Mitsubishi Sematkan Fitur 'Ajaib' yang Bikin Mobil Irit BBM

Oleh : Ridwan | Senin, 26 September 2022 - 18:30 WIB

New Xpander Cross
New Xpander Cross

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Naiknya harga minyak dunia membuat masyarakat Indonesia semakin memperkuat gaya berkendara efisien mereka. Tentunya hal tersebut guna mengurangi konsumsi bahan bakar harian kendaraan pribadinya.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sudah melengkapi mobil Mitsubishi dengan fitur Eco Indicator yang dinamakan Eco Drive Assist dan Eco Drive Meter. 

Fitur ini sangat berguna untuk memandu pengemudi mendapatkan gaya berkendara yang lebih efisien bahan bakar dan ramah lingkungan. 

Eco Drive Assist ditandai dengan tulisan ‘ECO’ yang menyala jika sistem mendeteksi pengemudi berkendara secara efisien. 

Sementara itu, Eco Drive Meter disimbolkan dengan logo daun yang semakin terisi dengan warna hijau, seandainya cara berkendara orang di balik lingkar setir juga makin efisien.

Tak hanya itu, Mitsubishi juga telah menyematkan fitur Cruise Control terutama khusus mobil-mobil varian menengah dan teratas. 

Fitur ini bisa membantu pengemudi untuk mendapatkan efisiensi bbm yang baik dengan tetap menjaga kecepatan secara konstan dalam perjalanan jarak jauh. 

Efeknya tarikan mesin menjadi lebih teratur dan tidak berubah secara konstan yang bisa menyebabkan konsumsi bensin jadi lebih boros.

Dengan mengaktifkan fitur cruise control ini, Electronic Control Unit (ECU) akan memerintahkan TPS (Throttle Position Sensor) untuk menahan bukan pada derajat tertentu guna menahan laju mobil pada kecepatan tertentu yang sudah ditentukan.

Mitsubishi Xpander dan Mitsubishi Xpander Cross dilengkapi dengan Cruise Control konvensional sementara Mitsubishi Pajero Sport dilengkapi dengan Adaptive Cruise Control. 

Perbedaannya adalah Adaptive Cruise Control dapat dengan otomatis menyesuaikan kecepatan dengan kendaraan yang ada di depan Mitsubishi Pajero Sport.

Sebaliknya Cruise Control yang ada di Mitsubishi Xpander dan Mitsubishi Xpander Cross masih perlu intervensi pengemudi untuk penggunannya.

"Jadi untuk cruise control memang sangat membantu sejak adanya jalan tersambung dari Jakarta sampai ujung Jawa. Itu membantu banget dan menyenangkan. Yang perlu dicatat adalah dua tipe cruise control yaitu cruise control normal dan adaptive cruise control," kata Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi jantung

Sabtu, 03 Desember 2022 - 11:34 WIB

Elixir Medical Corporation Perkenalkan Teknologi Baru Perawatan Jantung di ISICAM 2022

Bioadaptor adalah teknologi terbaru dalam pengobatan penyakit jantung koroner yang dikembangkan dan diproduksi oleh Elixir Medical Corporation, sebuah perusahaan teknologi medis yang berbasis…

Menteri BUMN Erick Thohir bersilaturahim bersama tokoh dan sesepuh Jawa Barat

Sabtu, 03 Desember 2022 - 11:27 WIB

Silaturahmi dengan Tokoh Sunda, Erick Thohir: Ini Saya Pulang Kampung

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku selalu gembira saat berkunjung ke Jawa Barat (Jabar). Ia merasa seperti pulang kampung mengingat sang ibu berasal dari Kadipaten,…

Silaturahmi Senior PUPR

Sabtu, 03 Desember 2022 - 11:13 WIB

Silaturahmi Senior PUPR, Menteri Basuki: Kerja Sama, Kekompakan, dan Solidaritas is a Must

Dalam rangka merayakan Hari Bakti PU ke-77, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan acara Silaturahmi Senior dengan tema "Membangun Insan PUPR Masa Depan" di…

Presiden Jokowi (Sumber: Tangkapan Layar)

Sabtu, 03 Desember 2022 - 10:08 WIB

Pidato Presiden Jokowi di Kompas100 CEO Forum Tahun 2022,.

Saya tidak ingin berbicara mengenai problem dunia, karena nanti ada yang menyampaikan, Presiden itu menakut-nakuti saja setiap sambutan. Oleh sebab itu, saya ingin menyampaikan optimisme yang…

IFG Group Bantu Korban Bencana Gempa Cianjur

Sabtu, 03 Desember 2022 - 10:00 WIB

IFG Group Bantu Korban Bencana Gempa Cianjur

Indonesia Financial Group (IFG) Holding Asuransi, Penjaminan dan Investasi bersama anak usaha antara lain Jasa Raharja, Jamkrindo, Askrindo, Jasindo dan IFG Life melalui Tim kolaborasi Tanggung…