Peringati Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-77, MIND ID Terapkan Smart Operation di Industri Pertambangan

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 01 Oktober 2022 - 08:07 WIB

Peringati Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-77, MIND ID Terapkan Smart Operation di Industri Pertambangan
Peringati Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-77, MIND ID Terapkan Smart Operation di Industri Pertambangan

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Revolusi Industri terus berkembang seiring jaman, hingga kini mencapai  Revolusi Industri 4.0 yang membuat teknologi sistem cerdas dan otomasi berkembang dengan pesat. Tak luput juga berdampak pada sektor Industri Pertambangan.

Sisi efisiensi, efektivitas dan prinsip berkelanjutan dapat ditingkatkan secara masif dalam operasional dan bisnis. Transformasi teknologi dapat menjadi pengubah proses pertumbuhan seluruh sistem sektor pertambangan yang berbasis sustainable.

Potensi sumber daya alam di Indonesia yang luar biasa khususnya di sektor tambang dengan didukung teknologi Smart Mining akan membantu dan mempermudah pengelolaan sumber daya alam. Dengan demikian kepentingan rakyat sebagaimana amanat konstitusi bisa tercapai.

BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, atau Mining Industry Indonesia bersama anggotanya PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk berkomitmen untuk membangun ekosistem pertambangan yang inovatif dan berkelanjutan melalui digitalisasi.

Hendi Prio Santoso, Dirtektur Utama MIND ID mengatakan, “MIND ID mengedepankan Inovasi dan Perbaikan berkelanjutan, selalu beradaptasi dengan perkembangan jaman dan teknologi." Hal ini sejalan dengan salah satu pilar sustainability pathway MIND ID, yaitu pilar Smart Operation dimana MIND ID terus mendorong terciptanya inovasi untuk memaksimalkan proses bisnis dan kegiatan operasional. “Grup MIND ID tetap memperhatikan komitmen pelaksanaan praktik pertambangan yang baik (good mining practices),” tambah Hendi.

Sebagai contoh dalam mengolah, memonitor, dan mengontrol sistem pengolahan air tambang. MIND ID telah mengembangkan aplikasi digital bernama MASTERMINE. Sistem yang terintegrasi secara digital ini dapat meningkatkan efektifitas manajemen limbah tambang.

Presiden RI, Joko Widodo juga telah meresmikan secara langsung Praktik smart operation di PT Freeport Indonesia yang menjadi pelopor dalam penerapan teknologi 5G Smart-Mining pertama di Asia Tenggara guna mendukung digitalisasi dan transformasi operasional industri pertambangan di Indonesia. Teknologi 5G Underground Smart Mining ini akan mendukung otomatisasi dan kendali jarak jauh untuk meningkatkan keselamatan kerja dan produktivitas pertambangan di PTFI.

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-77, MIND ID bertekad untuk mewujudkan pertambangan berkelanjutan. Dengan digitalisasi diharapkan dapat memaksimalkan produktivitas dan menciptakan lingkungan pertambangan yang lebih efisien, efektif dan ramah lingkungan. Selain itu, dengan transformasi ini dapat menumbuhkan semangat kolaborasi untuk membangkitkan energi menjadi lebih kuat.

 “Digitalisasi Industri Pertambangan telah menjadi salah satu aspek utama yang menjadi perhatian perusahaan. Transformasi operasional secara bertahap menjadi digital dilakukan untuk memberikan nilai tambah di seluruh rantai proses penambangan dan pengolahan mineral. Selain itu upaya tersebut juga bertujuan untuk mewujudkan aktivitas operasional yang optimal sekaligus efisien. Selamat Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-77, Energi Bangkit Lebih Kuat,” tutup Hendi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…