly, it is important for us to always follow developments in trends to find effective marketing strategies. An effective marketing strategy must be dynamic…

Industri kesehatan

Minggu, 19 Mei 2024 - 21:35 WIB

Strategic Development of Health-Related Assistance Services in Post-Covid-19 Indonesia using PESTLE Analysis

The Covid-19 pandemic has dramatically reshaped the global healthcare landscape, highlighting both vulnerabilities and opportunities within health-related services. As Indonesia emerges from…

Meriahkan HUT Jakarta, PJ Gubernur Ajak Masyarakat Meriahkan BTN Jakim 2024

Minggu, 19 Mei 2024 - 18:35 WIB

Meriahkan HUT Jakarta, PJ Gubernur Ajak Masyarakat Meriahkan BTN Jakim 2024

Jakarta–Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-497, Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BTN) akan menyelenggarakan…

Wahdah Islamiah dukung Palestina merdeka

Minggu, 19 Mei 2024 - 18:24 WIB

Wahdah Islamiyah Kecam Israel atas Genosida Rakyat Palestina

Ormas Islam Wahdah Islamiyah ikut mengecam penjajahan dan genosida yang dilakukan zionis Israel di Gaza Palestina, yang kini telah memasuki hari ke 225 sejak oktober 2023 yang lalu.

Emak emak aksi palestina

Minggu, 19 Mei 2024 - 15:10 WIB

Emak-Emak Ikut Aksi Bela Palestina di Kedubes Amerika Serikat

Aksi Damai didepan kedubes Amerika Serikat, dan di rumah Dubes Mesir, dari pagi hingga siang hari, diikuti sejumlah Kekuatan Masa dari berbagai Wilayah Jakarta dan sekitarnya. Nampak yang turut…