Sabet Rekor MURI! Menperin Agus dan Putri Tercinta Jadi Model Fashion Show di Hari Batik Nasional

Oleh : Hariyanto | Selasa, 04 Oktober 2022 - 09:59 WIB

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita dan putrinya
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita dan putrinya

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Perindusterian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita baru-baru ini mengunggah sebuah momen ceria bersama keluarga saat mengikuti fashion show di acara perayaan hari Batik Nasional di kawasan Sudirman.

Dalam postingannya, Menperin Agus beserta keluarga (anak dan istri-red) nampak kompak mengenakan pakaian batik dengan beragam motif dan corak karya para perajin batik dalam negeri.

"Bagi saya pribadi, batik itu in my blood," ujar Menteri Agus seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id, dari keterangannya di akun Instagram @agusgumiwangk, Selasa (4/10/2022).

"Saya dan putri saya, Gemma, ikut-ikutan jadi model fashion show," sambung Menperin.

Menurutnya, memakai batik merupakan salah satu cara kita untuk menghormati tradisi dan warisan budaya bangsa yang begitu baik, menghormati kearifan lokal, dan menunjukkan kecintaan kita terhadap produk-produk dalam negeri.

"Juga mengembangkan industri kecil dan menengah (IKM)," tegasnya.

Selain itu, batik sejatinya memiliki nilai seni yang tinggi sehingga sangat fashionable untuk digunakan dalam berbagai acara atau kegiatan baik resmi maupun kasual.

"Karena itu, pada tanggal 2 Oktober 2022, saya menghadiri acara peringatan hari batik nasional dan Pameran Batik di FX Sudirman," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Menperin Agus menyampaikan apresiasi sekaligus memberikan selamat kepada Yayasan Batik Indonesia (YBI) sebagai Non-Governmental Organization (NGO) yang mendapatkan akreditasi dari UNESCO, berdasar hasil Sidang UNESCO di Paris pada tanggal 7 Juli 2022.

"Batik Indonesia diakui Dunia Pantaslah kita berbangga. Jangan ragu berbatik ria. Karena keren dan penuh gaya," tukasnya.

Sebagai informasi, penyelenggaraan Fashion Show Batik di Sudirman ini sendiri berlangsung sangat meriah dan diikuti oleh ratusan pelaku IKM Batik nasional.

Tak hanya itu, panjangnya lintasan atau catwalk di acara fashon show batik yang digelar oleh Kemenperin dan Yayasan Batik Indonesia kali ini juga berhasil mendapatkan rekor MURI sebagai catwalk terpanjang di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prof Satyanegara diangkat sebagai MWA dan dihadiri SD Darmono pendiri Jababeka di President University

Jumat, 01 Maret 2024 - 19:47 WIB

President University Angkat Prof. Satyanegara sebagai Ketua Wali Amanat Fakultas Kedokteran

President University secara resmi mengangkat Prof. Dr. dr. Satyanegara, Sp.BS (K) sebagai Chairman of the Board of Trustees atau Ketua Wali Amanat Fakultas Kedokteran. Prosesi pengangkatan dilakukan…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan 10 Ruas Inpres Jalan Daerah di Kalimantan Timur Senilai Rp561 Miliar.

Jumat, 01 Maret 2024 - 19:25 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan 10 Ruas Inpres Jalan Daerah di Kalimantan Timur Senilai Rp561 Miliar.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan perbaikan 10 ruas jalan dan 1 jembatan di Kalimantan Timur yang dilaksanakan…

Presiden Jokowi Lakukan Topping-Off Hunian ASN-Hankam di IKN

Jumat, 01 Maret 2024 - 19:18 WIB

Presiden Jokowi Lakukan Topping-Off Hunian ASN-Hankam di IKN

Menter Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan Topping Off Hunian ASN dan Hankam di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan…

Diskusi Mengenai Obesitas dan Pemahaman Ilmiahnya pada Hari Obesitas Sedunia

Jumat, 01 Maret 2024 - 18:09 WIB

Cegah miskonsepsi, Novo Nordisk Indonesia Dorong Diskusi Mengenai Obesitas dan Pemahaman Ilmiahnya pada Hari Obesitas Sedunia

Obesitas dan obesitas sentral merupakan salah satu masalah kesehatan yang mengkhawatirkan di Indonesia. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskedas) 2018, prevalensi obesitas di kalangan…

Presiden Jokowi (ist)

Jumat, 01 Maret 2024 - 17:30 WIB

Dahsyat! IKN Magnet Baru Investasi, Jokowi: Yang Antre Banyak...

Ibu Kota Negara (IKN) tengah menjadi incaran para investor. Bak gadis cantik, investor rela antre untuk menanamkan modalnya di IKN. “Yang antre ini banyak, hanya mengatur di mana lahan yang…