Tingkatkan Mutu Layanan, Siloam Hospitals Jantung Diagram Resmikan Dental Clinic

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 01 Oktober 2022 - 06:30 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram Resmikan Dental Clinic
Siloam Hospitals Jantung Diagram Resmikan Dental Clinic

INDUSTRY.co.id - Cinere- Siloam Hospitals Jantung Diagram (Rumah Sakit Jantung Diagram) di wilayah Cinere Kota Depok, Jawa Barat, meningkatkan kualitas pelayanan melalui Dental Clinic, layanan kesehatan gigi. Klinik tersebut berada dalam satu lingkungan rumah sakit yang semakin memudahkan pasien jantung dan masyarakat umum lainnya untuk melakukan perawatan organ gigi dan mulut. Layanan Dental Clinic dibuka setiap hari bagi seluruh lapisan masyarakat.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI, DR. H. Mahyudin S.T, M.M., pada peresmian layanan Dental Clinic RS Jantung Diagram mengatakan, kehadiran Dental Clinic memberikan kontribusi bagi upaya meningkatkan kesehatan gigi.

"Karena pada umumnya masyarakat hanya datang ketika sakit. Alasan ini karena berbagai faktor. Bisa jadi karena tidak adanya layanan yang memadai dan jauh dari lingkungan tempat tinggal. Kehadiran Dental Clinic ini sebagai solusi karena fasilitasnya yang lengkap dengan dukungan dokter yang sangat ahli dibidangnya. Dan yang saya ketahui,  terdapat korelasi erat hubungan penyakit gusi terhadap penyakit jantung", tutur Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI, DR. H. Mahyudin S.T, M.M., saat meresmikan layanan Dental Clinic,  Rabu (28/09/2022) di Cinere, Depok Jawa Barat.

Diharapkan Mahyudin, kehadiran Dental Clinic bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan,  perawatan atau pengobatan gigi dengan fasilitas dan tenaga medis yang berkualitas Internasional. Pada peresmian Dental Clinic Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI, DR. H. Mahyudin S.T, M.M., didampingi  Direktur RS Jantung Diagram Siloam Cinere, Dr Hoyi Siantoresmi.

Gusi dan Gigi Berkorelasi dengan Penyakit Jantung

Direktur RS Jantung Diagram Siloam Cinere, Dr Hoyi Siantoresmi mengatakan, pengadaan klinik gigi di lingkup RS Jantung Diagram Cinere merupakan realisasi pengembangan pelayanan kesehatan masyarakat.

"Dental Clinic, klinik gigi merupakan bagian dari realisasi pengembangan pelayanan kesehatan masyarakat dan beroperasi setiap hari. Dengan perawatan gusi dan Gigi secara benar dan teratur, otomatis kesehatan jantung pun terjaga. Jadi tetap ada korelasi positif", pungkas Hoyi Siantoresmi.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Periodontology dan dilakukan oleh Forsyth Institute dan ilmuwan Universitas Harvard, orang dengan periodontitis berisiko lebih tinggi terkena stroke, serangan jantung, dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Periodontitis, juga disebut penyakit gusi, adalah infeksi gusi serius yang merusak jaringan lunak dan, tanpa perawatan, dapat menghancurkan tulang yang menopang gigi. Periodontitis dapat menyebabkan gigi kendur atau menyebabkan kehilangan gigi.

Periodontitis adalah umum tetapi sebagian besar dapat dicegah. Ini biasanya akibat dari kebersihan mulut yang buruk.

 

Rahul Aggarwal, ahli jantung Intervensi, Pusat Medis Palm Beach Gardens bagian dari Jaringan Kesehatan Palm Beach mengatakan, para peneliti telah meneliti ini setidaknya selama 20 tahun sekarang. K

Dari penelitian tersebut terungkap, jika penyakit yang merusak pembuluh darah seperti Periodontitis juga dapat merusak jantung. Jika seseorang tidak mendapatkan aliran darah yang baik ke gusi, mereka lebih mungkin menderita penyakit gusi dan apa pun yang memicunya juga dapat menyebabkannya. sama dengan jantung seseorang.

Adapun dalam pelaksanaan Grand Opening Dental Clinic turut dirangkai dengan kegiatan Talkshow bertajuk 'Kenali dan Cegah Bau Mulut dan Gusi Berdarah', dipandu oleh Drg Devina Setiadi.

Dokter gigi Devina dari RS Jantung Diagram ini menekankan, pentingnya merawat kesehatan gigi mulai dari usia anak-anak.  Gangguan kesehatan gigi seperti Gigi bolong dan karang Gigi yang bisa menjadi pemicu sakit gigi. “Perlu dibiasakan memeriksakan kesehatan gigi minimal sekali dalam 6 bulan atau 2 kali dalam setahun, itu cara yang epektif merawat kesehatan gigi,” pungkas Devina.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…

Pelita Air

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:51 WIB

Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran 2024, Pelita Air Siapkan 273 Ribu Kursi Penerbangan

Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai medium service, menyiapkan 273 ribu kursi penerbangan selama periode angkutan lebaran pada 3 hingga 18 April 2024. Hal ini dilakukan untuk mendukung…

Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:05 WIB

15 Subsektor Ekspansi, IKI Maret 2024 Tembus 53,05

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan Maret 2024 mencapai 53,05, meningkat sebesar 0,49 poin dibandingkan bulan Februari 2024 sebesar 52,56. Kenaikan nilai IKI pada Maret ini dipengaruhi oleh…

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:50 WIB

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Platform hiburan digital terkemuka, TikTok, meluncurkan TikTok Rising Indonesia, program baru untuk menemukan dan mendukung talenta-talenta lokal yang sedang berkembang, membina komunitas musisi…