Tingkatkan Mutu Layanan, Siloam Hospitals Jantung Diagram Resmikan Dental Clinic

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 01 Oktober 2022 - 06:30 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram Resmikan Dental Clinic
Siloam Hospitals Jantung Diagram Resmikan Dental Clinic

INDUSTRY.co.id - Cinere- Siloam Hospitals Jantung Diagram (Rumah Sakit Jantung Diagram) di wilayah Cinere Kota Depok, Jawa Barat, meningkatkan kualitas pelayanan melalui Dental Clinic, layanan kesehatan gigi. Klinik tersebut berada dalam satu lingkungan rumah sakit yang semakin memudahkan pasien jantung dan masyarakat umum lainnya untuk melakukan perawatan organ gigi dan mulut. Layanan Dental Clinic dibuka setiap hari bagi seluruh lapisan masyarakat.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI, DR. H. Mahyudin S.T, M.M., pada peresmian layanan Dental Clinic RS Jantung Diagram mengatakan, kehadiran Dental Clinic memberikan kontribusi bagi upaya meningkatkan kesehatan gigi.

"Karena pada umumnya masyarakat hanya datang ketika sakit. Alasan ini karena berbagai faktor. Bisa jadi karena tidak adanya layanan yang memadai dan jauh dari lingkungan tempat tinggal. Kehadiran Dental Clinic ini sebagai solusi karena fasilitasnya yang lengkap dengan dukungan dokter yang sangat ahli dibidangnya. Dan yang saya ketahui,  terdapat korelasi erat hubungan penyakit gusi terhadap penyakit jantung", tutur Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI, DR. H. Mahyudin S.T, M.M., saat meresmikan layanan Dental Clinic,  Rabu (28/09/2022) di Cinere, Depok Jawa Barat.

Diharapkan Mahyudin, kehadiran Dental Clinic bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan,  perawatan atau pengobatan gigi dengan fasilitas dan tenaga medis yang berkualitas Internasional. Pada peresmian Dental Clinic Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI, DR. H. Mahyudin S.T, M.M., didampingi  Direktur RS Jantung Diagram Siloam Cinere, Dr Hoyi Siantoresmi.

Gusi dan Gigi Berkorelasi dengan Penyakit Jantung

Direktur RS Jantung Diagram Siloam Cinere, Dr Hoyi Siantoresmi mengatakan, pengadaan klinik gigi di lingkup RS Jantung Diagram Cinere merupakan realisasi pengembangan pelayanan kesehatan masyarakat.

"Dental Clinic, klinik gigi merupakan bagian dari realisasi pengembangan pelayanan kesehatan masyarakat dan beroperasi setiap hari. Dengan perawatan gusi dan Gigi secara benar dan teratur, otomatis kesehatan jantung pun terjaga. Jadi tetap ada korelasi positif", pungkas Hoyi Siantoresmi.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Periodontology dan dilakukan oleh Forsyth Institute dan ilmuwan Universitas Harvard, orang dengan periodontitis berisiko lebih tinggi terkena stroke, serangan jantung, dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Periodontitis, juga disebut penyakit gusi, adalah infeksi gusi serius yang merusak jaringan lunak dan, tanpa perawatan, dapat menghancurkan tulang yang menopang gigi. Periodontitis dapat menyebabkan gigi kendur atau menyebabkan kehilangan gigi.

Periodontitis adalah umum tetapi sebagian besar dapat dicegah. Ini biasanya akibat dari kebersihan mulut yang buruk.

 

Rahul Aggarwal, ahli jantung Intervensi, Pusat Medis Palm Beach Gardens bagian dari Jaringan Kesehatan Palm Beach mengatakan, para peneliti telah meneliti ini setidaknya selama 20 tahun sekarang. K

Dari penelitian tersebut terungkap, jika penyakit yang merusak pembuluh darah seperti Periodontitis juga dapat merusak jantung. Jika seseorang tidak mendapatkan aliran darah yang baik ke gusi, mereka lebih mungkin menderita penyakit gusi dan apa pun yang memicunya juga dapat menyebabkannya. sama dengan jantung seseorang.

Adapun dalam pelaksanaan Grand Opening Dental Clinic turut dirangkai dengan kegiatan Talkshow bertajuk 'Kenali dan Cegah Bau Mulut dan Gusi Berdarah', dipandu oleh Drg Devina Setiadi.

Dokter gigi Devina dari RS Jantung Diagram ini menekankan, pentingnya merawat kesehatan gigi mulai dari usia anak-anak.  Gangguan kesehatan gigi seperti Gigi bolong dan karang Gigi yang bisa menjadi pemicu sakit gigi. “Perlu dibiasakan memeriksakan kesehatan gigi minimal sekali dalam 6 bulan atau 2 kali dalam setahun, itu cara yang epektif merawat kesehatan gigi,” pungkas Devina.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Agenda Business Matchmaking antara Startup dan BUMN pada event Nex-BE Fest 2022 di Bali, pekan lalu.

Rabu, 07 Desember 2022 - 06:42 WIB

Telkom Melalui MDI Ventures dan TMI hasilkan lebih 150 Potensi Sinergi antar BUMN dan Startup

Rangkaian event tahunan ‘Next Billion Ecosystem Festival’ (Nex-BE Fest) besutan MDI Ventures dan Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) yang merupakan anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero)…

Golden Rama Tours & Travel Persembahkan Tampilan Website Terbaru

Rabu, 07 Desember 2022 - 06:34 WIB

Golden Rama Tours & Travel Persembahkan Tampilan Website Terbaru Guna Memberikan Pelayanan Terbaik Bagi Pelanggannya

Dunia pariwisata dan perjalanan sudah mulai kembali pulih pasca pandemi. Sebuah laporan dari World Travel & Tourism Council yang berbasis di London mengindikasikan industri perjalanan di Asia-Pasifik…

Menteri BUMN Erick Thohir

Rabu, 07 Desember 2022 - 06:12 WIB

Menteri Erick Thohir: BUMN Siap Jadi Pembeli Siaga Bahan Pangan Pokok, Antisipasi Krisis 2023

Kondisi rantai pasok dunia diperkirakan masih terganggu pada tahun depan. Karena itu, salah satu kunci agar bisa bertahan, Indonesia harus mampu menjaga kondisi supply change atau rantai pasok…

Presiden Jokowi dan Wapres Amin

Rabu, 07 Desember 2022 - 06:00 WIB

Pemerintah Proyeksikan Perekonomian Nasional 2023 Tumbuh 5,3 Persen

Pemerintah memperkirakan pertumbuhan ekonomi nasional sampai akhir tahun 2022 berada pada angka 5,2 persen secara tahunan (year on year). Sedangkan pada tahun 2023, pemerintah memperkirakan…

Prajurit Yonif 5 Marinir Ikuti Apel Gelar Kesiapan Latihan Bersama Carat Ta 2022

Rabu, 07 Desember 2022 - 05:45 WIB

Prajurit Yonif 5 Marinir Ikuti Apel Gelar Kesiapan Latihan Bersama Carat Ta 2022

Dalam rangka mempersiapkan Latihan Bersama Cooperation Afloat Readiness And Training (CARAT) 2022, Prajurit Batalyon Infanteri 5 Marinir melaksanakan Apel Gelar Kesiapan yang dipimpin oleh Asops…