Mengenal Whatsapp API, Fitur Whatsapp yang Wajib Dimiliki oleh Pelaku Bisnis

Oleh : Hariyanto | Senin, 31 Oktober 2022 - 15:41 WIB

Ilustrasi Whatsapp API
Ilustrasi Whatsapp API

INDUSTRY.co.id - Saat ini, sudah banyak perusahaan yang memanfaatkan fitur perpesanan seperti WhatsApp API untuk mendukung proses pemasaran. Pasti banyak di antara Anda yang bertanya-tanya, mengapa banyak perusahaan yang memanfaatkan fitur ini? Sebenarnya, fitur Whatsapp Business API banyak digunakan karena memberikan banyak sekali manfaat terutama dalam hal kemudahan proses penyampaian informasi. Sebelum membahas mengenai fitur dan manfaat dari fitur ini secara lebih lanjut, ada baiknya kita menelusuri penjelasan lengkap mengenai Whatsapp Business API di bawah ini.

Sekilas tentang Whatsapp API

Whatsapp Business telah diluncurkan belum lama ini, untuk memungkinkan pemasar bisnis kecil memperluas jangkauannya ke konsumen dan pengguna. Sekarang, Facebook telah melangkah lebih jauh dan telah meluncurkan API WhatsApp Business untuk perusahaan bisnis besar. Dengan API WhatsApp Business, WhatsApp kini menawarkan peluang bisnis untuk terlibat dengan pelanggan mereka secara langsung melalui WhatsApp. Ini telah membuka jalan baru bagi bisnis untuk menyenangkan pelanggan mereka.

API dirancang untuk memungkinkan bisnis menanggapi pertanyaan pelanggan, atau memberi mereka informasi lain yang mereka minta. Karena ini adalah API, tidak ada antarmuka ujung depan yang disediakan dan tidak ada aplikasi. Idenya adalah bahwa bisnis akan mengambil titik akhir API WhatsApp untuk mengintegrasikannya ke dalam rangkaian teknologi mereka.

Apakah Bisnis Anda memerlukan WhatsApp API?

Apakah bisnis Anda benar-benar perlu menggunakan fitur pemasaran & dukungan pelanggan di WhatsApp API? Tentu saja! Secara umum, Anda memerlukan ragam fitur yang tersedia di WhatsApp API karena beberapa alasan berikut:

1. WhatsApp memiliki 2,2 Miliar pengguna Aktif Bulanan

2. Pemberitahuan WhatsApp memiliki tingkat Buka Pesan 98%

3. Rasio Klik-tayang / Rasio Keterlibatan 45-60%

4. Rata-rata pengguna membuka WhatsApp 23 kali setiap hari.

5. Ini adalah tempat yang tepat untuk memberikan Pengalaman Pelanggan yang Dipersonalisasi.

Untuk memberi Anda perspektif, Email hanya memiliki rasio buka 21% & Klik-tayang 2-5%. Jika Anda ingin memaksimalkan WhatsApp Marketing untuk Bisnis Anda, WhatsApp Business API adalah cara terbaik untuk mencapainya. Dengan menghubungkan akun WhatsApp API Anda dengan platform WhatsApp Marketing resmi seperti Mekari Qontak, Anda dapat:

1. Melakukan broadcast pesan promosi ke pengguna Tidak Terbatas di WhatsApp (untuk pengguna yang ikut serta)

2. Otomatisasi Notifikasi di WhatsApp dengan Integrasi

3. Dapatkan Centang Hijau Terverifikasi di WhatsApp untuk meningkatkan Keaslian Bisnis

4. Berikan Dukungan Obrolan Manusia Langsung di perangkat Tidak Terbatas

5. Integrasikan WhatsApp Chatbots untuk mengotomatisasi dukungan & penjualan

6. Mengirim Retargeting Broadcast Campaign

7. Dan masih banyak lagi...

Perbedaan antara Aplikasi WhatsApp Business & WhatsApp API

Metode Pendaftaran Klasik melibatkan proses verifikasi Facebook Business yang rumit. Sebaliknya, aplikasi WhatsApp API terbaik memungkinkan Anda membuat akun WhatsApp API dalam waktu kurang dari 10 menit tanpa verifikasi Facebook Business, memberi Anda akses instan untuk mulai menguji WhatsApp Business API. Selain memverifikasi Akun Facebook Business, bisnis juga memiliki opsi untuk memverifikasi akun WhatsApp Business API mereka. Ingat, semua fitur WhatsApp Business API dan business tersedia dan siap digunakan meskipun akun Anda belum diverifikasi.

Memverifikasi Akun WhatsApp API

Akun WhatsApp Business API yang terverifikasi menambah kredibilitas bisnis Anda dan lebih mudah dikenali dengan nama bisnis yang terlihat di profil. Anda dapat meminta verifikasi WhatsApp API langsung di Facebook Business Manager atau melalui BSP pilihan Anda.

Untuk mendapatkan akun WhatsApp Business API Anda diverifikasi, Anda harus memenuhi persyaratan WhatsApp. Hal ini termasuk mengikuti Kebijakan Perdagangan dan Bisnis WhatsApp dan menjadi bisnis terkemuka. WhatsApp umumnya hanya memverifikasi merek terkenal seperti brand internasional. Setelah Anda memiliki akun WhatsApp Business API, integrasikan ke dalam CRM WhatsApp seperti Mekari Qontak untuk mengirim dan menerima pesan.

WhatsApp Business: Perpesanan

Aplikasi WhatsApp Business adalah aplikasi Gratis untuk digunakan yang sesuai dengan individu dan bisnis kecil, memungkinkan mereka membuat Akun WhatsApp Business & terhubung dengan pelanggan & mendorong penjualan. Namun, masalah utama di sini adalah Anda tidak dapat menggunakan Aplikasi WhatsApp Business untuk terlibat dengan audiens dalam skala besar karena beberapa kelemahannya seperti:

1. Batas broadcast WhatsApp 256 pengguna

2. Hanya pengguna yang telah menambahkan Anda ke kontak mereka yang akan menerima Siaran.

3. Tidak ada opsi untuk melacak analitik

4. Anda tidak dapat mengintegrasikan WhatsApp Chatbot untuk mengotomatiskan dukungan pelanggan.

5. Anda tidak dapat mengirim pesan dengan Tombol yang Dapat Diklik atau Balasan Cepat

Untuk mengatasi keterbatasan ini, Anda dapat menggunakan WhatsApp Business API Business untuk banyak pengguna.

WhatsApp Business API business lebih kuat daripada WhatsApp Business biasa karena memungkinkan Anda untuk:

● Melakukan broadcast ke Pengguna Tidak Terbatas (pengguna yang ikut serta)

● Gunakan WhatsApp Business di Beberapa Perangkat

● Notifikasi Otomatis

● Instal WhatsApp Chatbots

● Dapatkan Centang Hijau Terverifikasi di WhatsApp

● Kirim Pesan dengan tombol yang dapat diklik

Bagaimana cara mengirim Pesan di WhatsApp menggunakan WhatsApp API Business?

Jika pengguna memulai percakapan, bisnis dapat merespons dengan pesan apa pun selama 24 jam ke depan dari pesan terakhir pengguna. Namun, jika sebuah bisnis ingin memulai percakapan dengan mengirimkan Siaran WhatsApp atau pemberitahuan, pesan tersebut harus disetujui dari WhatsApp. WhatsApp memverifikasi pesan yang ingin Anda kirim ke pengguna, memastikan bahwa itu bebas dari kesalahan dan sesuai dengan Kebijakan Perdagangan WhatsApp.

Pesan-pesan ini, yang Anda perlukan untuk mendapatkan persetujuan dari WhatsApp dikenal sebagai Pesan Template WhatsApp. Pesan template dikirim oleh bisnis untuk memulai percakapan, mengirim pesan transaksional (pembayaran, pesanan, peringatan pengiriman dll), mengirim voucher diskon & penawaran promosi di WhatsApp, dan kegunaan lainnya.

Jadi, bagaimana Anda membuat pesan template WhatsApp?

Anda dapat membuat & menyetujui Pesan Template dengan mudah dari aplikasi terpercaya. Biasanya, pesan Template WhatsApp yang dibuat di aplikasi akan membutuhkan waktu 15 menit hingga 3 jam untuk disetujui oleh Facebook. Setelah pesan template disetujui, Anda dapat mengirimkannya ke audiens Anda melalui Broadcast WhatsApp.

Syarat Mengajukan Permohonan WhatsApp API

Ada 2 prasyarat yang harus Anda penuhi untuk mendaftar WhatsApp Business API:

● Situs Web Bisnis & Email Bisnis

Situs Web Bisnis/ ID email Bisnis adalah suatu keharusan untuk mendapatkan akses ke API WhatsApp. Pastikan footer situs web Anda menyertakan nama bisnis resmi Anda.

● Nomor Telepon Baru

Anda memerlukan nomor telepon aktif yang saat ini tidak terdaftar di salah satu akun WhatsApp. Anda juga dapat menggunakan nomor telepon lama, tetapi Anda harus menghapus Aplikasi/Akun WhatsApp yang aktif secara permanen di dalamnya.

Setelah Anda disetujui untuk WhatsApp Business API, Anda akan dapat mengirim pesan ke 50 orang sekaligus. Untuk meningkatkan Batas Siaran & menggunakan semua fitur API WhatsApp yang tersedia, Anda harus memverifikasi Pengelola Bisnis Facebook Anda.

Bagaimana cara mendaftar untuk WhatsApp Business API?

Sampai saat ini, masih ada sejumlah bisnis yang ragu untuk memanfaatkan fitur WhatsApp Business API karena mengira bahwa proses pendaftarannya pasti rumit. Padahal, proses pendaftaran aplikasi Whatsapp Business API sangat mudah. Secara umum ada 2 cara untuk mengajukan WhatsApp Business API:

1. Langsung dari Meta

Meta sekarang menyediakan bisnis langsung ke WhatsApp API dengan WhatsApp Cloud API. WhatsApp Cloud API adalah versi cloud dari WhatsApp Business API, yang memungkinkan bisnis & pengembang untuk membangun di atas WhatsApp, menyesuaikan pengalaman mereka dan menanggapi pelanggan dengan cepat & mudah. Namun, ada beberapa kelemahan utama WhatsApp Cloud API termasuk:

1. Meta tidak menyediakan platform untuk menggunakan WhatsApp Cloud API

2. Meta tidak mengizinkan Bisnis India untuk membayar Percakapan WhatsApp.

3. Dukungan terbatas yang diberikan oleh Meta (hanya melalui email)

2. Dari Mitra Bisnis WhatsApp

Mitra Bisnis WhatsApp adalah perantara yang membantu Anda mendapatkan akses cepat ke API WhatsApp Business. Sebelumnya, Meta tidak menyediakan akses langsung ke WhatsApp API. Jadi, bisnis mengambil bantuan dari mitra WhatsApp seperti AiSensy untuk mendapatkan akses ke & serta mendapatkan platform untuk menggunakan API WhatsApp.

Manfaat memilih Mitra WhatsApp untuk API WhatsApp Business

Meskipun Meta telah membuka WhatsApp untuk bisnis dengan WhatsApp Cloud API, mereka tidak benar-benar menyediakan platform untuk menggunakan WhatsApp Cloud API. Selain itu, Meta tidak mengizinkan Bisnis India melakukan pembayaran untuk Kredit Percakapan WhatsApp. Dengan mengambil bantuan dari Mitra WhatsApp seperti AiSensy untuk mendapatkan API WhatsApp, Anda akan mendapatkan:

● Akses Cepat & Gratis ke WhatsApp Business API

Anda dapat mendaftar untuk WhatsApp Business API Gratis dengan aplikasi terpercaya. Biasanya hanya dibutuhkan waktu 10 - 24 jam untuk mendapatkan akun API WhatsApp Anda disetujui.

● Orientasi & Dukungan Lengkap

Manfaat signifikan lainnya dari memilih mitra WhatsApp Business adalah mereka memberi Anda orientasi & dukungan lengkap jika Anda mengalami kesulitan pada titik mana pun.

● Platform untuk menggunakan API WhatsApp

Mitra WhatsApp memberi Anda platform tanpa kode dengan fitur-fitur canggih & UI atau antarmuka yang mudah dipahami untuk memaksimalkan API WhatsApp Business.

Rekomendasi Aplikasi WhatsApp API Terbaik

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa saat ini WhatsApp API sangat berguna untuk menyederhanakan proses marketing dan layanan pelanggan dalam bisnis melalui media perpesanan. Dengan memanfaatkan Whatsapp Business API, proses pemasaran dan penyampaian informasi juga menjadi lebih aman karena sudah didukung dengan fitur keamanan canggih. Oleh karena itu apabila Anda tertarik untuk mendapatkan kemudahan dari fitur API Whatsapp, Anda dapat memilih aplikasi yang terpercaya seperti Mekari Qontak.

Mekari Qontak adalah aplikasi terpercaya yang dapat dikustomisasi dengan mudah melalui panduan yang diberikan. Aplikasi yang satu ini memiliki banyak keunggulan utama, seperti laporan penjualan komprehensif, informasi riwayat pelanggan rinci, dan dukungan purna jual sehingga Anda bisa mendapatkan banyak manfaat kemudahan hanya melalui satu aplikasi saja, yaitu Mekari Qontak.

Kesimpulan

Demikianlah tadi telah kami rangkum penjelasan lengkap mengenai WhatsApp API, cara pendaftaran dan kegunaannya. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa saat ini WhatsApp API sudah dirancang secara khusus untuk memudahkan operasional bisnis, terutama dalam hal layanan, pemasaran, dan hubungan pelanggan. Oleh sebab itu bagi Anda yang tertarik untuk mendapatkan ragam manfaat dari aplikasi ini, ada baiknya untuk memilih aplikasi WhatsApp API yang terpercaya seperti Mekari Qontak untuk hasil yang maksimal.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan