Gelontorkan Rp1,2 Triliun, Pabrik Clothing Label Terkemuka Asal China PT BSN Technology Resmi Dibuka di Kawasan Industri Kendal

Oleh : Hariyanto | Kamis, 20 Oktober 2022 - 18:01 WIB

PT BSN Technology buka Pabrik Clothing Label di Kawasan Industri Kendal
PT BSN Technology buka Pabrik Clothing Label di Kawasan Industri Kendal

INDUSTRY.co.id - Kendal - PT BSN Technology Indonesia merupakan perusahaan produksi clothing label terkemuka asal Guangzhou China, yaitu Baoshen Science & Applied Technologies Co. Ltd.

Saat ini, dengan pabrik yang telah beroperasi di China sejak 1988, BSN telah memiliki lebih dari 500 customer yang tersebar di berbagai negara.

Produk yang diproduksi oleh BSN sangat beragam dan inovatif dengan teknologi RFID, seperti label untuk pakaian, alas kaki, sampai dengan aksesori ritel.

Adapun pada hari ini BSN secara resmi membuka pabrik pertamanya di Indonesia yang berlokasi di Kawasan Industri Kendal dengan luas lahan sekitar 32.000 m2.

Pada pembukaan tersebut, turut hadir Bupati Kendal, Dito Ganinduto, Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil, Ignatius Warsito, serta beberapa perwakilan dari Bea Cukai dan Imigrasi.

Bupati Kendal mengapresiasi dan menyambut baik kehadiran pabrik baru BSN di Kawasan Industri besutan PT Jababeka Tbk dan Sembawang Corporation ini.

Pasalnya investasi ini tidak hanya menambah daftar pemasukan investasi asing di Kabupaten Kendal dan Jawa Tengah, namun tentunya juga membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat lokal.

“Kami ucapkan selamat atas pembukaan pabrik baru BSN di Indonesia. Kami berharap, dengan adanya BSN akan membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas bagi masyarakat Kendal dan sekitarnya," ujar Dico dalam keterangannya seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Kamis (20/10/2022).

Tak hanya itu, Ia juga mengatakan, perusahaan tidak perlu khawatir terkait penyerapan tenaga kerja.

"Karena saat ini pemerintah Kendal telah menyiapkan beberapa program yang dapat membantu perusahaan mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan industri," tandas Dico.

Sementara itu, Nick Miao, selaku Direktur PT BSN Technology Indonesia menyatakan bahwa selain ketersediaan tenaga kerja, salah satu faktor yang mempengaruhi dirinya memiliki lokasi Kendal Jawa Tengah adalah fasilitas yang ditawarkan dari Kawasan Ekonomi Khusus.

“Di Kawasan Industri Kendal yang juga merupakan Kawasan Ekonomi Khusus, kami tidak hanya ditawarkan sebidang lahan namun juga berbagai benefit investasi seperti fasilitas fiskal dan non fiskal, khususnya Tax Holiday. Kami berharap proses pengajuan fasilitas ini dapat segera terealisasi” jelasnya.

Sebagai informasi, dengan nilai investasi sebesar Rp 1,2 trilliun dan perkiraan tenaga kerja terserap sebanyak 800 orang, BSN telah menjadi salah satu penyumbang bagi perkembangan ekonomi regional dalam bidang industri manufaktur.

Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil Kementerian Perindusterian (Kemenperin), Ignatius Warsito juga turut mengapresiasi langkah BSN menanamkan modalnya di KIK.

Menurutnya, dengan dibukanya pabrik BSN ini, dapat menjadi bukti bahwa Indonesia telah berada dalam economy recovery pasca pandemi dan kembali siap untuk menerima investasi tidak hanya dari dalam negeri tetapi juga dari luar negeri (PMA).

"Ini merupakan hal yang baik bagi perkembangan industry di Indonesia," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama,  President Director & CEO  KIK, Stanley Ang menyampaikan bahwa hingga pada akhir September tahun ini, KIK telah menarik sebanyak 80 investor dengan total investasi sampai sektiar Rp 28,9 Trilliun.

"Dengan kondisi ekonomi dan infrastruktur di Jawa Tengah yang semakin membaik, maka akan lebih banyak investor lokal maupun asing yang melirik ke Jawa Tengah, khususnya ke Kendal," pungkas Stanley.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ichitan kampanye tutup botol berhadiah Private Fan Meeting bersama Bright Vachirawit ke Thailand.

Minggu, 29 Januari 2023 - 19:21 WIB

Bawa Bright Vachirawit Ke Indonesia, Ichitan Bikin Kejutan Tutup Botol Berhadiah Ratusan Juta Dan Fan Meeting Ke Thailand

Ichitan hadirkan kejutan dengan datangkan Bright Vachirawit ke Indonesia dan adakan tutup botol berhadiah Private Fan Meeting serta hadiah ratusan juta rupiah.

Presiden Jokowi bersama Menlu Retno Marsudi dan Menteri BUMN Erick Thohir

Minggu, 29 Januari 2023 - 15:50 WIB

Presiden Jokowi: ASEAN Penting dan Relevan bagi Kawasan dan Dunia

Presiden Joko Widodo meyakini bahwa ASEAN masih memiliki peran yang penting dan relevan bagi rakyat, baik di kawasan maupun di dunia. Hal tersebut disampaikan Kepala Negara dalam sambutannya…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Minggu, 29 Januari 2023 - 15:32 WIB

Menteri PUPR Basuki Dampingi Presiden Jokowi Buka Kick Off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka acara Kick Off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 di Hari Bebas Kendaraan…

Klub pencinta alam SMA 68 Elpala

Minggu, 29 Januari 2023 - 15:24 WIB

Elpala Rayakan Hari Jadi dengan Mendayung di Ancol Jakarta

Klub pencinta alam SMA 68 Elpala punya cara tersendiri dalam memperingati hari ulang tahunnya yang ke 37. Mereka merayakannya dengan mendayung bersama di Pantai Jimbaran, Taman Impian Jaya Ancol,…

BTN Pastikan Hasil Rights Issue Tepat Sasaran Untuk Masyarakat Punya Rumah

Minggu, 29 Januari 2023 - 15:16 WIB

Menteri Keuangan Mendukung Langkah BTN Menjadi Kebanggaan Indonesia

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk memulai tahun 2023 dengan optimisme, terlebih setelah mendapatkan suntikan dana segar senilai total Rp 4,13 triliun dari hasil penyelenggaraan Rights…