Simak! Ini Fungsi dan Manfaat Struktur Organisasi Bagi Perusahaan

Oleh : Hariyanto | Kamis, 15 September 2022 - 16:51 WIB

Ilustrasi Karyawan Dengan Atasannya
Ilustrasi Karyawan Dengan Atasannya

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ada banyak contoh struktur organisasi yang tentunya kamu ketahui, tetapi tahukah kamu dengan struktur organisasi yang baik, maka akan menciptakan lingkungan kerja yang baik. Karena perputaran operasional diawasi oleh setiap orang.

Struktur organisasi ini biasanya dalam bentuk grafik yang dibuat khusus untuk menunjukkan tingkat jabatan dalam suatu organisasi, termasuk dalam perusahaan, sehingga dapat diketahui peran masing-masing individu di posisi mana dan kepada siapa dapat dikenali. 

Bagi seorang HRD, tentunya contoh struktur organisasi penting untuk dipahami karena akan sering menjadi salah satu pertimbangan dalam penentuan gaji. Lalu apa fungsi dari struktur organisasi ini? Untuk lebih jelasnya simak uraian berikut.

Fungsi Struktur Organisasi Perusahaan 

Jadi, segala bentuk struktur organisasi dalam perusahaan dilakukan bukan tanpa alasan, Dalam menyusun strategi, tabel ini akan menjadi salah satu acuan bagi manajemen. Selanjutnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Adapun fungsinya, beberapa di antaranya adalah: 

1.Deskripsi lokasi 
Semua yang termasuk dalam struktur organisasi memiliki posisi masing-masing. Dengan informasi ini, posisi masing-masing hierarki dan hubungan kerja akan tergambar dengan jelas. Tujuannya untuk menghindari disinformasi dan komunikasi.

 Jika ada kesalahan, itu akan berdampak buruk bagi bisnis. Citra ini juga menjadi dasar untuk menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan komunikasi antar jabatan.

 2. Laporan tanggung jawab 
Informasi tentang tanggung jawab dapat dilihat dari contoh struktur organisasi. Seperti yang kita ketahui, setiap anggota perusahaan memiliki kewajiban. Ada tugas yang harus dipertanggungjawabkan kepada atasannya sebagai pemberi wewenang. Informasikan fungsi masing-masing posisi 
Struktur organisasi memiliki fungsi lain, yaitu mendefinisikan fungsi masing-masing jabatan. Tidak hanya membantu pihak terkait di posisi itu, tapi juga pihak lain. Khusus bagi seorang supervisor, kejelasan job description ini akan membantu dalam proses pengawasan dan pengawasan bawahan. 

Jadi ketika seseorang bekerja pada ketidaksepakatan dengan posisi mereka, mereka dapat segera ditangani. Penjelasan hubungan setiap posisi atau hierarki. Kamu dapat melihat hubungan setiap posisi atau hierarki. Karena grafik ini memiliki fungsi seperti itu. Kejelasan hubungan sangat diperlukan untuk menjaga efektifitas pelaksanaan suatu pekerjaan.

 3. sistem operasi yang efisien 
Ketika perusahaan memiliki struktur organisasi yang jelas, sistem operasi menjadi lebih efisien. Bagaimana itu mungkin? Dengan bagan organisasi ini, kamu sebagai anggota menjadi lebih sadar akan fungsi kamu, sehingga kinerja perusahaan lebih optimal.
 
4. Komunikasi dan kerjasama yang baik 
Manfaat selanjutnya adalah komunikasi dan kerjasama antar anggota perusahaan lebih terjalin. Pembagian kerja akan lebih mudah dipercayakan kepada setiap anggota berdasarkan posisinya. Ketika melihat contoh struktur organisasi, akan ada penempatan seperti ini. Masing-masing jabatan tersebut tentunya memiliki tugas masing-masing yang mungkin berbeda satu sama lain.

 5.Peningkatan produktivitas 
Adanya framework meningkatkan produktivitas anggota atau karyawan. Apalagi jika penyampaian job description sudah baik dan jelas. Hal ini tentunya berdampak pada peningkatan produktivitas kinerja anggota perusahaan. konflik lebih sedikit 
Keuntungan lain dari bagan ini adalah konfliknya lebih sedikit. Di mana pemberitahuan ditunjukkan dengan jelas, akan membantu anggota lebih fokus pada pekerjaan mereka. Dengan demikian, risiko perselisihan antar anggota dapat diminimalisir. 

6. Hubungan otoritas yang jelas 
 Fungsi struktur organisasi perusahaan berguna dalam atribusi kekuasaan dan tanggung jawab. Tentukan siapa yang memimpin siapa dan siapa yang bertanggung jawab atas hasil apa. Struktur membantu setiap anggota organisasi mengetahui apa peran mereka dan bagaimana mereka berhubungan dengan peran lainnya.

7. Keseimbangan yang tepat 
Fungsi struktur organisasi perusahaan akan menciptakan keseimbangan dan penekanan pada kegiatan yang tepat. Mereka yang paling penting bagi keberhasilan perusahaan dapat ditempatkan lebih tinggi dalam organisasi.

 8.Konstruksi mekanisme integrasi 
Pengaturan yang memadai harus dibuat dalam struktur organisasi untuk membangun sistem koordinasi. Integrasi atau koordinasi dapat dicapai melalui hubungan wewenang yang tepat, horizontal dan lateral, dan melalui sistem informasi dan komunikasi yang terorganisir dengan baik. 

Integrasi sistem yang baik memastikan kesatuan tujuan, kerja tim, semangat tim dan moral yang tinggi dan mencegah kurangnya inisiatif, kebingungan, kekacauan dan ketidakaktifan merangsang kreativitas.

Berfungsinya struktur organisasi perusahaan yang baik merangsang pemikiran kreatif dan inisiatif di antara anggota organisasi dengan memberikan model otoritas yang terdefinisi dengan baik. Semua orang tahu bidang keahlian mereka dan di mana komitmen mereka akan dihargai. 

Fungsi struktur organisasi perusahaan menyediakan kerangka kerja di mana perusahaan beroperasi. Menjadi fleksibel akan membantu memenuhi tantangan dan menciptakan peluang untuk pertumbuhan. Struktur organisasi yang baik memfasilitasi pertumbuhan perusahaan dengan meningkatkan kemampuannya untuk mengelola peningkatan tingkat aktivitas.

9. Manfaatkan peningkatan teknologi 
 Struktur organisasi yang baik yang dapat beradaptasi dengan perubahan dapat memanfaatkan teknologi terbaru secara maksimal. Hal ini akan mengubah pola hubungan wewenang-tanggung jawab yang ada setelah perbaikan teknologi.

Contoh struktur organisasi dan kedudukan perusahaan 

Berbicara mengenai jabatan, setiap organisasi bisnis memiliki struktur yang berbeda-beda. Ada beberapa aspek yang menentukan hal tersebut, seperti jenis, kebutuhan dan ukuran perusahaan yang bersangkutan. Setiap posisi memiliki tanggung jawab masing-masing. Contoh berasal dari data dengan grafik berikut: 

1. Kepemimpinan
Kepemimpinan adalah sebuah kemampuan atau kekuatan di dalam diri seseorang untuk memimpin dan mempengaruhi orang lain dalam hal bekerja, dimana tujuannya adalah untuk mencapai target (goal) yang telah ditentukan.

2. Presiden direktur 
Kepala eksekutif bertanggung jawab untuk merumuskan dan membuat keputusan tentang kebijakan dan program umum perusahaan. Posisi ini mengharuskan kamu memiliki banyak ide yang akan menguntungkan perusahaan. 

3. Direktur 
Jabatan selanjutnya adalah administrator yang memiliki tugas berdasarkan jabatan. Misalnya, direktur departemen keuangan bertanggung jawab untuk mengelola sistem keuangan. Tugas lainnya adalah mengangkat, mengganti, dan memberhentikan karyawan.

4. Pengelola 
Adapun contoh struktur organisasi, posisi selanjutnya di bawah direktur adalah manajer. Pekerjaan manajer utama adalah tiap divisi atau departemen perusahaan. Akan menerima posisi ini dari bawahan untuk diteruskan ke atasan. Kegiatan lainnya adalah memberikan bimbingan, membuat keputusan, merencanakan organisasi dan mengembangkan sistem penghargaan karyawan.

5. Gudang dan administrasi 
Posisi administrasi dan gudang ini termasuk kasir, CMT, dan akuntansi. Jadi, tugas kamu adalah mengelola keuangan perusahaan. Selain itu, juga bertanggung jawab untuk mencatat transaksi pengeluaran dan pemasukan, termasuk hal-hal yang berkaitan dengan subkontrak. Divisi atau Departemen 

Jabatan terakhir adalah divisi atau departemen. Biasanya ada banyak divisi dalam suatu organisasi, tergantung kebutuhan perusahaan. Tugas Anda adalah mengelola sumber daya dan menjalankan perintah seperti yang diarahkan oleh perusahaan.

Itulah beberapa fungsi dan manfaat struktur organisasi dalam sebuah perusahaan, dimana struktur yang baik akan menciptakan lingkungan kerja yang baik dan kompetitif bagi seorang karyawan.
 
Jika contohnya masih belum jelas bagi Anda, lihat di tempat lain. Ada banyak contoh yang bisa Anda temukan di mesin pencari Google. Setiap contoh struktur organisasi akan memiliki bagan organisasi yang berbeda, tergantung pada jenis perusahaan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training, Herbalife Nutrition Susan Bowerman

Senin, 26 September 2022 - 19:48 WIB

Berapa Banyak Protein yang Dibutuhkan Tubuh Anda dalam Sehari? Cobalah Hitung dengan Metode Ini

Jakarta– Kata "protein" berasal dari kata Yunani "protos," yang berarti "peringkat satu atau posisi yang paling utama" dan kata ini dipilih karena alasan yang bagus.

diskusi online yang digelar Forum Merdeka Barat bertajuk "UU Cipta Kerja Tumbuhkan Pengusaha Muda dan UMKM" pada Senin (26/9/22).

Senin, 26 September 2022 - 19:37 WIB

UU Ciptakerja Memberi Kemudahan, Perlindungan dan Pemberdayaan UMKM

Jakarta, FMB9 - Sekretaris Satgas Percepatan Sosialisasi UU Cipta Kerja, Arief Budimanta menyampaikan kehadiran Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) bertujuan memberikan kemudahan, perlindungan…

Mitsubishi New Xpander Cross

Senin, 26 September 2022 - 19:30 WIB

Dibekali Fitur Canggih, New Xpander Cross Lebih Unggul dari Mobil Sekelas

New Mitsubishi Xpander Cross resmi diluncurkan pada 11 Agustus 2022 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Mengusung tagline “Rise to Your Life’s Adventure”,…

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Senin, 26 September 2022 - 19:19 WIB

Sebelum Diberlakukan, Pemerintah Diminta Masifkan Uji Coba Konversi ke Kompor Listrik

Jakarta- Pengamat Kebijakan Publik Trubus Rahadiansyah meminta pemerintah untuk melanjutkan ujicoba konversi elpiji ke listrik dan membuktikan bahwa dengan cara ini masyarakat bisa berhemat.

CEO Telin Budi Satria Dharma Purba (kedua dari kanan) berdiskusi dengan para Panelis, dari TI Sparkle Leonardo Cerciello (paling kanan), China Unicom Global Dr. Meng Shusen (tengah), Head of Asia GSMA Julian Gorman (kedua dari Kiri), dan SMD Delta Partners Sam Evans (paling kiri)

Senin, 26 September 2022 - 19:15 WIB

Perkuat Infrastruktur, Telkom Bidik Potensi Konektivitas Asia Pasifik

PT Tekom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menilai konektivitas Asia Pasifik memiliki potensi pertumbuhan yang sangat tinggi, seiring dengan transformasi digital yang dilakukan negara-negara…