Gelontorkan Rp1,2 Triliun, Pabrik Clothing Label Terkemuka Asal China PT BSN Technology Resmi Dibuka di Kawasan Industri Kendal

Oleh : Hariyanto | Kamis, 20 Oktober 2022 - 18:01 WIB

PT BSN Technology buka Pabrik Clothing Label di Kawasan Industri Kendal
PT BSN Technology buka Pabrik Clothing Label di Kawasan Industri Kendal

INDUSTRY.co.id - Kendal - PT BSN Technology Indonesia merupakan perusahaan produksi clothing label terkemuka asal Guangzhou China, yaitu Baoshen Science & Applied Technologies Co. Ltd.

Saat ini, dengan pabrik yang telah beroperasi di China sejak 1988, BSN telah memiliki lebih dari 500 customer yang tersebar di berbagai negara.

Produk yang diproduksi oleh BSN sangat beragam dan inovatif dengan teknologi RFID, seperti label untuk pakaian, alas kaki, sampai dengan aksesori ritel.

Adapun pada hari ini BSN secara resmi membuka pabrik pertamanya di Indonesia yang berlokasi di Kawasan Industri Kendal dengan luas lahan sekitar 32.000 m2.

Pada pembukaan tersebut, turut hadir Bupati Kendal, Dito Ganinduto, Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil, Ignatius Warsito, serta beberapa perwakilan dari Bea Cukai dan Imigrasi.

Bupati Kendal mengapresiasi dan menyambut baik kehadiran pabrik baru BSN di Kawasan Industri besutan PT Jababeka Tbk dan Sembawang Corporation ini.

Pasalnya investasi ini tidak hanya menambah daftar pemasukan investasi asing di Kabupaten Kendal dan Jawa Tengah, namun tentunya juga membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat lokal.

“Kami ucapkan selamat atas pembukaan pabrik baru BSN di Indonesia. Kami berharap, dengan adanya BSN akan membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas bagi masyarakat Kendal dan sekitarnya," ujar Dico dalam keterangannya seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Kamis (20/10/2022).

Tak hanya itu, Ia juga mengatakan, perusahaan tidak perlu khawatir terkait penyerapan tenaga kerja.

"Karena saat ini pemerintah Kendal telah menyiapkan beberapa program yang dapat membantu perusahaan mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan industri," tandas Dico.

Sementara itu, Nick Miao, selaku Direktur PT BSN Technology Indonesia menyatakan bahwa selain ketersediaan tenaga kerja, salah satu faktor yang mempengaruhi dirinya memiliki lokasi Kendal Jawa Tengah adalah fasilitas yang ditawarkan dari Kawasan Ekonomi Khusus.

“Di Kawasan Industri Kendal yang juga merupakan Kawasan Ekonomi Khusus, kami tidak hanya ditawarkan sebidang lahan namun juga berbagai benefit investasi seperti fasilitas fiskal dan non fiskal, khususnya Tax Holiday. Kami berharap proses pengajuan fasilitas ini dapat segera terealisasi” jelasnya.

Sebagai informasi, dengan nilai investasi sebesar Rp 1,2 trilliun dan perkiraan tenaga kerja terserap sebanyak 800 orang, BSN telah menjadi salah satu penyumbang bagi perkembangan ekonomi regional dalam bidang industri manufaktur.

Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil Kementerian Perindusterian (Kemenperin), Ignatius Warsito juga turut mengapresiasi langkah BSN menanamkan modalnya di KIK.

Menurutnya, dengan dibukanya pabrik BSN ini, dapat menjadi bukti bahwa Indonesia telah berada dalam economy recovery pasca pandemi dan kembali siap untuk menerima investasi tidak hanya dari dalam negeri tetapi juga dari luar negeri (PMA).

"Ini merupakan hal yang baik bagi perkembangan industry di Indonesia," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama,  President Director & CEO  KIK, Stanley Ang menyampaikan bahwa hingga pada akhir September tahun ini, KIK telah menarik sebanyak 80 investor dengan total investasi sampai sektiar Rp 28,9 Trilliun.

"Dengan kondisi ekonomi dan infrastruktur di Jawa Tengah yang semakin membaik, maka akan lebih banyak investor lokal maupun asing yang melirik ke Jawa Tengah, khususnya ke Kendal," pungkas Stanley.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Cintaquran dan snackvideo

Minggu, 16 Juni 2024 - 15:40 WIB

SnackVideo dan Cinta Quran Berkolaborasi Meriahkan Idul Adha dengan Kompetisi Konten Kreatif

Dalam rangka memeriahkan Hari Raya Idul Adha, SnackVideo, platform media sosial berbasis video pendek, berkolaborasi dengan salah satu lembaga Independent terkenal Cinta Quran Foundation membantu…

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo

Minggu, 16 Juni 2024 - 14:31 WIB

Demi Ketertiban Umum, Jangan Biarkan Pisau Hukum Tumpul

MASYARAKAT hanya bisa prihatin dan mengeluh ketika melihat dan merasakan semakin tumpulnya pisau penegakan hukum yang nyata-nyata berakibat pada menurunnya derajat ketertiban umum. Rasa keadilan…

Senior Vice President Wealth Management BSI Asri Natanegeri (kiri kedua) bersama Funding & Transaction Business Deputy BSI Regional Surabaya Silvia Permatasari (kanan kedua) dan Area Manager BSI Surabaya Kota Achmad Dhany Nasution (kiri pertama) saat potong pita pada pembukaan outlet BSI Prioritas Area Surabaya pada 13 Juni 2024 lalu.

Minggu, 16 Juni 2024 - 14:28 WIB

Tingkatkan Layanan Wealth Management Syariah, BSI Resmikan Outlet BSI Prioritas di Surabaya & Pondok Indah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) membuka outlet BSI Prioritas baru, yaitu outlet BSI Prioritas Surabaya dan meresmikan outlet BSI Prioritas Pondok Indah Jakarta. Hal tersebut sebagai bukti…

Pembungkusan daging hewan kurban nonplastik ( Dompet Dhuafa)

Minggu, 16 Juni 2024 - 12:55 WIB

Dompet Dhuafa Pilih Pembungkus Nonplastik untuk Kurban, Langkah Nyata Kurangi Sampah Plastik

Lembaga Kemanusiaan Dompet Dhuafa selalu konsisten dalam distribusi daging kurban dari tahun ke tahun menggunakan pembungkus nonplastik. Langkah ini diambil untuk menjaga kualitas daging kurban…

Menperin Agus bertemu Produsen Otomotif Tiongkok

Minggu, 16 Juni 2024 - 12:03 WIB

Ditemui Menperin Agus, 4 Produsen Otomotif Ini Sepakat Jadikan Indonesia Hub Basis Produksi EV untuk Ekspor

Kunjungan kerja Menteri Perindustrian¬†Agus Gumiwang Kartasasmita¬†ke Tiongkok makin membuka peluang bagi para pelaku industri otomotif asal Negeri Tirai Bambu untuk meningkatkan ekspor kendaraan…