Selesai Dibangun, Menteri Basuki Tandatangani 7 Prasasti Infrastruktur Strategis di NTT

Oleh : Hariyanto | Minggu, 02 Oktober 2022 - 16:20 WIB

Menteri Basuki Tandatangani 7 Prasasti Infrastruktur Strategis di NTT
Menteri Basuki Tandatangani 7 Prasasti Infrastruktur Strategis di NTT

INDUSTRY.co.id - Kupang - Di sela-sela kunjungan kerjanya ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menandatangani 7 prasasti tanda selesainya pembangunan infrastruktur strategis di NTT, Sabtu malam (1/10/2022). Keseluruhan infrastruktur tersebut, kecuali SPAM Kali Dendeng, telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo sebelumnya.

Tujuh infrastruktur yang telah selesai merupakan upaya untuk terus meningkatkan layanan infrastruktur publik, mencakup Penataan Kawasan Pulau Rinca Taman Nasional Komodo, Penataan Kawasan Marina Labuan Bajo, Penataan Kawasan Kota Kupang, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Wae Mese II, SPAM Kali Dendeng, Sistem Pengelolaan Sampah Warloka, dan Penataan Kawasan Kumuh Oesapa.

Menteri Basuki mengatakan, penandatangan prasasti ini sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada publik atas infrastruktur yang sudah selesai dibangun, di mana tertera juga nama kontraktor dan konsultan.

"Ini sebagai bukti pertanggungjawaban siapa yang membangun, jika suatu saat dibutuhkan datanya bisa ditelusuri. Seperti halnya waktu akan merenovasi bangunan gedung pada Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) kita membutuhkan menelusuri dokumen pembangunan awalnya," kata Menteri Basuki.

Ketujuh infrastruktur tersebut dibangun Kementerian PUPR sebagai prasarana dasar untuk meningkatkan kualitas permukiman, penataan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), penyediaan air bersih, dan pengelolaan sampah.

Salah satu infrastruktur tersebut adalah SPAM Kali Dendeng Kota Kupang yang dikunjungi Menteri Basuki pada saat yang sama. SPAM yang dibangun pada tahun 2020 hingga 2022 dengan biaya Rp173,39 miliar tersebut memiliki kapasitas 150 liter/detik.

"Dengan kapasitas sebesar itu bisa untuk melayani 12.000 Sambungan Rumah (SR). PDAM di Kota Kupang sekarang baru punya 1.600 SR, kami Kementerian PUPR membantu membangun 1.000 SR. Saya minta kepada Pemerintah Kota optimalkan SPAM yang sudah dibangun ini," kata Menteri Basuki.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan bahwa penandatanganan prasasti akan melengkapi infrastruktur yang sudah diresmikan dan ditandatangani prasastinya oleh Presiden RI Joko Widodo maupun untuk infrastruktur strategis lainnya.

"Dalam setiap kunjungan kerja ke berbagai provinsi, Bapak Menteri Basuki sudah dan akan menandatangani prasasti infrastruktur strategis bersama mitra kerja, seperti sebelumnya di Papua, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Lampung, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan," tutup Jubir Endra.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi jantung

Sabtu, 03 Desember 2022 - 11:34 WIB

Elixir Medical Corporation Perkenalkan Teknologi Baru Perawatan Jantung di ISICAM 2022

Bioadaptor adalah teknologi terbaru dalam pengobatan penyakit jantung koroner yang dikembangkan dan diproduksi oleh Elixir Medical Corporation, sebuah perusahaan teknologi medis yang berbasis…

Menteri BUMN Erick Thohir bersilaturahim bersama tokoh dan sesepuh Jawa Barat

Sabtu, 03 Desember 2022 - 11:27 WIB

Silaturahmi dengan Tokoh Sunda, Erick Thohir: Ini Saya Pulang Kampung

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku selalu gembira saat berkunjung ke Jawa Barat (Jabar). Ia merasa seperti pulang kampung mengingat sang ibu berasal dari Kadipaten,…

Silaturahmi Senior PUPR

Sabtu, 03 Desember 2022 - 11:13 WIB

Silaturahmi Senior PUPR, Menteri Basuki: Kerja Sama, Kekompakan, dan Solidaritas is a Must

Dalam rangka merayakan Hari Bakti PU ke-77, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan acara Silaturahmi Senior dengan tema "Membangun Insan PUPR Masa Depan" di…

Presiden Jokowi (Sumber: Tangkapan Layar)

Sabtu, 03 Desember 2022 - 10:08 WIB

Pidato Presiden Jokowi di Kompas100 CEO Forum Tahun 2022,.

Saya tidak ingin berbicara mengenai problem dunia, karena nanti ada yang menyampaikan, Presiden itu menakut-nakuti saja setiap sambutan. Oleh sebab itu, saya ingin menyampaikan optimisme yang…

IFG Group Bantu Korban Bencana Gempa Cianjur

Sabtu, 03 Desember 2022 - 10:00 WIB

IFG Group Bantu Korban Bencana Gempa Cianjur

Indonesia Financial Group (IFG) Holding Asuransi, Penjaminan dan Investasi bersama anak usaha antara lain Jasa Raharja, Jamkrindo, Askrindo, Jasindo dan IFG Life melalui Tim kolaborasi Tanggung…