Bagaimana Agar Jantung Tetap Sehat, Ini Rekomendasi Ideal untuk Pola Makan

Oleh : Herry Barus | Senin, 03 Oktober 2022 - 08:08 WIB

Sakit Jantung (Foto Dok Industry.co.id)
Sakit Jantung (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Medan-Faktor resiko akan penyakit jantung dapat dihindari melalui pola makan dan rutin berolahraga.  Begitupun bagi pasien jantung, pola makan memegang peranan agar ritme kerja jantung berfungsi secarq normal tanpa adanya penyumbatan di pembuluh darah akibat pola makan yang salah.

Pada momentum Hari Jantung SeDunia, 29 September lalu, Siloam Hospitals Dhirga Surya Medan kembali mengingatkan akam pentingnya pola makan sehat, melalui skema diet yang tepat agar jantung sehat.

Karena makanan sehat untuk jantung tidak saja mengurangi faktor resiko penyakit jantung. Termasuk terhindar dari resiko peradangan, tekanan darah, kolesterol dan trigliserida.

Melalui edukasi sehat bertajuk : Rekomendasi Diet Untuk Jantung Sehat* , Jumat (30/09/2022), Dokter Spesialis Jantung Pembuluh Darah Siloam Hospitals Dhirga Surya, dr Triadi Milano Sp.JP(K). , mengatakan, bahwa pasien Kardiovascular selain rutinitas menkonsumsi obat, harus didukung pula makanan sehat dan rutin berolahraga.

Secara harfiah, setelah proses panjang , dari makanan yang dikonsumsi, terlebih lagi jika makanan mengandung pestisida atau melalui proses pemanasan  tinggi , Akumulasi radikal bebas memiliki konsekuensi yang buruk pada kesehatan  , molekul2 yang tidak stabil dalam tubuh  menganggu struktur dan fungsi sel , contohnya di pembuluh darah terjadi penumpukan lemak di lapisan pembuluh darah

"Ini berbahaya, karena dari ketidaktahuan atau minimnya informasi, termasuk pada

pola makan yang berlebihan akan beresiko mengidap penyakit jantung", kata  Dokter Triadi, Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dari Siloam Hospitals Dhirga Surya ini mengingatkan.

Peran Sayuran dan Buah Segar

Mengacu pada Data penelitian, Konsumsi sayuran dan buah buahan segar atau tinggi serat adalah yang terbaik bahkan sebaiknya menkonsumsi sampai 2 kali dalam sehari. Ikan yang tinggi omega 3, juga dapat dilakukan 4-5 kali dalam seminggu.

Adapun untuk daging putih ( telur, ayam) sesungguhnya dibatasi 3 kali dalam seminggu serta daging merah yamg hanya maksimal cukup 2 kali dalam seminggu. Karbohidrat tinggi gula ( biskuit, mentega) sebaiknya dibatasi satu kali saja dalam seminggu.

 "Dan yang justru saya beri rekomendasi adalah konsumsi kacang kacangan yang, dengan mengkesampingkan resiko bagi penderita asam urat, dapat dikonsumsi sampai 400 gram/ hari", tutur Triadi Milano.

"Agar lebih mudah dipahami, makanan sehat yang berguna bagi kesehatan jantung antara lain : Beras merah, Sayuran hijau, Ikan , Buah seperti Alpukat , Apel, Pepaya, Pisang , jeruk dan lainnya dan bisa di tambah konsumsi minyak zaitun", tutur Dokter Spesialis Jantung Pembuluh Darah Siloam Hospitals Dhirga Surya, dr Triadi Milano Sp.JP (K).

Menutup sesi edukasi singkatnya , disampaikan pula bahwa Kadar kolesterol dalam tubuh sangat dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi, pun akan poa gaya hidup yang sehat dengan rutin berolahraga. Prinsip sama juga berlaku untuk para pasien Kardiovascular, yang tentunya dilengkapi konsumsi obat teratur.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:30 WIB

Dukung Proyek IKN, Industri Keramik Siap Investasi di Kaltim

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) optimis pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN)…